Enjoying Lunch at Jumbo Floating Restaurant, Aberdeen – Hongkong

jumbo floating restaurant 5
Jumbo Floating Restaurant, Hongkong

JEJAKLANGKAHKU – Biasanya kalau lagi backpackeran ke luar negeri dengan budget pas-pas’an pastinya saya akan mencari makanan lokal setempat yang mudah diperoleh baik disepanjang jalan yang dilalui ataupun di cafe-cafe kecil yang banyak bertebaran di sekitar tempat yang dikunjungi. Namun, berhubung trip kali ini adalah reward dari suatu kompetisi yang saya ikuti, maka kita nikmati aja traktiran makan siangnya yang kali ini mengambil tempat di sebuah restoran apung (floating restaurant) yang sangat terkenal di Hongkong dan merupakan salah satu restoran apung terbesar di dunia, yaitu Jumbo Floating Restaurant.

 

 

jumbo floating restaurant 4-1
Dermaga kapal menuju Jumbo Floating Restaurant

Secara umum, konsep restoran ini mirip dengan restoran apung pada umumnya yang sebenarnya banyak juga ditemui di Indonesia, hanya saja keunikan Jumbo Floating Restaurant ini lebih kepada desain bangunan restorannya yang dibuat dengan style traditional imperial China sehingga jangan heran kalo disekeliling bangunan restorannya banyak ditemui patung-patung naga, pagoda-pagoda serta dekorasi bangunan yang mayoritas berwarna merah dan emas yang secara tradisi menggambarkan the empire, prosperity dan good fortune. Mesti nampak tidak terlalu besar, tapi bangunan restoran ini ternyata terdiri dari beberapa tingkat dan dapat menampung hingga 2000 pengunjung, wew ! Gak kebayang gimana cara membuat bangunannya ya, berdiri kokoh di atas laut dan dapat menampung berat sebanyak itu.

jumbo floating restaurant 3-1
Kapal yang mengantar penumpang ke Restoran Apung

Nah berhubung kami sudah lapar, maka semuanya bersemangat untuk menuju ke restoran tersebut. Setelah bus kami merapat di sekitar lokasi restoran, ternyata tidak langsung bisa berjalan kaki ke restorannya tapi harus naik kapal untuk sampai ke restorannya. Jadi deh rasanya kaya mau nyebrang pulau gitu, berjalan kaki dulu disepanjang dermaga kayu kecilnya hingga tiba di ujung dermaga dan kemudian menunggu kapal kecil yang akan menjemput semua pengunjung restoran di dermaga ini. Jadi kapal kecil itu kerjanya bolak-balik dari dermaga ke restoran apung dan sebaliknya dari restoran apung ke dermaga lagi. Jangan kuatir gak bisa balik lagi ke dermaga karena kapalnya rutin terus aja bolak balik, selain itu pula ukuran kapalnya yang lumayan besar dengan desain tempat duduknya yang tertata rapi dan bersih, juga membuat nyaman setiap penumpangnya. Diperlukan waktu sekitar 5 menit saja dari dermaga ke restoran apung ini karena letaknya yang menjorok ke arah laut namun tidak terlalu jauh dari ujung daratan. Disepanjang perjalanan yang saya lihat paling banyak adalah deretan speed boat dengan berbagai bentuk, warna dan desain yang sangat modern dan diparkir dengan rapi disepanjang tepian pantai ini. Jika berbalik menatap ke arah daratan, maka yang tampak adalah bukit-bukit dengan deretan rumah-rumah serta apartemen yang ada disepanjang lokasi Aberdeen ini, suatu pemandangan yang cukup unik.

jumbo floating restaurant 2-1
Suasana di dermaga dan tepi pantai menuju Jumbo Floating Restaurant

Oiya, lokasi Jumbo Floating Restaurant ini tepatnya berada di jalan Sham Wan Pier Drive, Wong Chuk Hang, Aberdeen Hongkong. Untuk sampai ke tempat ini dapat menggunakan MRT menuju Central Station, selanjutnya keluar dari stasiun di Exit A, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan bus 70 dari terminal bus Exchange Square.

jumbo floating restaurant 1
Di depan lobby restaurant menunggu Kapal ke dermaga

Akhirnya saat yang dinanti-nantikan tiba juga, setelah kami duduk manis disepanjang meja makan berbentuk bulat di lantai 3 restoran ini, maka berdatanganlah menu masakan yang sudah diorder sebelumnya. Berhubung kami rombongan, jadi semuanya sudah dipesan jauh-jauh hari sebelumnya mengingat jadwal acara kami yang juga cukup padat dan agar bisa menghemat waktu menunggu masakannya. Oiya, restoran apung ini menyediakan menu masakan Chinese cuisine, Dim Sum dan European cuisine. Namun berhubung mayoritas dari kami adalah muslim, maka panitiapun memilih menu masakan halal tentunya, tapi dengan tampilan dan cara olahan masakan yang masih menyerupai Chinese Food. Secara umum, rasa dan aroma masakannya sangat enak dan gurih, mungkin karena saking laparnya kali ya, apalagi ditambah udara musim dingin saat itu yang pastinya bikin laper melulu, dan terbukti saking pada lapernya, masakannya lupa di foto sodara-sodara….huaaaaa ! Soal harga, wah mohon maaf saya gak bisa jawab, namanya juga ditraktir wkwkwkw. Tapi untuk jelasnya bisa mengunjungi website resmi dari restoran ini tentunya sembari bisa mengecek hal-hal detail lainnya (www.jumbokingdom.com).

– Jumbo Floating Restaurant, Hongkong – Desember 2014 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *