"La La La Aku Sayang Sekali…Doraemon" Mengenang Fujiko F.Fujio di Museum Doraemon Kawasaki Jepang

fujiko fujio museum kawasaki 0
Patung Doraemon di Fujiko Fujio Museum Kawasaki

JEJAKLANGKAHKU – DORAEMON !!! siapa yang tidak kenal dengan tokoh kartun yang lucu ini. Kalau saya pasti langsung berangan-angan punya Pintu Kemana Saja yang sangat melekat dengan cerita kartun Doraemon ini. Kebayang deh bisa travelling ke seluruh penjuru dunia dengan hanya membawa Pintu Kemana Saja…wkwkw…ngayal.com.

fujiko fujio museum kawasaki 1
Bus Kawasaki khusus menuju Museum Fujiko Fujio Doraemon

Museum Doraemon terletak di Kawasaki City Jepang, dekat dengan Stasiun Kereta Noborito di kota Kawasaki, keluar dari stasiun bisa langsung menuju terminal bus khusus yang akan mengantar ke lokasi Museum. Busnya juga lucu, didesain dengan gambar-gambar dan ornamen Doraemon dan kawan-kawannya. Hanya perlu waktu 15 s.d 20 menit dengan bus dari stasiun tadi menuju ke lokasi Museumnya.

Oiya, sebenarnya nama museumnya adalah Museum Fujiko F.Fujio (bukan Museum Doraemon), karena museum ini dibangun khusus untuk mengenang Fujiko F.Fujio sebagai pencipta dan penulis cerita Doraemon tersebut. Tiket masuk ke museum ini hanya bisa di beli di toko Lawson yang ada diseantero Jepang, usahakan beli jauh-jauh hari sebelumnya karena biasanya sold out, apalagi kalau datang di weekend (harga tiket sekitar 1.000 Yen) . Sempat bingung juga pas beli tiketnya di Lawson, karena belinya pun bukan di Kasir tapi melalui mesin khusus yang harus dipencet-pencet sendiri (kudu kreatif baca tulisan dan simbol-simbolnya).

fujiko fujio museum kawasaki 3
Patung Giant & Doraemon di Fujiko Fujio Museum Kawasaki

Museum ini sendiri menceritakan tentang perjalanan hidup Fujiko F.Fujio mulai dari kecil hingga dewasa lengkap dengan semua karya-karyanya, dimana salah satu yang paling terkenal adalah Doraemon. Ide kucing Doraemon diambil dari pengalaman beliau yang  pernah punya seekor kucing liar yang dipadukan dengan seorang anak laki-laki pemalas dan mainan, jadinya “seorang bocah pemalas kedatangan kucing dari masa depan yang bisa mengeluarkan benda-benda berguna dari kantungnya” jadi deh, sebuah karya manga Doraemon!  Berhubung dilarang foto-foto didalam museum, jadinya saya hanya bisa mengenang semua yang saya lihat, dengar dan rasakan didalam sini. Berbagai cara dipakai museum ini untuk memamerkan sejarah Doraemon, mulai dari bentuk gambar-gambar dinding, patung-patung, buku-buku cerita hingga video dan film yang bisa kita lihat dan dengarkan melalui headphone dan radio yang dilengkapi dengan penjelasan visual berbagai bahasa di dunia (jadi kalo gak mudheng bahasa Jepang, tinggal mencet tombol bahasa Inggris).

fujiko fujio museum kawasaki 2
Ruang Bermain Anak-Anak di Museum Fujiko Fujio Doraemon Kawasaki

Nah setelah melewati sisi histori bagian dalam dari Museum ini, kini sampailah saya di lantai 3 museum ini yaitu Ruang Rekreasi….horeeee…akhirnya bisa foto-foto. Di ruang rekreasi ini kita bisa membaca komik-komik Doraemon yang disediakan khusus buat para pengunjung lengkap dengan area membacanya, sofa, kursi dan meja. Terdapat juga ruangan khusus untuk bermain anak-anak yang didesain lucu dengan gambar-gambar Doraemon serta area luar ruangan yang penuh dengan patung-patung Doraemon dan teman-temannya, termasuk patung Pintu Kemana Saja…hahaha… kreatif dueh !

fujiko fujio museum kawasaki 4
Pintu Kemana Saja & Patung Doraemon & Friends di Museum Doraemon Kawasaki

Sebelum pulang, jangan lupa juga untuk menikmati snack di cafenya, ada Ice Cream Doraemon bow !!! Bayangkan, suhu di luar mencapai 0 derajat Celcius…teteup aja gue beli ice cream nya…unik sih… bentuk biskuitnya Doraemon & kawan-kawannya…hihihi… padahal rasanya sih sama aja dengan rasa ice cream vanila pada umumnya 🙂

fujiko fujio museum kawasaki 5
Ice Cream Doraemon di Museum Fujiko Fujio Kawasaki

“An An An Tottemo Daisuki … Doraemon”

“La La La Aku Sayang Sekali … Doraemon”

– Kawasaki City Japan – Feb 2014 –

– My Trip My Happiness –

2 thoughts on “"La La La Aku Sayang Sekali…Doraemon" Mengenang Fujiko F.Fujio di Museum Doraemon Kawasaki Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.