Hamparan Nyiur Melambai di Pantai Bara Bulukumba

pantai bara bulukumba 3
Tepi Pantai Bara, Bulukumba – Sulawesi Selatan

JEJAKLANGKAHKU – Ibarat saudara kembar, Pantai Bara ini sama cantiknya dengan Pantai Bira di Tanjung Bira Bulukumba, Makassar. Terletak dalam satu garis pantai yang sama, jika air laut sedang surut, maka akses menuju Pantai Bara ini menurut info penduduk sekitarnya, bisa ditempuh dengan hanya berjalan kaki menyusuri sepanjang tepi Pantai Bira hingga sampai di Pantai Bara.

pantai bara bulukumba 2
Tepi Pantai Bara, Bulukumba Makassar
pantai bara bulukumba 4
Tepi Pantai Bara, Bulukumba Makassar

Meskti tidak sepopuler Tanjung Bira yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara, Pantai Bara juga menyimpan keindahan tersembunyi yang sangat cocok dinikmati pecinta pantai khususnya jika menyukai suasana tenang dan damai, disebabkan pantai ini masih belum banyak diketahui umum sehingga relatif lebih sepi dibanding saudara kembarnya di Tanjung Bira. Yang unik dari Pantai Bara ini adalah banyaknya hamparan pohon kelapa yang berjejer disepanjang tepian pantainya. Bahkan ada beberapa pohon yang bentuknya unik dengan kemiringan hingga 45 derajat diantara pohon-pohon kelapa lainnya yang tumbuh normal. Pohon kelapa inipun akhirnya dijadikan ayunan dan tempat bermain bagi para tamu yang berkunjung.

pantai bara bulukumba 6
Hamparan Nyiur Melambai di Pantai Bara Bulukumba
pantai bara bulukumba 8
Akses menuju ke Pantai Bara Bulukumba (dari area parkir)

Selain akses menuju Pantai Bara yang bisa ditempuh via jalur tepi pantai kala air laut surut, akses jalanan lainnya yang umum digunakan adalah melewati jalanan sempit berbatuan yang dikelilingi hutan kecil. Oleh sebab itu jika ingin pergi ke Pantai Bara ini menggunakan mobil ataupun mobil, usahakan agar tidak terlalu sore disebabkan akses jalanan yang masih tidak mulus tersebut serta lingkungan sekitarnya yang terkadang banyak dijumpai monyet-monyet liar serta babi hutan berkeliaran disekitarnya. Mobil dan motorpun bisa diparkir ditempat yang telah disediakan dan kemudian kita berjalan kaki menuju pantainya yang letaknya agak menurun dari sisi bukit tempat parkirnya. Masih minimnya fasilitas disekitar sini menyebabkan akses menuju pantainya pun belum dilengkapi dengan tangga atau jalanan yang mulus sehingga perlu sedikit effort menuruni batu-batu besar untuk sampai ke pasir tepian pantainya.

pantai bara bulukumba 9-1
Tepi Pantai Bara, Bulukumba Makassar

Dibandingkan dengan Tanjung Bira, tidak terlalu banyak penginapan dan fasilitas lainnya yang bisa dijumpai di Pantai Bara ini. Hasil pengamatan saya hanya sempat melihat 2 (dua) penginapan yang cukup besar disekitar sini yaitu Bara Beach Bungalow dan satu lagi penginapan disebelahnya. Jumlah kamarnya pun terbatas, tidak terlalu banyak dan setelah saya amati, tamunya pun kebanyakan wisatawan dari luar negri. Namun jangan kuatir jika ingin menginap, kitapun bisa memilih penginapan atau hotel yang berada di area sekitar Tanjung Bira karena lokasinya yang berdekatan (kurang lebih 3 km).

pantai bara bulukumba 7
Tepi Pantai Bara, Bulukumba Makassar

Nah seperti wisata pantai pada umumnya, hal-hal yang bisa dilakukan disini adalah berenang di pantai, berwisata ke pulau disekitarnya (Pulau Liukang), snorkeling, bersantai ditepi pantai sembari menikmati kelapa muda, bersantai di hotel ataupun sekedar foto-foto sembari menikmati panorama dan keindahan pantai dan sekitarnya. Selain itu juga terdapat fasilitas Dive Center yang memungkinkan para Diver yang sudah memiliki license untuk mengintip keindahan bawah laut sekitar Tanjung Bira.

pantai bara bulukumba 5
Tepi Pantai Bara, Bulukumba Makassar

Jadi, jangan lupa mampir ke Pantai Bara kala sedang berkunjung ke Tanjung Bira, Bulukumba Makassar !

– Pantai Bara, Bulukumba – Sulawesi Selatan – Des 2014 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

Artikel Terkait :

Tak Berdaya di penghujung bulan Desember di Tanjung Bira Bulukumba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.