Dua Jam Jelajah Sungai dan Gua di Trang An, Ninh Binh Vietnam

ben-thuyen-vietnam-0

JEJAKLANGKAHKU – Menyusuri sungai Ngo Dong yang berada di propinsi Ninh Binh Vietnam selatan, rasa-rasanya seperti sedang menjelajah sisi sungai Pute di Rammang-Rammang Makassar. Bedanya adalah, suhu udaranya yang lebih dingin mencekam ditambah desiran angin yang tidak hanya cukup kencang tapi juga dingin, serta area sungainya yang sangat panjang dan luas hingga pada beberapa sisi yang kami lewati nampak tidak lagi menyerupai sungai melainkan mirip dengan danau karena ukuran dan luasnya yang semakin melebar.

Begini Suasana & Pengalaman Mendarat di Bandara Internasional Hanoi, Noi Bai – Vietnam

hanoi-airport-vietnam-1

JEJAKLANGKAHKU – Seperti bandara internasional di berbagai negara pada umumnya, maka bandara internasional Noi Bai di Hanoi, Vietnam juga termasuk bandara yang cukup besar dan modern, lengkap dengan berbagai fasilitas dan layanan bagi penumpang. Saat kunjungan pertama kali ke Vietnam awal Desember 2016 lalu dan tiba di bandara ini, maka rasanya ya biasa aja, seperti halnya kita sedang transit di bandara Kualalumpur ataupun di Changi Singapura, karena memang biasanya kedua bandara itulah yang paling sering dilalui traveler backpacker seperti saya yang pastinya kudu mencari rute penerbangan yang rodo murah meriah hehehe.

Solo Traveling ke Vietnam ? Mudah, Murah & Aman !

solo-traveling-vietnam-0

JEJAKLANGKAHKU – Kesan pertama saat merencanakan akan menghabiskan cuti di akhir 2016 ini ke Vietnam adalah nyaris 90% informasi yang saya peroleh baik dari beberapa teman maupun hasil googling, terkesan negatif semuanya, “hati-hati kalo mau jalan sendirian, saya sih gak berani”, kata seorang kawan, belum lagi mayoritas info hasil googling mengatakan banyaknya “scam” disana. Awalnya sih rada takut ya dan nyaris membatalkan rencana perjalanan ini dan ingin mengantinya dengan trip domestik saja, tapi justru pada akhirnya rasa penasaran ini berubah menjadi tantangan menarik yang membuat saya memutuskan untuk tetap berangkat dan siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.

Puing-Puing Peninggalan Kota Romawi Kuno di Kaisarea Filipi, Israel

caesarea-filipi-israel-0

JEJAKLANGKAHKU – Kaisarea Filipi merupakan sebuah kota peninggalan jaman Romawi kuno yang terletak di bagian barat daya Gunung Hermon dimana juga terdapat suatu sumber mata air (grotto) serta kuil-kuil pemujaan dewa Yunani pada masa itu yaitu Pan, sehingga sering pula disebut dengan Kaisarea Paneas. Dulunya kota ini terkenal sebagai salah satu kota yang indah di kaki Gunung Hermon, tempat asal muasalnya air yang mengalir ke Sungai Yordan namun kini hanya meninggalkan puing-puing bekas kebesaran jaman Romawi kuno dan menjadi salah satu situs arkeologi di Dataran Tinggi Golan, Israel.

12 Gili Indah & Mempesona di Lombok

gili-sudak-lombok-1

JEJAKLANGKAHKU – Holiday in Paradise, ungkapan ini sepertinya yang paling pas menggambarkan suasana liburanmu di 12 gili indah dan mempesona yang bisa kamu temui di sekitar Pulau Lombok. Bayangkan, 12 gili gaes, dan tau gak kalo ternyata jumlah gili sebanyak itu termasuk sedikit dibandingkan dengan total jumlah gili-gili lainnya yang masih banyak tersebar dan belum banyak dikenal orang pada umumnya. Tapi, sebelum kita lebih jauh mencari tahu gili-gili lainnya, 12 gili berikut ini bisa membuat liburanmu serasa berada di paradise dan menyadarkanmu bahwa ternyata Indonesia itu sangat indah dan mempesona.

Menyimak Makna “Pembawa Damai” di puncak Gunung Hermon Israel

gunung-hermon-israel-0

JEJAKLANGKAHKU – Sebagai gunung tertinggi di Israel yang mencapai ketinggian berkisar 2.900 m dari atas permukaan laut, maka tidak heran jika puncak Gunung Hermon ini selalu diselimuti es dan salju saat musim dingin yang kemudian berangsur-angsur cair dan meresap ke dalam saluran dan lubang-lubang diantara bebatuan, muncul sebagai mata air di kaki gunung dan selanjutnya membentuk sungai-sungai yang menyatu di Sungai Yordan. Permukaan tanahnya yang juga subur, menyebabkan pemandangan hijau di sepanjang pelataran pegunungan Hermon saat musim semi atau musim panas karena dipenuhi dengan berbagai tanaman, khususnya pohon-pohon zaitun yang nampak dengan jelas saat melakukan pendakian di Gunung Hermon ini.

Muhraqa, Saksi Sejarah Nabi Elia di Gunung Karmel Israel

gunung-karmel-israel-0

JEJAKLANGKAHKU – Sebuah situs sejarah yang kini menjadi tempat suci umat Kristiani di Gunung Karmel Israel adalah Muhraqa, tempat dimana dahulu Nabi Elia menantang sekitar 400-an nabi-nabi Baal untuk membuktikan siapakah Allah yang sesungguhnya bagi bangsa Israel. Situs Muhraqa ini berada tepat di puncak Gunung Karmel pada ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut dan menjadi satu rangkaian kunjungan wisata rohani holyland setelah sebelumnya mampir di situs Caesarea Maritima dan Haifa Garden yang juga masih berada dalam satu lokasi yang berdekatan.

Wisata Kuliner di Makassar : Nyuk Nyang Ati Raja, Gurih & Pedasnya Nendang Banget !

bakso-ati-raja-makassar-1-1

JEJAKLANGKAHKU – Ada yang menyebutnya “baso” ada pula yang menyebutnya “bakso (pake “k”) tapi orang Makassar mengenalnya dengan nama yang cukup unik yaitu “nyuk nyang”, entah dari mana asal usul istilah yang unik ini. Padahal kalo lihat penampilannya, ya sama aja, gumpalan daging sapi berbentuk bulat dalam satu porsi semangkuk berkuah dengan rasa yang pasti bisa bikin kita ketagihan, bergelimang keringat dan meneteskan air mata karena pedasnya sambel penyertanya (halal version). Yup, wisata kuliner nyuk nyang Ati Raja khas Makassar ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata kulinermu saat berkunjung ke Makassar.

Anggur & Panorama Alam Nan Indah di Silverlake Pattaya, Thailand

silverlake-pattaya-0

JEJAKLANGKAHKU – Menikmati kesejukan udara pegunungan nan asri di Pattaya bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke tepian sebuah danau yang berlokasi sekitar 26 km dari kota Pattaya. Sepintas, saat tiba di spot dengan panorama alam pegunungan dan bukit yang mempesona ini, rasa-rasanya sih seperti sedang berada di daerah Puncak Bogor Jakarta, kurang lebih suasananya mirip seperti itu. Silverlake Vineyard, adalah nama tempat ini yang kabarnya dibangun oleh seorang mantan artis terkenal Thailand.

Jelang Sunset di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Jakarta

pulau kelapa kepulauan seribu 0

JEJAKLANGKAHKU – Letaknya yang bersebelahan dengan Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Jakarta, membuat keberadaan 2 (dua) buah pulau ini, Pulau Kelapa dan Pulau Harapan, menjadi lokasi paling favorit bagi pengunjung untuk menjadikannya sebagai tempat menginap saat berlibur ke spot pulau-pulau yang berada di sekitar Pulau Harapan. Selain disebabkan karena kedua pulau ini merupakan pulau berpenghuni dimana terdapat banyak homestay yang disediakan penduduk setempat, spot pulau-pulau di sekitarnya justru merupakan pulau tanpa penghuni sehingga hanya bisa dijadikan sebagai tempat berwisata tanpa bisa menginap.