Bukan di Macau, tapi di Indonesia, tepatnya di Taman Ujung (Water Palace) Bali, keren !

taman ujung karangasem Bali Timur
Water Palace – Bali

JEJAKLANGKAHKU – Sewaktu melihat spot bangunan dengan tampilan hanya dindingnya saja ini, maka yang terbayang di benak saya adalah suatu tempat eksotis yang pernah saya kunjungi kala bertandang ke Macau. Yup benar sekali, salah satu spot bangunan di The Water Palace Bali ini mirip dengan bangunan bersejarah di Macau yaitu Ruins of St.Paul, bekas Gereja Katedral di Macau yang sempat terbakar beberapa kali dan uniknya hanya menyisakan dinding bagian depan dari Gereja. Jadi, jika ingin berfoto atau merasakan nuansa bangunan bersejarah di luar negeri, bisa dengan cara berkunjung ke The Water Palace, Bali atau yang lebih dikenal dengan nama Taman Ujung Karangasem (Taman Sukasada Ujung), berlokasi di daerah Karangasem Bali, atau sekitar 5 km dari ibukota Karangasem, Amlapura dan sekitar 2 jam perjalanan menggunakan mobil dari Denpasar.

wisata water palace taman sukasada
Taman Ujung, Karangasem Bali

 

taman water palace 7-1
Taman Ujung, Karangasem Bali

 

wisata water palace taman sukasada
Taman Ujung, Karangasem Bali

Istana Air (Water Palace) Taman Ujung adalah satu peninggalan bersejarah yang termasuk dalam Cagar Budaya yang dilestarikan oleh negara. Cagar budaya ini dulunya merupakan kompleks Istana Raja Kerajaan Karangasem Bali yang dikelilingi dengan taman air. Desain Taman Ujung ini dibangun oleh seorang arsitek Belanda Van Den Hentz dan seorang Tiongkok bernama Loto Ang dan juga melibatkan seorang undagi (arsitek adat Bali). Meskipun sempat dilanda kerusakan akibat letusan Gunung Agung pada tahun 1963 dan gempa bumi tahun 1979, namun struktur bangunannya masih utuh, tidak berubah. Pada awalnya, luas Taman Ujung ini hampir 400 ha, tetapi sekarang hanya tinggal sekitar 10 ha karena kebanyakan tanah tersebut sudah dibagikan kepada masyarakat pada masa land reform. Secara pribadi, taman ini merupakan milik keluarga Puri Karangasem, namun saat ini pengunjung umum diperbolehkan untuk mengunjunginya. Untuk dapat masuk ke kawasan wisata ini maka pengunjung dikenakan tiket seharga Rp 10.000.

wisata water palace taman sukasada
Taman Ujung, Karangasem Bali

 

wisata water palace taman sukasada
Taman Ujung, Karangasem Bali

Seperti taman-taman pada umumnya, maka jalan-jalan ke obyek wisata ini selain dapat mempelajari sejarah budayanya, juga dapat menikmati suasana rileks dan santai di taman, sembari berfoto-foto karena setiap sudut taman air ini memberikan nuansa keindahan tersendiri yang unik dan eksotis. Kolam air yang berada disisi kiri dan kanan dari arah pintu masuknya, dihiasi pula dengan tanaman-tanaman cantik dan patung-patungnya, turut menambah keindahan taman ini. Jika kita berjalan lebih jauh ke arah dalam taman, maka akan ditemukan anak tangga untuk naik menuju spot bangunan menyerupai dinding-dinding bangunan lengkap dengan pilar-pilarnya. Spot ini ternyata sangat digemari untuk foto-foto pre wedding ataupun sekedar hanya berfoto biasa saja. Jadi, sempatkanlah mampir ke tempat ini dan nikmati keindahan taman dan budayanya.

wisata water palace taman sukasada
Taman Ujung, Karangasem Bali

 

wisata water palace taman sukasada
Taman Ujung, Karangasem Bali

– Taman Ujung, Water Palace – Bali – Desember 2014 –

– My Trip My Happiness –

6 thoughts on “Bukan di Macau, tapi di Indonesia, tepatnya di Taman Ujung (Water Palace) Bali, keren !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.