Yuk Terdampar di Pulau Mungil Cantik : Pulau Pasir Belitung

pulau gosong bangka belitung hopping island beach pantai
Pulau Pasir Belitung

 

JEJAKLANGKAHKU – Mau merasakan nuansa terdampar di satu pulau kecil terpencil? mampirlah di Pulau Pasir Belitung. Disebut Pulau Pasir, karena yang ada di pulau ini hanyalah hamparan pasir putih dengan butiran halus yang dikelilingi pantai dengan air yang sangat bersih dan jernih. Sebenarnya spot lokasi ini bukanlah sebuah pulau, namun hanyalah sehamparan area gundukan pasir di tengah laut (atau sering disebut sebagai gosong oleh masyarakat sekitar Belitung), yang jika kondisi air laut sedang surut, maka gundukan hamparan pasir putih ini pun muncul ke atas permukaan air yang membentuk satu pulau kecil yang penuh dengan hamparan pasir putih tadi. Oleh sebab itu, pulau ini kemudian dikenal dengan nama Pulau Pasir.

pulau gosong bangka belitung hopping island beach pantai
Serasa Terdampar di Pulau kecil – Pulau Pasir Belitung

Jika sedang berwisata hopping island (wisata menggunakan boat mengunjungi pulau-pulau) di sekitar Belitung, maka biasanya Pulau Pasir ini menjadi salah satu tujuan wisata selain ke pulau-pulau cantik lainnya yang ada disekitarnya seperti Pulau Batu Berlayar, Pulau Burong Mandi, Pulau Lengkuas, dsb. Namun demikian, agar dapat mampir ke Pulau Pasir ini haruslah dalam kondisi air laut sedang surut, oleh sebab itu koordinasikan dengan driver boat atau guide sebelum menuju ke sana. Waktu tempuh menggunakan boat dari pantai Tanjung Kelayang menuju ke Pulau Pasir ini berkisar 15 s.d 20 menit.

Nah, di Pulau Pasir ini kita dapat menikmati hal-hal sebagai berikut :

  1. Berfoto-foto ria, karena nuansa pulau yang isinya hamparan pasir saja ini sangatlah eksotis, jarang ditemui di tempat lain dan karena ukuran pulau pasir ini yang tidak terlalu besar memberi kesan bahwa kita sedang terdampar di satu pulau kecil. Jika anda penggemar fotografi, ambillah spot foto yang bisa menampilkan pulau ini secara utuh sehingga kesan terdampar di pulau pasir ini bisa tergambar dalam foto tersebut, so pasti keren hasilnya!
    pulau gosong bangka belitung hopping island beach pantai
    Pulau Pasir Belitung

     

  2. Jika suka bermain air, bisa sembari berenang ditepi pantainya, karena airnya sangat jernih dan bersih dengan beralaskan pasir putih di bawah lautnya.
    pulau gosong bangka belitung hopping island beach pantai
    Berenang di Pulau Pasir Belitung

     

  3. Salah satu keunikan pulau ini adalah banyaknya Bintang Laut berukuran besar dengan warna kecoklatan merah yang kadang kala terdampar di atas gundukan pasirnya ataupun berada di bawah laut sekitar pantainya. Mintalah tolong pada guide atau kapten kapal/boat untuk membantu mencarinya jika memang tidak bisa ditemukan langsung di atas gundukan pasirnya. Biasanya dibutuhkan sedikit effort berenang ke dalam pantainya untuk bisa menemukan bintang laut ini. Oiya, jangan lupa, jika sudah cukup lama berfoto-foto dan bermain dengan bintang laut ini, maka segeralah mengembalikan mereka ke habitatnya di dalam air agar tidak keburu mati.
pulau gosong bangka belitung hopping island beach pantai
Bintang Laut di Pulau Pasir Belitung

 

Oiya, satu hal yang perlu kita ingat jika berwisata hopping island ini adalah jagalah senantiasa kebersihan pulau-pulau yang kita kunjungi. Kumpulkan sampah-sampah kita dan bawa kembali ke darat, jangan tinggalkan sampah di pulau-pulau cantik ini agar tetap terjaga kebersihan, kelestarian dan keindahannya.

 – Pulau Pasir Belitung – Mei 2014 –

– I Love The Blue of Indonesia –

3 thoughts on “Yuk Terdampar di Pulau Mungil Cantik : Pulau Pasir Belitung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.