Wisata Hopping Island Belitung, mampir di Pulau Batu Berlayar

pulau bangka belitung wisata hopping island
Pulau Batu Berlayar – Belitung

JEJAKLANGKAHKU – Jika disimak dari namanya Batu Berlayar, pulau yang menjadi salah satu favorit destinasi wisata hopping island di Belitung ini memang menyerupai Kapal yang sedang berlayar, sebagai dampak adanya batu granit besar yang berdiri vertikal dan bentuknya mirip Layar Kapal, dengan pulaunya sebagai Kapalnya. Oleh sebab itu, pulau yang letaknya dekat dengan Tanjung Pandan Belitung ini kemudian dinamakan Pulau Batu Berlayar.

pulau bangka belitung wisata hopping island
Batu Granit menyerupai Layar Kapal di Pulau Batu Berlayar – Belitung

Biasanya jika kita berwisata ke Belitung, maka salah satu destinasi dalam tour Hopping Island (tour menggunakan boat ke pulau-pulau) adalah mampir di Pulau Batu Berlayar ini, disamping terdapat beberapa pulau nan cantik lainnya di sekitar perairan Belitung. Ukuran pulau ini tidak besar, kurang dari 50 m persegi luasnya dan sering disebut sebagai Sailing Rock karena di pulau ini banyak terdapat batu-batu granit berukuran besar. Letak pulau ini pun sangat dekat dengan Tanjung Pandan, bisa ditempuh menggunakan boat dari pelabuhan Tanjung Kelayang selama 15 menit perjalanan.

bangka belitung pantai beach hopping island snorkeling
Pulau Batu Berlayar – Belitung

Apa sih uniknya Pulau Batu Berlayar ini?

  • Tentunya keunikan pulau ini, ya itu tadi, adanya batu-batu granit besar yang menyerupai Layar Kapal dimana kita bisa berfoto dan mengabadikan keindahan dan keunikannya dengan latar belakang pantai yang indah. Selain batu granit vertikal besar tadi, juga terdapat batu-batu granit dengan ukuran lebih kecil yang tersebar di sekitar pulau dan menambah cantik dan indahnya pulau ini.
    pulau bangka belitung wisata hopping island
    Pulau Batu Berlayar – Belitung

     

  • Pasir putih di pulau ini juga menambah keindahannya. Perlu kita ketahui bahwa tour hopping island ke Pulau Batu Berlayar ini hanya bisa dilakukan jika air laut sedang surut sehingga boat atau perahu bisa merapat dan kita bisa turun menikmati kebersihan dan keindahan pasir putihnya.
    pulau bangka belitung wisata hopping island
    View pantai di Pulau Batu Berlayar – Belitung

     

  • Pantai di pulau ini juga sangat bersih dan jernih airnya. Jika suka berenang dan bermain air, jangan lupa membawa baju ganti agar bisa menikmati kesegaran air lautnya.
    pulau bangka belitung wisata hopping island
    View pantai di Pulau Batu Berlayar – Belitung

     

  • Terdapat beberapa biota laut di sekitar pulau Batu Berlayar ini. Pada kunjungan kali ini saya menemukan Bintang Laut besar (berwarna kecoklatan) serta banyaknya Bintang-Bintang laut kecil lainnya. Semua bintang laut ini bisa kita pegang, tidak berbahaya, kecuali bintang laut yang kecil agak sedikit geli karena adanya sejenis jari-jari atau kaki-kakinya yang kecil dan bergerak-gerak. Tapi aman koq, tidak mengigit. Oiya, satu hal yang perlu kita ingat adalah selalu mengembalikan bintang-bintang laut ini ke pantainya (ke dalam air), jadi jangan terlalu lama bermain-main dengan mereka, segeralah kembalikan ke habitatnya agar mereka tidak mati karena gak bisa bernafas.
    pulau bangka belitung wisata hopping island
    Bintang Laut di Pulau Batu Berlayar – Belitung

     

    pulau bangka belitung wisata hopping island
    Bintang Laut di Pulau Batu Berlayar – Belitung

     

  • Karena pantainya yang dangkal dan jernih serta terdapat spot yang ada terumbu karangnya dan banyak ikan-ikannya, maka di sekitar Pulau Batu Berlayar ini juga bisa untuk snorkeling menikmati keindahan underwaternya. Hanya saja, info dari guide kami, cukup banyak terdapat bulu babi disini, jadi tetep kudu waspada agar tidak terinjak olehnya. Jangan lupa pula untuk selalu memakai jaket pelampung agar tidak mudah terbawa arus dan lebih aman tentunya.

– Pulau Batu Berlayar, Belitung – Mei 2014 –

– I Love The Blue of Indonesia –

Artikel terkait lainnya :

  1. Pulau Babi Kecil Belitung, Surga Bawah Laut yang Sering Terlewatkan
  2. Tebing Granit Menyerupai Dermaga Kapal, hanya di Pantai Penyabong Belitung
  3. Museum Kata Andrea Hirata : “mereka yang menghargai kata-kata, akan dihargai dalam kehidupan ini
  4. Yuk Terdampar di Pulau Cantik, Pulau Pasir Belitung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.