Pulau Babi Kecil – Belitung, Surga Bawah Laut yg Sering Terlewatkan

pulau babi kecil belitung babel
Belitung Coral

 

JEJAKLANGKAHKU – Demi memenuhi hobi menelusuri alam bawah laut, guide kami di Belitung cukup kebingungan mencari spot-spot snorkling yang nyaman buat aku telusuri. Umumnya wisatawan yang ke Belitung hanya melakukan wisata hopping Island (wisata menggunakan boat dari pulau ke pulau) cukup sekali saja dalam satu kali tur wisata Belitung. Namun berhubung saya punya waktu 6 hari di Belitung, maka sayapun menyewa guide dan boat selama 2 hari untuk menelusuri pulau-pulau yang ada disekitarnya.

Spot snorkeling yang paling umum dikunjungi adalah disekitar Pulau Lengkuas karena terumbu karangnya yang lumayan banyak dan bagus serta aman dari bulu babi. Namun berhubung saya udah 2x snorkeling di Pulau Lengkuas maka saya minta untuk dicarikan spot snorkeling lainnya. Setelah nego, akhirnya sepakat diantar ke spot snorkeling disekitar Pulau Babi Kecil, dengan catatan, saya setuju dgn kondisi bawah lautnya yang banyak dihuni oleh bulu babi (seru juga kali bisa ketemu sama makhluk mengerikan ini..hehe). Kenapa dinamakan Babi ? ternyata karena dulunya di pulau ini penduduknya banyak yg beternak babi…ok baiklaaa…jadi bukan karena adanya bulu babi..

Dan ternyata benar sodara-sodara, terumbunya bagus-bagus, banyak biota lautnya juga, kedalaman airnya bervariasi, mulai dari 1 meter s.d 5 meter, pasir putih, jadi cukup terang dibawah lautnya, dan yang pasti…diantara keindahan itu, pasti nongol bulu babinya… huaaaa…makanya kudu hati-hati banget…

belitung babel underwater snorkeling
Beautiful Underwater Belitung

 

coral belitung babel snorkeling
Beautiful Underwater Belitung

 

belitung snorkeling babel coral
Beautiful Underwater Belitung

Sembari foto2 underwater, guidenya kreatif juga nangkap kerang dara untuk kami santap di Pulau Lengkuas nanti. Keren banget liat cara dia nangkap, kayanya gampang banget deh, termasuk nangkap nemo disarangnya..mudah banget…udah biasa kelessss !!! Beberapa kerang besar yg sempat diambil utk kami lihat dari dekat di atas kapal akhirnya kita lepas lagi ke laut, cuma biar gak penasaran aja pengen pegang kerangnya. Tapi kerang dara lainnya…berakhir diatas panci…yummyyy…

belitung snorkeling coral babel nemo
Beautiful Underwater Belitung with Nemo

 

coral belitung snorkeling babel
Beautiful Underwater Belitung

 

snorkeling belitung babel coral kerang
Beautiful Underwater Belitung

Nah berhubung hari sudah siang dan saatnya Lunch…maka mari kita bakar-bakaran dan rebus-rebusan ditepi pantai…gelar tikar…dan makan siang…horeeee….

lengkuas island belitung babel snorkeling beach
Lunch di tepi pantai Pulau Lengkuas

 

Belitung, Mei 2014

– I Love The Blue of Indonesia –

Artikel terkait lainnya :

  1. Wisata Hopping Island Belitung, Mampir di Pulau Batu Berlayar
  2. Tebing Granit Menyerupai Dermaga, Hanya di Pantai Penyabong Belitung 
  3. Museum Kata Andrea Hirata : “mereka yang menghargai kata-kata akan dihargai dalam kehidupan ini
  4. Yuk Terdampar di Pulau Mungil Cantik, Pulau Pasir Belitung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.