Bisa Camping di Pulau Kiluan Lampung, Seru Kali ya !

wisata teluk kiluan lampung beach homestay
Tepi Pantai Pulau Kiluan Lampung

JEJAKLANGKAHKU – Pulau Kiluan atau yang dikenal dengan Pulau Kelapa, terletak tidak jauh dari Desa Kiluan Negri, salah satu spot wisata yang cukup terkenal di Lampung sebagai starting point untuk melihat keceriaan lumba-lumba di pagi hari. Untuk menuju Pulau Kiluan ini maka cukup menyewa kapal jukung di Teluk Kiluan dimana biasanya sudah satu paket dengan wisata lumba-lumbanya. Jadi setelah puas di pagi hari mengejar lumba-lumba di Teluk Kiluan, selepas itu bisa berlanjut dengan mampir di Pulau nan mungil di tengah Teluk Kiluan ini dan melakukan aktivitas water sport yang diinginkan.

pulau kiluan lampung 4
Pulau Kiluan, Teluk Kiluan Lampung

Transportasi menuju pulau ini bisa dengan cara gabungan dengan peserta lainnya dalam satu kapal jukung yang sama (biayanya dihitung per orang dan tentunya lebih murah) atau bisa juga secara private menyewa satu kapal jukung sendiri dengan biaya berkisar Rp 250.000 s.d Rp 350.000 per kapal dan maksimun bisa diisi 4 orang (termasuk supir kapalnya). Waktu tempuhnya tidak terlalu lama dan jauh dari dermaga Teluk Kiluannya yaitu berkisar 5 s.d 10 menit maka kita sudah sampai di pulau kecil ini. Oh iya, untuk masuk dan menikmati keindahan di pulau ini dikenakan tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang.

pulau kiluan lampung 1
Tepi Pantai Pulau Kiluan, Teluk Kiluan Lampung

 

pulau kiluan lampung 2
Tepi Pantai Pulau Kiluan, Teluk Kiluan Lampung

 

pulau kiluan lampung 8
Pepohonan di dalam Pulau Kiluan, Teluk Kiluan Lampung

Seperti pulau-pulau cantik pada umumnya, Pulau Kiluan juga menyimpan keindahan yang patut diacungi jempol. Sesaat setelah kapal kami merapat ditempat yang telah disediakan, pemandangan indah pantai laut biru dengan warna degradasi mulai dari putih jernih, biru muda hingga biru tua pun menyambut para wisatawan dan membuat semangat untuk segera bisa menyentuh air laut dan nyebur di tepi pantainya. Pasir pantainya berwarna coklat muda dengan tekstur sangat halus, terhampar luas disepanjang pantainya, sehingga sangat nyaman untuk berenang ataupun hanya sekedar berendam di tepi pantainya.

pulau kiluan lampung 7
Tepi Pantai Pulau Kiluan, Teluk Kiluan Lampung

Jika menjelajah lebih jauh ke sisi bagian dalam pulau ini, maka dapat kita jumpai pepohonan kelapa maupun pohon mangrove di beberapa sisi pantainya. Selain itu pula, ternyata di dalam pulau ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan berupa homestay rumah-rumah kayu yang dapat menampung peserta dalam jumlah hingga ratusan orang. Saat kunjungan ke pulau ini, saya bertemu dengan rombongan Honda yang sedang mengadakan acara wisata bersama para fansnya dari seluruh penjuru Indonesia dan semuanya menginap di penginapan rumah kayu ini. Suasana saat itu sangat ramai dan sepertinya seru juga jika bisa merasakan menginap satu malam di pulau ini.

pulau kiluan lampung 6
Penginapan Rumah Kayu di Pulau Kiluan Lampung

 

pulau kiluan lampung 5
Penginapan Rumah Kayu di Pulau Kiluan Lampung

Nah, jika sudah sampai disini, silahkan menikmati semua hal menyenangkan yang tentunya tidak bisa didapatkan di kota-kota metropolitan, seperti berenang, foto-foto, camping, snorkeling (jika cuaca memungkinkan dan ombak tidak besar).

pulau kiluan lampung 15
Area Berenang di Tepi Pantai Pulau Kiluan, Teluk Kiluan Lampung

Satu hal yang unik dari Pulau Kiluan ini adalah bagian sisi pantai pulaunya yang dipenuhi dengan batu-batu karang besar berwarna kehitaman, memberikan nuansa pemandangan indah yang unik. Bahkan terdapat satu batu karang yang cukup besar dan sedikit menjorok ke arah lautnya seakan-akan menjadi satu pulau kecil tersendiri dengan sebuah pohon di atasnya, menjadi sangat indah untuk dijadikan spot latar belakang foto di pulau ini.

pulau kiluan lampung 13
Batu Karang di Tepi Pantai Pulau Kiluan Lampung

 

pulau kiluan lampung 14
Batu Karang di Tepi Pantai Pulau Kiluan Lampung

– Pulau Kiluan, Teluk Kiluan Lampung – Mei 2015 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

Artikel Terkait :

1. Serunya Snorkeling Sejauh 1 Kilometer di sepanjang Teluk Kiluan Lampung

2. Rasakan Nuansa Berenang di Kolam Renang Alami : Laguna Gayau Teluk Kiluan Lampung

3. Mengejar Lumba-Lumba Hidung Botol Hingga ke Lautan Luas di Teluk Kiluan Lampung

4. Mau ke Teluk Kiluan Lampung? Yuk Simak Ulasan Situasi & Kondisi di sekitarnya !

One thought on “Bisa Camping di Pulau Kiluan Lampung, Seru Kali ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.