Pulau Paling Favorit Jelang Sunset di Pulau Bulat, Kepulauan Seribu Jakarta

pulau bulat kepulauan seribu 7
Gerbang Masuk Kapal di Pulau Bulat Kepulauan Seribu Jakarta

JEJAKLANGKAHKU – Pulau Bulat memang layak menjadi spot paling favorit untuk menikmati sunset kala sedang berwisata jelajah pulau di sekitar Pulau Harapan Kepulauan Seribu Jakarta (kurang lebih 10 menit waktu tempuh menggunakan boat dari Pulau Harapan). Mengapa demikian ? karena setelah saya telusuri dan jelajah mengitari Pulau yang memang sesuai dengan namanya ini berbentuk bulat dan tidak terlampau besar luasnya, nampak bahwa spot pulau ini memiliki keunikan tersendiri dibanding pulau lain yang berada disekitarnya. Keunikan ini diantaranya berupa gerbang masuk kapalnya yang diapit dengan dua tembok pagar cantik, selanjutnya kitapun akan disambut dengan gerbang di dermaga berbentuk tulang gading lingkaran, ditambah lagi dengan beberapa bagian sisi dari pulau ini yang dikelilingi batu karang menyerupai pagar yang memisahkan sebagian tepi pantainya dengan lautan luas dan yang paling penting adalah pesisir pantainya yang dipenuhi pasir putih nan halus membuat telapak kaki pasti enggan beranjak dari atasnya.

pulau bulat kepulauan seribu a
Selamat datang di Pulau Bulat, Kepulauan Seribu Jakarta

Adanya gugusan batu karang yang membentuk pagar tadi, membuat sisi tepi pantainya menjadi terpisah dengan laut luasnya sehingga ombak besar dari arah laut luas bisa terpecah di gugusan batu karang tersebut. Hal ini menjadi pilihan menarik bagi yang suka berenang ataupun sekedar bermain air di pantai karena otomatis ombak di tepi pantainya menjadi relatif lebih tenang, apalagi ditambah dengan adanya hamparan pasir putih nan halus tadi, menjadikan tambahan spot yang menarik untuk bersantai dan foto-foto.

pulau bulat kepulauan seribu b
Suasana di Pulau Bulat, Kepulauan Seribu Jakarta

Jika menjelajah lebih jauh ke arah bagian dalam pulaunya akan nampak beberapa bangunan rumah tanpa penghuni yang sepertinya sudah tidak terawat dengan baik. Konon kabarnya, pulau ini adalah milik almarhum Presiden Soeharto dimana saat itu pulau ini bisa sangat ramai jika ada kunjungan  dari yang bersangkutan ataupun kerabat dan koleganya. Namun saat ini kamipun tidak tahu pasti siapakah yang masih menjadi pemilik pulau ini, yang jelas menurut info guide kami bahwa pulau ini adalah pulau pribadi namun tetap bisa dikunjungi wisatawan. Jadi perlu dipastikan ya bro sis apakah untuk masuk pulau ini dikenakan biaya atau tidak, karena semuanya sudah diatur oleh tur guide kami. Biasanya, jika berupa pulau pribadi maka orang umum atau wisatawan yang ingin mampir harus membayar ongkos kapal merapat ataupun tiket masuk pulau, jadi sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu sebelum mampir ke pulau-pulau pribadi di sekitar Pulau Seribu Jakarta.

pulau bulat kepulauan seribu c
Sunsetnya tertutup awan mendung…. hiksss

Bagi yang hobi mengejar sunset, pulau ini menjadi spot paling tepat untuk menantikan kehadiran sunset (tentunya dengan kondisi clear sky ya bro sist). Silahkan merapat ke sisi bagian pasir putihnya, pilih spot yang paling pas untuk memotret, siapkan kamera dan selamat menantikan sunset.

– Pulau Bulat – Kepulauan Seribu, Jakarta – April 2015 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

6 thoughts on “Pulau Paling Favorit Jelang Sunset di Pulau Bulat, Kepulauan Seribu Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.