Tempat Belanja Oleh Oleh Australia di Paddy’s Market Sydney Australia

JEJAKLANGKAHKU – Dimanakah tempat belanja souvenir Australia paling murah di kota Sydney? Jawabnya adalah di Paddy’s Market yang berlokasi di Sydney Market ataupun yang berlokasi di Market City Haymarket. Jadi ada 2 (dua) lokasi Paddy’s Market di kota Sydney ya gaes, tinggal milih, mau ke lokasi market yang mana, bergantung dari tempat terdekatmu berada. Untuk info lengkapnya tentang Paddy’s Market bisa dilihat di web resminya disini :
https://paddysmarkets.com.au.

Lokasi Paddy’s Market yang sempat gue datangi saat jalan-jalan akhir Desember 2018 lalu adalah yang berlokasi di Haymarket dan sangat dekat dengan Stasiun Central Sydney, jadi sebenarnya kamu bisa berjalan kaki dari Stasiun Central ataupun numpang Tram The Inner West Light Rail yang stop pertamanya dari Sentral Station akan berhenti tepat di depan Paddy’s Market yang berada di lantai ground Gedung Market City, ataupun katanya ada juga free Bus yang melewati pasar ini. Kenapa gue milih belanjanya disini, pertama karena lokasi Paddy’s Market ini yang paling dekat dengan hostel gue di Sydney Central YHA (depannya Stasiun Central), dan selain itu Paddy’s Market disini jadwal buka marketnya yang paling banyak, buka mulai hari Rabu s.d Minggu mulai jam 10 pagi s.d jam 6 sore (dibanding dengan Paddy’s Market satunya lagi).

Lokasi Paddy’s Market di Sydney Australia, sumber : paddysmarket.com.au

Dengan mengambil konsep berbelanja yang pada umumnya sama dengan di Queen Victoria Market di kota Melbourne Australia, maka tampilan lapak-lapak penjual di dalam Paddy’s Market ini juga tidak jauh berbeda dengan yang ada di Queen Victoria Market, semuanya tertata dengan rapi dan kondisi marketnya yang sangat bersih. Disisi bagian belakangnya juga terdapat gelaran jualan buah-buahan dan sayur-sayuran yang juga bisa jadi pilihanmu berbelanja selain souvenir dan merchandise khas Australia namun mayoritas buatan Cina ini (ada label made in China nya di hampir semua souvenirnya). Jadi belanja di Paddy’s Market ini adalah memang untuk oleh-oleh ya gaes (bukan barang-barang branded Australia, tempatnya beda lagi), seperti gantungan kunci, magnet kulkas, pouch, pajangan meja, pajangan dinding, aneka tas tote desain Australia, cermin lipat, handuk bertuliskan Australia atau kota-kota di Australia, aneka souvenir khas Aborigin, boomerang kayu, baju-baju kaos bertuliskan Australia dan kota-kota yang ada di Australia, dan lain sebagainya, banyak banget jenis dan macamnya, sampe bingung karena mupeng pengen beli semuanya wkwkkww.

Tram dan Stasiun Tram di depan Paddy’s Market Sydney Australia

Nah yang bikin heboh di kedatangan gue lalu adalah, karena datengnya akhir tahun, maka bertebaranlah tulisan SALE dimana-mana, hadew… antara bahagia dan stress sih, bahagia pasti bisa dapet harga miring, dan stress mikirin jatah bagasi yang cuma 20 kg wkwkkw, jadinya pandai-pandailah memilih souvenir yang memang kamu suka dan butuhkan, dan tutup matalah dengan hal-hal yang gak penting !

Suasana di dalam Paddy’s Market Sydney Australia

Konsep jualan mereka juga umumnya bergaya paket’an ya bro sis, jadi barang-barangnya biasanya dijual borongan langsung beberapa pcs dalam 1 (satu) harga, misal 3 for 10, 2 for 15, 5 for 10, 6 for 10, itu maksudnya beli 3 pcs seharga 10 Dollar, beli 2 pcs seharga 15 Dollar, beli 5 pcs seharga 10 Dollar atau beli 6 pcs seharga 10 Dollar, dan jangan kebalik ya ngitungnya wkwkkkw, bisa dimarahin penjualnya nanti ! Nah harganya pun rata-rata udah fixed, tapi gak pa pa coba aja nawar, manatau dikasi.  Biasanya mereka akan kasih lebih murah dikit lagi jika kamu memang belinya banyak, bisa berkurang 1 s.d 3 Dollar lebih murah, mayan kan ! Dan satu lagi, banyak penjual orang Indonesia nya juga disini, jadi kek gue yang udah capek-capek ngomong pake bahasa Inggris terbata-bata…. eeeeeee ternyata dia wong kita toh, dari tadi kek bilangnya wkwkkw, jadi berasa bahagia deh sendirian di kota ini trus nemu orang Indo, jadi deh tambah smangat blanjanya hihihi.

Aneka sayuran dan buah di Paddy’s Market Sydney Australia

Selain belanja souvenir di pasar ini, tentunya kamupun bisa belanja souvenir saat sedang jalan-jalan di berbagai tempat wisata di seantero Australia, misal kamu sedang nge trip ke Jenolan Cave atau Blue Mountain di Sydney, maka pastinya di lokasi tersebut juga ada toko souvenirnya yang khusus menjual souvenir berlogo dan desain tempat wisata setempat, hal mana souvenir atau merchandise tersebut gak akan kamu temukan di Paddy’s Market ataupun di Queen Victoria Market di Melbourne. Dan satu lagi, harga souvenir dan merchandise yang khas dari suatu tempat wisata tersebut sudah pasti jauh lebih mahal dari yang ada di market ini. Tapi ya kalo gue tetep aja gue beli, secara kolektor aneka souvenir dari berbagai tempat wisata khusus wkwkkww. Rasanya gak valid gitu kalo gak beli souvenirnya padahal udah berkunjung ke sana. Nah kalo ini sih, tergantung hobby masing-masing ya, klo kamu memang suka meskipun mahal, pastilah tetep dibeli hehehe, buat diri sendir aja, klo buat oleh-oleh orang sekantor ya bangkrut kaleeee ! Jadi, aneka souvenir dan merchandise yang dijual di Paddy’s Market ataupun di Queen Victoria Market lebih bersifat souvenir pada umumnya di Australia, tulisan atau logo di souvenirnya biasanya hanya bertuliskan negara “Australia” atau kota-kota yang ada di Australia, dan bukannya logo atau tulisan atau desain tempat-tempat wisata khusus.

Paddy’s Market Sydney Australia

Oiya, lokasi Paddy’s Market ini berada di lantai ground Gedung Market City, sedangkan jika kamu sempat naik ke bagian atas gedung ini, maka kamupun bisa menikmati aneka kuliner yang ada di food courtnya ataupun berbelanja barang-barang branded yang juga ada di lantai atasnya (mirip Mall kecil gitu). Gue sempat bahagia banget karena nemu nasi goreng ikan asin di food courtnya… langsung berasa makan deh (biasanya cuman pizza, burger, ham, dll… huaaaa bosen kaleee hehe).

Food Court dan Area Perbelanjaan di lantai atas Paddy’s Market Sydney

Nah begitulah sekilas gambaran tentang Paddy’s Market yang menurut kesimpulan gue, harga souvenirnya beberapa bisa lebih murah sekitar 1 s.d 3 dollar dibanding jenis yang sama yang ada di Queen Victoria Market, jadi pandai-pandailah memilih dan memutuskan mana yang akan dibeli biar bisa super duper puas belanjanya !

Welcome to Paddy’s Market Sydney Australia

– Paddy’s Market, Sydney Australia – Desember 2018 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.