Pesona Bawah Laut Gili Nanggu Lombok Barat, Yuk Ngintip Budidaya Coralnya ! (part 2)

gili nanggu snorkeling lombok 13
Resort di Gili Nanggu, Lombok Barat

JEJAKLANGKAHKU – Satu lagi spot snorkeling di Gili Nanggu berada disisi sebelah kanan dermaga gilinya, tepatnya di depan Hotel Resort yang berjejer dengan nuansa bangunan khas Lombok. Jadi jika ingin menginap di Gili Nanggu ini, sudah tersedia hotel resort dengan jumlah kamarnya yang cukup terbatas (tidak terlalu banyak). Oleh sebab itu sebaiknya mencari info terlebih dahulu agar dapat membooking hotelnya dan memastikan mendapatkan kamar pada hari yang telah kita rencanakan. Karena cakupan gilinya yang tidak terlalu besar, maka dapat dibayangkan suasana jika menginap di Gili Nanggu ini pastilah tidak terlalu ramai, bahkan bisa jadi sunyi senyap karena tidak ada hiburan lainnya selain hotel resort, pantai dan laut disekitarnya. Jadi, pastikan anda memang pecinta suasana tenang dan damai, agar bisa menikmati tinggal di gili ini.

gili nanggu snorkeling lombok 11
Resort di Gili Nanggu Lombok Barat
gili nanggu snorkeling lombok 14
Suasana di Gili Nanggu Lombok Barat
gili nanggu snorkeling lombok 12
Tepi Pantai Gili Nanggu, Lombok Barat

Berbeda dengan spot snorkeling pertama yang berada tepat disebelah kiri dermaga gilinya, maka pesona underwater di spot ke dua ini selain juga bergelimang ikan-ikan besar berwarna-warni, juga terdapat satu area yang khusus diperuntukkan bagi pengembangbiakan coral dan karang laut.

gili nanggu snorkeling lombok 1
Underwater Gili Nanggu
gili nanggu snorkeling lombok 2
Underwater Gili Nanggu
gili nanggu snorkeling lombok 3
Underwater Gili Nanggu

Hanya saja, untuk bisa melihatnya dengan cukup dekat maka membutuhkan sedikit effort untuk free diving karena letaknya yang cukup dalam yaitu mencapai kedalaman 4 s.d 5 meter (saat air laut pasang). Jadi dengan berenang dari tepian pantainya yang berpasir putih sejauh kurang lebih 70 meter ke arah lautan luasnya, maka kita sudah bisa melihat karang-karang dan coral yang berada dalam area pembiakan tersebut.

gili nanggu snorkeling lombok 8-1
Pengembangbiakan Coral & Karang di Gili Nanggu
gili nanggu snorkeling lombok 7-1
Pengembangbiakan Coral & Karang di Gili Nanggu
gili nanggu snorkeling lombok 6-1
Pengembangbiakan Coral & Karang di Gili Nanggu

Nah bagaimana penampakan pengembangbiakan coral dan karang tersebut? bisa dilihat pada gambar-gambar di atas. Jadi bentuknya dibuat menyerupai meja-meja kecil, dimana coral atau karang yang akan dikembangbiakkan diletakkan secara teratur dan tertata dengan rapih dibagian atasnya. Hmmm… semoga bisa cepat berkembangbiak dengan baik dan dapat menyatu dengan alam bawah lautnya sehingga keindahan underwater dan keutuhan ekosistem di Gili Nanggu ini akan tetap dapat dinikmati di masa yang akan datang.

gili nanggu snorkeling lombok 9
Tepi Pantai Gili Nanggu, Lombok Barat
gili nanggu snorkeling lombok 10
Underwater GIli Nanggu, Lombok Barat

Video sekilas suasana di Gili Nanggu, Lombok Barat :

– Gili Nanggu, Lombok Barat – Juni 2015 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

My Trip, My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.