Berawal dari Hobi, berakhir dengan Prestasi di Ancol Bowling Center Jakarta (part 1)

ancol bowling jakarta 10-1
Let’s Play Bowling – Ancol Bowling Center Jakarta

JEJAKLANGKAHKU – Terletak dalam satu kawasan wisata yang sama di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, pusat olahraga Bowling terbesar di Indonesia ini, Ancol Bowling Center, dapat menjadi salah satu pilihan traveler kala berwisata di sekitar Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Bagi saya, traveling tidak hanya sekedar menikmati tempat-tempat dan panorama alam yang indah, berbelanja, kuliner, bermain-main, dan lain sebagainya, tapi bermain sembari berolahraga dalam suasana santai dan nyaman, merupakan satu perjalanan traveling yang dapat dinikmati dengan nuansa yang berbeda.

ancol bowling jakarta a
Welcome to Ancol Bowling Center Jakarta

Apa sih sebenarnya Bowling itu? bagi yang sudah pernah mencobanya ataupun memang hobi bermain bowling seperti saya, maka tentu sudah tidak asing lagi dengan olahraga ini. Namun bagi yang masih penasaran, berikut penjelasan singkatnya menurut Wikipedia : “Bowling adalah suatu jenis olahraga atau permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan bola dengan menggunakan tangan”. Bola bowling akan digelindingkan ke pin yang berjumlah sepuluh buah yang telah disusun dalam bentuk formasi tertentu yang kalau dilihat dari atas, berbentuk segitiga. Jika semua pin dijatuhkan dalam sekali gelinding (lemparan) maka disebut Strike. Jika pin tidak dijatuhkan sekaligus maka diberikan satu kesempatan lagi untuk menjatuhkan pin yang tersisa. Bilamana pada lemparan kedua tidak ada lagi pin tersisa disebut Spare. Jika setelah dua kali masih ada pin yang tersisa maka disebut open frame (missed) yang kesemuanya itu akan menentukan perhitungan angka yang didapat dalam setiap gamenya. Pin akan kembali disusun seperti semula untuk frame selanjutnya. Dalam satu game bowling, terdiri dari sepuluh frame dengan aturan tersebut di atas yang akan diulang sampai dengan frame ke-10 dan pada akhirnya diperoleh total score yang dicapai dalam 1 game (10 frame). Nah, masih bingung kan dengan cara perhitungan scorenya ? Jangan kuatir, akan saya ulas dengan detail di artikel selanjutnya lengkap dengan contoh papan scorenya ya bro sist.

ancol bowling jakarta b
Score Bowling & Bola Bowling yang disediakan di Ancol Bowling Center

Ancol Bowling Center ini buka setiap harinya mulai Senin s.d Minggu dari pagi sekitar jam 10.00 WIB hingga tengah malam. Jika ingin bermain santai usahakan datang agak pagi biar tidak terlampau ramai, apalagi jika hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya biasanya ramai pengunjung. Selain itu perlu diantisipasi pula jika ada turnamen atau pertandingan maka biasanya lane (lintasan) bowlingnya akan penuh dan terkadang malah sudah dibooking semua untuk turnamen. Jadi sebaiknya telepon dulu untuk booking sebelum datang bermain, supaya tidak kecewa karena sudah jauh-jauh ke Ancol tapi tidak bisa menikmatinya.

ancol bowling jakarta c
Loker tempat penyimpanan bola dan peralatan bowling serta Cafetaria di Ancol Bowling Center

Tarif yang dikenakan untuk satu game bowling bervariasi bergantung hari dan waktu kita bermain. Harga per 1 (satu) game saat ini di Ancol Bowling berkisar Rp 27.000 untuk hari kerja Senin s.d Jumat di jam 10.00 WIB s.d 16.00, dan menjadi Rp 33.000 mulai jam 16.01 WIB s.d tengah malam. Sedangkan tarif per game untuk hari Sabtu, Minggu dan hari Libur adalah Rp 38.000. Selain itu jika tidak mempunyai sepatu khusus bowling maka kita harus menyewanya juga seharga Rp 10.000 per pasang sepatu. Beberapa fasilitas lainnya yang ada di Ancol Bowling ini diantaranya Loker tempat penyimpanan bola dan peralatan bowling (disewakan), Cafe/Restoran, Pro Shop (toko peralatan bowling) serta juga bersebelahan dengan area bermain Bilyar.

ancol bowling jakarta d
Pro Shop (Toko Peralatan Bowling) di Ancol Bowling Center

Tampaknya mudah kan? banyak yang berkomentar bahwa bowling bukanlah olahraga. Bagaimana tidak ? wong mainnya saja di ruangan yang sejuk dingin karena AC nya super kenceng di Ancol Bowling ini, sehingga biarpun keringat sudah mengucur, tetep aja rasanya masih seger.  Selain itu pula, dari penampilan cara bermainnya yang sangat santai karena tampak mata hanyalah melempar dan menggelindingkan bola disepanjang line (lintasan) kayu, sehingga seakan-akan tidak ada energi lebih yang dibutuhkan untuk lemparan tersebut. Tapi jangan salah ya bro sis, bola bowling yang digunakan untuk orang dewasa beratnya berkisar mulai dari 9 s.d 17 pound. Saat ini saya menggunakan bola tipe 12 pound atau setara dengan 5,4 kg. Bayangkan saja kalau saya harus melempar bola seberat 5,4 kg dalam 1 game bowling dimana diberikan kesempatan melempar sebanyak 20 x. Iya kalau mainnya cuma 1 game, gak mungkin banget deh, paling banter sekali main bisa mencapai 10 game atau setara dengan 10×20 lempar = 200 x lempar (jika tidak ada strike), nah kebayang dong nasib tangan kanan saya yang bakal menjerit pegel hahahaha !

ancol bowling jakarta e
Here we are …. The Winners of Bowling Tournament

Jadi, sebenarnya olahraga bowling ini juga cukup menguras energi koq, asal perlu diingat juga jangan sampai bergelimangkan makanan dan cemilan di mejanya saat sedang bersantai main, sama juga boong itu sih, energi yang masuk akan lebih besar dari yang keluar hahaha. Lebih baik memperbanyak minum air putih sembari bermain, dijamin lebih sehat tentunya.

Nah kalau sudah menjadi hobi bermain bowling, saran saya agar bisa dilanjutkan ke hal-hal yang lebih besar, misalnya tidak hanya sekedar untuk bersantai dan berolahraga, tapi bisa lebih aktif bergabung di Club Bowling dan mengambil bagian dalam setiap turnamen dan pertandingan agar bisa menorehkan prestasi baik di Tingkat Lokal, Nasional dan bahkan di Tingkat Internasional. Bagaimana caranya ? tips dan triknya akan saya ulas di artikel selanjutnya. Selama ada niat, tekad dan ditekuni dengan serius dan sungguh-sungguh, pasti BISA ! orang lain saja bisa juara, masa kita gak bisa ? SEMANGAT ! MERDEKA !

– Ancol Bowling Center – Jakarta –

 – Visit Indonesia –

Bowling juga bisa dinikmati sembari travelling ke berbagai kota atau negara, dan bermain di kota atau negara tujuan travelling kita dalam nuansa dan suasana yang unik tentunya !

One thought on “Berawal dari Hobi, berakhir dengan Prestasi di Ancol Bowling Center Jakarta (part 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.