Ada Batu Granit Menyerupai Kepala Orang di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

wisata babel bangka belitung laskar pelangi
Batu Granit Menyerupai Kepala Orang di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

JEJAKLANGKAHKU – Wisata pantai di Pulau Belitung merupakan satu hal unik dimana kita bisa menemukan spot pemandangan bebatuan granit yang tersebar disepanjang pantai pasir putihnya, mulai dari batu granit berukuran kecil hingga sebesar bangunan rumah. Dibutuhkan keahlian khusus untuk dapat memanjat batu jika ingin menjelajah lebih jauh hingga ke batu-batu granit yang letaknya paling ujung dengan pemandangan ke laut lepas. Ya, bebatuan granit menjadi ciri khas pantai-pantai di Bangka Belitung. Mulai dari sekedar duduk-duduk santai di atas bebatuan granit sembari menikmati pemandangan pantai yang indah dengan udara pantai yang segar, hingga mengabadikannya dalam foto-foto, merupakan aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan di pantai Tanjung Tinggi Belitung ini.

pantai tanjung tinggi belitung a
Tepi Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Nama Tanjung Tinggi diambil dari kata Tanjung yang berarti Semenanjung, karena pantai ini terletak diantara dua Semenanjung yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam, sedangkan kata Tinggi menggambarkan banyaknya batu-batu granit dengan ukuran bervariasi mulai dari yang kecil hingga besar, bahkan melebihi ukuran sebuah rumah besarnya. Keunikan bentuk dan banyaknya bebatuan granit ini, menjadikan Pantai Tanjung Tinggi sebagai salah satu spot indah tempat dilakukannya shooting film Laskar Pelangi, ditandai dengan adanya papan bertuliskan Laskar Pelangi disisi sebelah kanan pantai ini.  Jarak untuk menuju spot pantai ini sekitar 31 km atau kurang lebih 20 menit menggunakan mobil dari kota Tanjung Pandan, ibukota Belitung.

pantai tanjung tinggi belitung b
Lokasi Shooting Film Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Nah, apa saja yang bisa kita lakukan di Pantai Tanjung Tinggi ini ?

  1. Berenang ! saat berkunjung yang berbaik ke pantai ini (menurut guide saya) adalah sekitar bulan Mei s.d September karena ombak pada saat-saat itu relatif lebih tenang. Jadi kunjungan saya kali ini memang pas banget di bulan Mei sehingga saat sampai di tepi pantainya nampak sangat tenang sekali air lautnya, hampir-hampir tidak tambak buih ombaknya. Airnya yang bening dan bersih dengan kontur bawah lautnya yang landai dan berpasir putih, menjadikan siapa saja yang melihatnya dijamin pasti langsung ingin nyebur !
    pantai tanjung tinggi belitung 11-1
    Tepi Pantai Tanjung Tinggi Belitung

     

  2. Water Sport atau permainan air, memang tidak selengkap di tempat wisata pantai pada umumnya, tapi jika hanya sekedar bermain perahu-perahuan menggunakan perahu karet ataupun mendayung kano, tersedia di tempat ini.
    pantai tanjung tinggi belitung 8-1
    Water Sport di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

     

  3. Snorkeling. Terdapat spot snorkeling disekitar pantai ini namun memang jarang yang melakukannya karena sedikit agak jauh dari tepi pantainya (info dari guide kami). Lebih banyak pengunjung yang berenang atau sekedar bermain air dibandingkan dengan yang menggunakan alat snorkeling. Jika ingin puas snorkeling, memang lebih disarankan untuk mengambil paket wisata hopping island di sekitar Belitung.
    pantai tanjung tinggi belitung 1-1
    Tepi Batu Granit di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

     

  4. Foto. Keunikan batu-batu granit menjadikan tempat ini spot favorit untuk fotografi. Usahakan menyusuri sisi pantainya mulai dari sisi sebelah kanan, hingga ke ujung sebelah kiri, karena panorama batuan granitnya berbeda-beda. Tiap sisi pantainya mempunyai ciri khas bentuk dan pemandangan batu-batu granitnya. Ada bebatuan yang tersusun bergerombol/berkumpul, ada pula di sisi sebelah kiri pantai yang bentuknya menyebar diantara air laut pantainya. Semuanya dapat memberikan kesan dan background foto yang unik. Bahkan ada satu batu granit yang cukup besar dengan warna kehitaman di bagian atasnya yang mirip sekali dengan kepala orang yang sedang tidur… dhuarrr !
    pantai tanjung tinggi belitung 2-1
    Bebatuan Granit di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

     

  5. Wisata Kuliner. Di sepanjang pantai Tanjung Tinggi ini tersebar warung-warung makan yang mayoritas menunya tentunya adalah sea food. Silahkan menikmati makanan disini dan jangan lupa untuk mencoba makanan khas Belitung yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan kakap yaitu Gangan Tumis, yummy !
    pantai tanjung tinggi belitung 6-1
    Warung Makan di Tepi Pantai Tanjung Tinggi Belitung

     

  6. Belanja. Terkadang berdatangan penjual makanan/camilan khas Belitung seperti ikan asin, terasi, kerupuk, dan sebagainya. Oiya, madu juga ada dijual disini. Saya bahkan membeli madu satu jeregen di salah satu warung makan yang juga menjual madu. Madunya asli dan sangat baik bagi kesehatan tubuh.
    pantai tanjung tinggi belitung 7-1
    Pedangan makanan khas Belitung di Pantai Tanjung Tinggi

     

Satu lagi tips untuk bisa menikmati keindahan bebatuan granit di pantai ini adalah selalu waspada dengan licinnya batu-batu tersebut terutama bagian sisi batu yang terendam air laut. Hati-hati jika menginjaknya karena pasti sangat licin dan bisa tergelincir jika tidak waspada. Selain itu pula, dibeberapa batu khususnya yang terletak di atas air laut terkadang diselimuti dengan kerang-kerang kecil berwarna keputihan yang menempel kuat di batu-batunya. Kerang-kerang kecil ini sangat keras dan tajam sehingga kita pun perlu berhati-hati agar tidak terluka jika kena kulit kaki.

Ayo nikmati nuansa Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Tinggi Belitung !

– Belitung, Mei 2014 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.