Tebing Granit menyerupai Dermaga Kapal, hanya di Pantai Penyabong Belitung

Pantai Penyabong Belitung
Pantai Penyabong Belitung

JEJAKLANGKAHKU – Siapa sih yang tidak kenal Belitung dengan keunikan pantainya yang bertaburan batu-batu granit? Bagi yang sudah pernah wisata ke Belitung, pasti udah kebayanglah batu-batu granit yang mayoritas nampak disetiap sudut pantainya, seperti di pantai Tanjung Tinggi (area shooting Laskar Pelangi), Bukit Berahu, Tanjung Kelayang serta pantai-pantai yang ada di pulau-pulau sekitar Tanjung Pandang (ibukota Kabupaten Belitung). Yang bikin menarik dari kunjungan saya ke Belitung kali ini adalah adanya sebuah pantai di kawasan selatan Belitung dengan pesona tebing granitnya yang besar sekali, menjorok ke arah laut dan menyerupai dermaga kapal. Nama pantai yang terletak di kecamatan Membalong ini adalah Pantai Penyabong.

Pantai Penyabong terletak 65 km dari kota Tanjung Pandan dengan waktu tempuh sekitar 1,5 s.d 2 jam perjalanan mobil dari Tanjung Pandan. Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di kawasan Belitung bagian selatan, tepatnya di Desa Batu Belubang Kecamatan Membalong. Batu granit di pantai ini sangat besar sekali, membentuk tebing batu granit yang memanjang dari bibir pantainya ke arah lautan sehingga menyerupai Dermaga Kapal. Di tebing inilah kita bisa memandang keindahan laut disekitarnya sekalian berfoto-foto. Nah gambaran besar tebing batu granitnya bisa dilihat dari foto disebelah, nampak dari kejauhan para turis memanjat batu hingga ke puncaknya dan berfoto ria, termasuk saya dan para ponakan, let’s go…manjat tebing dan foto-foto … 🙂

pantai penyabong belitung2
Tepi Pantai Penyabong Belitung

Oiya fasilitas disekitar pantai sudah lumayan lengkap, ada warung-warung makanan yang berjualan camilan ringan dan minuman dingin serta kita bisa order lunch sea food disini, fresh from the sea (ikan bakar, cumi goreng, kepiting rebus, kerang dara, mi goreng, indomi, dst), jadi gak perlu bawa bekal deh ! Kelapa muda juga banyak disinih. Tepi pantai disisi tebing granitnya juga unik karena sepanjang tepi pantainya adalah batu granit yang landai, jadi berbeda dengan spot pantai di Tebing Tinggi yang juga banyak batu-batuan granitnya, dimana batas antara batu granitnya dengan pantainya adalah pasir putih (batu granit disela-sela pasir putih). Nah kalo di pantai Penyabong ini, sisi tebing batu granitnya sangat landai sehingga tepian pantainya atau bibir pantainya adalah batu granit yang landai. Jadi kudu hati-hati kalo akan bermain disisi pantainya ini karena so pasti super licin.

pantai penyabong belitung1
Tepi Pantai Penyabong dipenuhi batu granit

Berhubung kunjungan kali ini ombaknya cukup kencang (beda dengan pantai Tanjung Tinggi dimana ombaknya tenang bangetttt), maka kami cuma bisa bermain-main di tepi pantainya. Anginnya juga lumayan kencang, mungkin sedang musim bertiup angin selatan (bulan Mei, Juni). So…kids…kita foto-foto aja dueh…ok tante…kata ponakanku yang paling gede : “Tante…kita foto sambil duduk ya, balik belakang, “maksudnya ??” iya, fotonya dari belakang ! aya-aya wae neh kalo foto ama ABG….hahhahaha…tapi hasilnya lucu juga koq, bebas dari narsis wajah wkwkkww. Jadi temans, panorama yang unik ini jadikanlah spot indah untuk kita foto-foto.

Tepian Pantai Penyabong Belitung
Tepian Pantai Penyabong Belitung

– Belitung, Mei 2014 –

– My Trip My Happiness –

Artikel terkait Belitung :

  1. Museum Kata Andrea Hirata : “mereka yang dapat menghargai kata-kata akan dihargai dalam kehidupan ini”
  2. Wisata Hopping Island Belitung, Mampir di Pulau Batu Berlayar
  3. Pulau Babi Kecil Belitung, Surga Bawah Laut yang Sering Terlewatkan
  4. Yuk Terdampar di Pulau Cantik, Pulau Pasir Belitung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.