Pulau Tidung Kepulauan Seribu, panorama indah di seputaran Jakarta

pulau tidung kepulauan seribu
Jembatan Cinta Pulau Tidung

JEJAKLANGKAHKU – Jika tinggal di seputaran Jakarta dan ingin menikmati wisata pantai dan underwater, ternyata tidak perlu jauh-jauh, apalagi dengan kondisi warga Jakarta yang super sibuk dan waktu terbatas. Cukup ke Muara Angke atau ke Marina Ancol, maka kita dapat berwisata ke pulau-pulau yang termasuk dalam kawasan Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.

pulau tidung kepulauan seribu 1
Peta dan Underwater di Pulau Tidung Kepulauan Seribu Jakarta

Sebagai traveler pecinta wisata pantai dan laut, maka saya selalu mencari rekomendasi pulau di Kepulauan Seribu yang bisa saya nikmati dikala weekend, dan kali ini pilihan jatuh ke Pulau Tidung. Perjalanan ke Pulau Tidung ditempuh dalam waktu seharusnya kurang lebih 1 jam menggunakan speed boat dari Marina Ancol, namun berhubung kali ini saya hanya berdua dengan teman dan bukan rombongan yang menyewa private boat, maka waktu tempuh menjadi lama, sekitar 1,5 s.d jam, kenapa? karena ternyata speedboatnya mampir-mampir ke pulau-pulau lain disekitarnya untuk mengantarkan penumpang lainnya.

pulau tidung kepulauan seribu 3
Water Sport (donut boat) & Snorkeling di Pulau Tidung Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Tidung menjadi terkenal karena adanya spot jembatan panjang yang menghubungkan 2 (dua) pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta. Dari atas Jembatan Cinta kita dapat menikmati keindahan pantai di pulau ini, sambil berfoto-foto, bahkan jika ingin berenang bisa melompat dari atas jembatan langsung ke laut. Pulau utamanya adalah Pulau Tidung Besar, pulau ini berpenghuni dengan fasilitas yang lengkap, ada Hotel, penginapan, warung-warung makan, toko-toko kecil, sekolah bahkan sampai Puskesmas juga ada. Keindahannya tidak hanya karena adanya Jembatan Cinta yang membentang di atas pantainya yang jernih, tapi karena pulau ini memang termasuk masih virgin, airnya yang bening, pasir putih tepi pantainya, serta adanya pengembangbiakan hutan mangrove di Pulau Tidung Kecil.

pulau tidung kepulauan seribu 2
Tepi pantai pasir putih di Pulau Tidung Kepulauan Seribu Jakarta

Hal menarik yang bisa kita lakukan selama di Pulau Tidung adalah sebagai berikut :

  1. Berenang di tepi pantai
  2. Menyewa sepeda dan berkeliling mengitari Pulau Tidung Besar, sedangkan untuk Pulau Tidung Kecil sepeda tidak diperbolehkan, jadi harus berjalan kaki mulai dari Jembatan Cinta di Pulau Tidung Besar hingga sampai di Pulau Tidung Kecil.
  3. Snorkeling di sekitar pantai (dapat menyewa boat atau ikut paket snorkeling yang disediakan agen tour disana)
  4. Water Sport, terdapat beberapa agen water sport yang ada di Pulau Tidung Besar (dekat dengan Jembatan Cinta) yang menyediakan berbagai jenis olahraga/ permainan air, seperti : banana boat, snorkeling, sofa boat, donut boat, kano, jet ski, dsb
  5. Diving, hanya saja spot divingnya sedikit agak jauh dari Pulau Tidung.
  6. Foto-Foto, terdapat beberapa spot foto yang bisa kita kunjungi. Saran saya agar ada guide yang menemani karena untuk bersepeda menuju spot-spot foto yang indah, memang agak sulit karena jalannya cukup rumit melewati sawah-sawah, sehingga akan lebih mudah kalau ditemani guide lokal yang sudah menguasai area setempat. Seingat saya spot foto yang bagus di Pulau Tidung besar ada di tepi pantai pasir putihnya dan di area paling ujung pulau. Lumayan juga mengayuh sepeda sekitar 45 menit sembari olahraga.
  7. Pulau Tidung Kecil juga menyimpan berbagai keindahan, karena pulau ini dikhususkan untuk pengembangan mangrove sehingga terkesan lebih alami, dipenuhi tumbuhan ilalang. Di dekat bagian ujung pulau ini terdapat jembatan dan pantai dengan airnya yang sangat tenang, mungkin bisa dijadikan tempat untuk berenang (harus nanya ke guide dulu, manatau justru banyak bulu babi di dasarnya hehe).
  8. Wisata kuliner, nah kalo untuk urusan perut, kita bisa menikmati otak-otak yang banyak dijual di tepi pantainya, fresh from the oven. Minumnya kelapa muda langsung petik pohon. Jangan takut bakal kelaparan karena banyak warung makan bertebaran di pulau ini yang menyediakan makanan-makanan instan seperti indomie, bakso, siomay, dll.
  9. Hotel/penginapan : umumnya penginapan disini berupa homestay, meski ada juga beberapa hotel kecil. Sebaiknya lihat dulu kondisi kamar atau rumah yang disewakan sebelum membayar agar bisa puas sesuai dengan keinginan kita.
  10. Shopping, yupe betul sodara-sodara, bisa shopping disini, karena banyak kios-kios penjual souvenir disepanjang jalan yang kita lalui jika menyusuri pulau ini. Mulai dari baju-baju kaos, baju motif Bali (baju pelangi tapi dengan tulisan Pulau Tidung tentunya), celana pendek, celana pantai, baju renang, tempelan kulkas, gantungan kunci, hingga oleh-oleh snack rumput laut juga tersedia.
pulau tidung kepulauan seribu 4
Pengembangbiakan mangrove di Pulau Tidung Kepulauan Seribu Jakarta

Lumayan kan itinerynya untuk liburan wiken 2 hari 1 malam, dan kalau sudah bosan di pulau ini, selanjutnya bisa milih pulau-pulau lainnya yang ada di kawasan Kepulauan Seribu Jakarta, masih sisa 998 pulau dari 1000 pulau yang ada….hahaha….just kidding !!!

pulau tidung kepulauan seribu 5
Wisata Kuliner Otak-Otak dan Fasilitas Puskesmas di Pulau Tidung Jakarta
pulau tidung kepulauan seribu
Hasil berburu souvenir Pulau Tidung

– Pulau Tidung, Kepulauan Seribu – Jakarta – April 2014

– I Love The Blue of Indonesia –

2 thoughts on “Pulau Tidung Kepulauan Seribu, panorama indah di seputaran Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.