Taman Tirta Gangga, Sebuah Taman Air Peninggalan Kerajaan Karangasem Bali

wisata bali pulau dewata
Taman Tirta Gangga – Bali

JEJAKLANGKAHKU – Jika sedang berwisata ke Bali dan sudah cukup jenuh dengan tempat wisata pada umumnya disekitar Denpasar maupun Kuta, maka kita dapat mengunjungi salah satu spot wisata alam dan sejarah, berupa Taman Tirta Gangga yang berlokasi di Karangasem Bali Timur, sekitar 83 km dari kota Denpasar atau 6 km utara Amlapura. Spot wisata ini menyuguhkan udara pegunungan yang sejuk dengan taman air di dalamnya yang bersumber dari mata air Tirta Gangga yang diyakini sebagai air suci oleh umat Hindu di Bali untuk memurnikan setiap energi buruk di sekitar daerah tersebut.

taman tirta gangga 5-1
Taman Tirta Gangga, Bali

 

taman tirta gangga 3-1
Taman Tirta Gangga, Bali

“Tirta Gangga adalah bekas istana kerajaan yang terletak di bagian timur Pulau Bali, dekat Gunung Abang. Taman ini terkenal karena istana airnya yang dimiliki oleh Kerajaan Karangasem. Tirta Gangga secara harfiah berarti air dari Sungai Gangga yang merupakan penghormatan kepada masyarakat Hindu Bali. Nama ini mengacu pada istana air yang dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Namun, nama ini juga digunakan untuk merujuk pada wilayah yang meliputi istana air beserta daerah pedesaan yang subur di sekitarnya. Istana Air Tirta Gangga berupa labirin kolam dan air mancur yang dikelilingi oleh taman yang rimbun serta patung-patung. Kompleks seluas satu hektar ini dibangun pada tahun 1946 oleh almarhum Raja Karangasem tetapi hampir hancur seluruhnya akibat letusan Gunung Agung pada tahun 1963, kemudian dibangun kembali dan dipulihkan. Daerah di sekitar Tirta Gangga terkenal dengan teras-teras sawahnya” (sumber : Wikipedia).

taman tirta gangga 12
Bar & Restoran di Taman Tirta Gangga, Karangasem Bali

 

taman tirta gangga 13
Hotel di Taman Tirta Gangga, Karangasem Bali

 

taman tirta gangga 6-1
Taman Tirta Gangga, Karangasem Bali

Spot wisata ini sangat cocok untuk melepas lelah, menghirup udara segar dan melihat peninggalan sejarah kerajaan Karangasem. Memasuki area Tirta Gangga ini dapat kita temui warung-warung makan, toko-toko souvenir hingga Hotel dan Restoran yang siap menyediakan kebutuhan istirahat para wisatawan. Harga makanan yang ditawarkan pun bervariasi sesuai dengan jenis restoran yang kita inginkan, jika budget terbatas maka pilihlah tempat makan yang bersesuaian, karena jika masuk ke restoran mewahnya maka harga yang dipatok pun adalah standar untuk wisatawan asing (jauh lebih mahal).

taman tirta gangga 2-1
Taman Tirta Gangga, Karangasem Bali

 

taman tirta gangga 11-1
Taman Tirta Gangga, Karangasem Bali

 

taman tirta gangga 7-1
Taman Tirta Gangga, Karangasem Bali

Setelah melewati pusat makanan dan belanja di bagian depan area taman tirta gangga ini, maka kita akan masuk ke pintu gerbang utamanya dengan terlebih dahulu membeli tiket masuk seharga Rp 10.000 (untuk wisatawan domestik) dan Rp 20.000 (untuk wisatawan asing). Di sisi bagian depan nampak 2 buah kolam besar yang berada di sisi sebelah kanan dan kiri spot wisata ini. Kolam di sisi sebelah kanan dipenuhi dengan patung-patung dewa dan dewi serta dilengkapi dengan batu-batu bundar yang berfungsi sebagai jembatan yang dapat dilalui di tengah kolamnya. Kita dapat menginjak batu-batu tersebut untuk menjelajah kolamnya yang juga dipenuhi dengan ikan-ikan mas, spot yang sangat indah untuk berfoto. Sedangkan kolam di sisi kiri taman air ini hanyalah berisi air dengan berbagai ikan mas berwarna warni didalamnya. Selain itu pula terdapat kolam renang dimana penduduk lokal sekitarnya ataupun pengunjung bisa menikmati berenang pada air kolam yang bersumber dari mata air yang dingin. Jika tidak kuat dengan dinginnya air, bisa juga hanya sekedar mencelupkan kaki ke dalam kolam sembari menikmati pemandangan Taman Tirta Gangga yang indah.

taman tirta gangga 10-1
Taman Tirta Gangga, Karangasem Bali

 

taman tirta gangga 8-1
Taman Tirta Gangga, Karangasem Bali

– Taman Tirta Gangga, Karangasem, Bali – Des 2014 –

– Visit Indonesia –

– My Trip My Happiness –

One thought on “Taman Tirta Gangga, Sebuah Taman Air Peninggalan Kerajaan Karangasem Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.