Gacha Gacha Gacha…Ketagihan Souvenir ini di Jepang !

My Gatcha Collection
My Gatcha Collection

JEJAKLANGKAHKU – Satu lagi jenis souvenir yg bikin gw ketagihan waktu travelling ke Jepang adalah Gatcha. Gatcha atau Gatchapon adalah sejenis souvenir/mainan yang dibungkus dalam bentuk capsul dan dibeli dengan cara memasukkan coin ke dalam vending machine dan secara acak vending machine akan memilih satu capsul dari beberapa tipe mainan yang ada dalam vending machine tersebut. Setiap vending machine memiliki tema/tipe mainan tersendiri, misalnya vending machine yang berisi capsul-capsul dengan tema Mario Bross, maka isi dari vending machine tersebut adalah mainan Mario, Luigi, Toad, Princess Peach, dst dan bisa dalam bentuk mainan, gantungan kunci, magnet kulkas, pajangan meja, dsb. Disebut Gatchapon karena bunyi yang dikeluarkan mesin ini pada saat kita memutar tombolnya menyerupai ‘gatcha’ dan pada saat capsulnya jatuh keluar dari mesinnya juga berbunyi “pon” sehingga disebut sebagai Gatchapon (kata wikipedia sih).

salah satu pusat elektronik di Kyoto
salah satu pusat elektronik di Kyoto yg memiliki mesin Gacha yg lumayan banyak

 

Gatcha Vending Machine @Kyoto
deretan mesin Gatcha Toys

Hampir disemua tempat wisata di Jepang memiliki Vending Machine Gacha ini, sehingga untuk mendapatkan souvenir yg khas dari satu lokasi wisata, sangatlah mudah, selain bisa membeli di toko souvenirnya, juga bisa mendapatkan dari Toys Machine Gacha ini. Sebagai contoh, jika sedang berkunjung ke Museum Doraemon, maka Toys Machine Gacha yang ada di Museum ini pastinya bertema Doraemon, isi capsul-capsul toysnya adalah Doraemon, Nobita, Shizuka, Soneo, Kantong Ajaib, Pintu kemana saja, dst. Namun jika tidak ingin capek, gatcha banyak ditemui dipusat-pusat elektronik di Jepang, seperti misalnya di Tokyo Akihabara, Kyoto Yodobashi, dan di setiap pojok toko-tokonya. Harga toys per capsul berkisar 100 s.d 500 yen.

Gacha Toys Machine
Gacha Toys Machine

 

Let's Play Gatcha
Let’s Play Gatcha

Namun satu hal yang menarik dari membeli mainan Gacha ini adalah rasa penasaran atas jenis mainan yang akan keluar dari mesinnya, karena mesin akan memilih secara acak capsul-capsul yang ada didalamnya. Jadi jika kita ingin mendapatkan figur mainan Doraemon misalnya, pada saat memutar tombol Gatcha ini dan capsulnya keluar, belum tentu isi mainannya adalah Doraeman, bisa saja isinya Nobita, Suneo, dst. Nah inilah yg kadang-kadang bikin penasaran yg akhirnya ingin mencoba, mencoba, mencoba lagi dan membeli lagi. Ujung-ujungnya sih bangkrut…hahahaha…btw klo sudah dipajang dalam kotak gini, bagus juga ternyata…puas dah!

My Gatcha Collection
My Gatcha Collection

gacha7

 – Japan – Maret 2014 –

 – My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.