Ada Karang Berbentuk Payung di Batu Payung Beach Lombok, Eksotis !

batu payung lombok 4
Batu Payung Beach, Lombok

JEJAKLANGKAHKU – Selain bertaburan pantai-pantai cantik berpasir putih mulai dari pasir halus hingga butiran pasir sebesar merica, ternyata Lombok juga punya pantai dengan baru karang berbentuk payung yang sangat eksotis. Lokasi batu karang berbentuk payung ini pernah menjadi tempat shooting salah satu iklan rokok di Indonesia. Penasaran dengan view dan keindahannya, sayapun bertekad untuk menapakkan jejak langkahku di pantai tersebut yang letaknya di Lombok Tengah, sekitar 65 km dari kota Mataram atau kurang lebih 30 s.d 40 menit dari bandar udara Lombok Praya.

batu payung lombok 1
Kondisi Pantai sekitar Batu Payung Beach, Lombok

 

batu payung lombok 2
Kondisi Pantai sekitar Batu Payung Beach, Lombok

Jangan pernah membayangkan lokasi ini dekat dengan tepi pantai atau mudah untuk mencapainya, karena ternyata setelah mobil kami parkir disekitar pantai ini, sejauh mata saya memandang 360 derajat, saya tidak menemukan batu karang berbentuk payung ini, karena lokasinya yang berada di balik bukit tepi pantainya. Untuk dapat mencapainya, maka ada 2 cara, yaitu jika air laut sedang surut, maka kita dapat trekking disepanjang sisi pantainya yang berbatu-batu sejauh kurang lebih 1 km atau sekitar 30 menit berjalan. Namun jika air laut sedang pasang, maka jalur jalan ini akan tertutup air dan satu-satunya cara untuk sampai kesana adalah dengan menyewa perahu dan melalui jalur laut.

batu payung lombok 8
Area Trekking menuju Batu Payung Beach Lombok

 

batu payung lombok 9
Area Trekking menuju Batu Payung Beach Lombok

Lokasi Batu Payung ini berada dalam satu garis pantai dengan wisata pantai lainnya di sekitar Lombok Tengah ini, yaitu berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta Lombok, dan kitapun akan melewati pantai-pantai ini sebelum masuk ke wilayah pantai Batu Payung. Jika di Pantai Aan dan Pantai Kuta kendaraan besar seperti bus bisa sampai tepat di tepi pantainya, maka untuk masuk ke area parkir pantai Batu Payung, hanya kendaraan kecil (mobil dan motor) yang bisa lewat sehubungan jalannya yang cukup sempit dan berpasir.

Supaya lebih seru, usahakan datang di kala air laut sedang surut agar bisa trekking menuju spotnya dan pastinya kita bebas berjalan-jalan disekitar karang payung tersebut dibandingkan dengan saat air laut pasang dan terpaksa hanya menatap batu payung dari atas kapal. Jika merasa ragu untuk trekking ke lokasi tersebut, beberapa guide yang standby di lokasi parkiran mobil siap untuk membantu kita dan menunjukkan jalannya ke sana. Perjalanan selama trekking tidak sesulit yang dibayangkan karena jalannya datar-datar saja melewati underwater sisi pantainya yang kering. Hanya saja harus waspada dengan batu-batunya yang terkadang cukup licin.

batu payung lombok 6
Batu Payung Beach, Lombok

 

batu payung lombok 7
Pantai sekitar Batu Payung Beach, Lombok

Nah setelah sampai, silahkan menikmati keindahannya, atau bisa juga menikmati kelapa muda yang dijual beberapa warga di dekat batu payung ini (harga Rp 15.000 per buah). Saran saya, ambillah foto dengan tema panorama karena sepanjang 180 derajat, view nya sangatlah cantik ! Terbukti sudah kalau Indonesia itu memang indah !

batu payung lombok 10
Batu Payung Beach, Lombok

Sekilas Video suasana di sekitar Batu Payung Beach Lombok :

– Lombok Tengah, Mei 2015 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

5 thoughts on “Ada Karang Berbentuk Payung di Batu Payung Beach Lombok, Eksotis !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.