Lotte World Seoul, Wisata Bermain Sembari Belajar Sejarah & Budaya Korea di Folk Museum (part 3)

folk museum south korea seoul lotte world mall
Folk Museum – Lotte World Seoul

JEJAKLANGKAHKU – Sembari bermain, shopping dan wisata kuliner di area Lotte World Seoul, maka kita juga dapat belajar tentang budaya dan sejarah rakyat Korea, mulai dari jaman purba kala hingga saat ini, tepatnya berada di lokasi Folk Musem, Lotte World. Jika dilihat sepintas, maka spot wisata Folk Museum ini nampaknya biasa saja dari luarnya, tapi setelah kita masuk dan jelajah di dalam museumnya, ternyata Folk Museum ini sangat besar dan luas, sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama juga untuk dapat menyusuri semua sisi dan bagian dari musem ini. Lokasi Folk Musem ini berada di area yang menyatu dengan Lotte World dan cukup dengan berjalan kaki dari area bermain Lotte World, maka kita sudah dapat sampai di gerbang depan Folk Museum.

south korea folk museum lotte world mall
Folk Museum Lotte World Seoul – Map

 

south korea folk museum lotte world mall
Entrance Gate of Folk Museum – Lotte World Seoul

 

south korea folk museum lotte world mall
Pakaian Adat Korea – Folk Museum Lotte World

 

south korea folk museum lotte world mall
Korean History Miniature – Folk Museum Seoul

Secara umum, Folk Museum ini terdiri atas beberapa bagian yang masing-masing menceritakan budaya dan sejarah Korea dari berbagai jaman dan kerajaan serta menampilkannya dalam beragam bentuk dan model, yaitu berupa miniatur-miniatur bangunan dan kehidupan masa lalu, patung-patung, dan sebagainya. Adapun bagian-bagian dari Folk Museum ini yang wajib kita kunjungi dan pelajari adalah :

  1. Prehistory : From the preanthropogenic period including Tyrannosaurus, there created the start and development of human being. Also main relics of paleolithic era, neolithic era and the Bronze age are displayed by period.
  2. Goguryeo : On the basis of mural paintings in An-Ak 3rd ancient tomb, we can see their daily lives of those days and features of brave Goguryeo soldiers.
  3. Baekje : We can feel Baekje’s own culture through jungrimsaji, seosan-maae-samjonbul, and unique handcrafts from Tomb of king Muryeong.
  4. Silla : Including models of Anapji and Seokguram (grotto), we may observe colorful cultures of Silla through various relics.
  5. Gaya : We are able to know how their lives were by observing iron relics of Gaya, models of horse guard and warriors.
  6. Goryeo : By watching ordinary Goryeo people’s lifestyle, muryangsujeon and procedure of Daejanggyeongpan (tripitaka Koreana woodblocks) which show us their Buddhist civilization and unique Garyeo celadon, we can feel the excellent of our culture.
  7. Joseon, Miniature Village : Livelihood of Kings in Joseon dynasty, arts of yangban (gentry of Joseon dynasty), seasonal customs and the four ceremonial occasions of ordinary people are descried by cute dools.
  8. Performance Hall : It is a performance hall where our own, traditional art is recreated. On each side, traditional musical instruments and weapons are displayed.
  9. The Japanese Colonial Period : Constables and Stores during the Japanese colonial period are realized by realistic models.
  10. Jeojageori, Traditional Market Place : in Jeojageori, where recreation of traditional marketplace of Joseon Dynasty period, we may experienced firsthand vivid ambience of old marketplace.
south korea folk museum lotte world mall
Jaman Purba – Folk Museum Lotte World Seoul

 

south korea folk museum lotte world mall
Kehidupan Rakyat Korea masa lalu – Folk Museum

 

south korea folk museum lotte world mall
Miniatur Bangunan Korea – Folk Museum Lotte World

Oiya, di Folk Museum ini selain belajar tentang budaya dan sejarah Korea, kita juga dapat mencicipi dan membeli makanan serta snack-snack tradisional khas Korea yang dijual disalah satu area museumnya. Tidak hanya itu, kita juga dapat merasakan langsung memakai baju tradisional khas Korea dan berfoto dengan busana tersebut (dikenakan biaya tertentu).

south korea folk museum lotte world mall
Budaya & Sejarah Rakyat Korea – Folk Museum

 

south korea folk museum lotte world mall
Miniatur Sejarah & Budaya Korea – Folk Museum

 

south korea folk museum lotte world mall
Miniatur Bangunan Korea – Folk Museum

Jadi, jangan lupa ya menyisihkan waktu untuk berkunjung ke sisi lain dari Lotte World ini dan harus pandai-pandai membagi waktu, karena untuk tujuan hanya bermain-main saja di Lotte World sudah menghabiskan waktu seharian. Saran saya, jika memang suka dengan wisata budaya dan sejarah, maka sebaiknya kunjungan ke Folk Museumnya dilakukan dihari yang berbeda agar dapat optimal dan lebih santai menikmatinya.

 – Folk Museum – Lotte World, Seoul – Dec 2013 –

Artikel Terkait Lotte World, Seoul :

  1. Lotte World Seoul, Wahana Permainan Indoornya ternyata yang Terbesar di Dunia
  2. Lotte World Seoul, Wahana Bermain Outdoornya di atas Pulau Buatan

One thought on “Lotte World Seoul, Wisata Bermain Sembari Belajar Sejarah & Budaya Korea di Folk Museum (part 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.