Perjalanan dari Bandara Changi Singapura Menuju Legoland Johor Bahru, Malaysia

JEJAKLANGKAHKU – Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang bagaimana pengalaman dan suasana dalam perjalanan menuju theme park Legoland di Johor Baru, Malaysia dengan starting point dari Bandara Changi Singapura. Sebenarnya, banyak cara yang bisa ditempuh untuk dapat sampai ke Legoland Malaysia yang letaknya di kota Johor Baru Malaysia ini. Selain cara paling mudah menggunakan pesawat langsung ke Johor Baru ataupun via Kualalumpur, transportasi lainnya juga bisa dengan cara terbang ke Singapura dan dilanjutkan perjalanan darat menggunakan bus ke Johor Baru.

legoland johor baru 1
Suasana setelah keluar dari Imigrasi Johor Bahru Malaysia…ini bus kami

Nah berhubung perjalanan saya kali ini adalah perjalanan yang sangat nyaman dengan service yang sangat memuaskan yaitu menggunakan agen travel langsung dari Bandara Changi Singapura, maka saya gak perlu repot-repot mencari info tentang bagaimana caranya masuk ke Johor Baru dari Singapura. Saat mendarat di bandara Changi Singapura, kamipun sudah dijemput dengan guide dari agen travel yang langsung mengantar kami menuju bus untuk segera berangkat ke Legoland di Johor Baru. Perjalanan menuju Legoland ini akan melewati 2 (dua) titik imigrasi dan checkpoint yaitu imigrasi Singapura dan imigrasi Johor Bahru Malaysia. Setelah berjalan kurang lebih 30 menit dari bandara Changi, bus kamipun tiba di tempat imigrasi perbatasan yaitu imigrasi Singapura. Di imigrasi Singapura ini, semua penunpang wajib turun dari bus dan masuk ke gedung imigrasi untuk proses imigrasi meninggalkan negara Singapura. Nah di check point ini, kita tidak perlu membawa semua barang bagasi, hanya tas tangan aja yang perlu dibawa turun. Saya gak paham pastinya sih, gimana cara mereka memeriksa barang bawaan koper dan lain-lain yang masih ada di dalam bus, kemungkinan ada pemeriksaan khusus untuk bus-bus travel yang membawa rombongan turis seperti kami. Yang jelas semuanya berjalan di belakang, kamipun tidak melihat proses imigrasinya, sepertinya semuanya diurus oleh sang sopir dan guide yang mengantar kami.

legoland johor baru 2
Suasana setelah keluar dari imigrasi Johor Bahru Malaysia

Lepas dari pemeriksaan di checkpoint imigrasi Singapura, setelah mendapatkan cap stempel di passport, kamipun berjalan keluar dari gedung imigrasi dan langsung mendapati parkiran bus-bus yang tadi mengantar kami. Perjalanan menggunakan bus pun dilanjutkan untuk menuju ke checkpoint di imigrasi Johor Bahru. Nah berbeda dengan di checkpoint imigrasi Singapura, saat tiba di checkpoint imigrasi Johor Bahru, semua penumpang diwajibkan turun dengan membawa seluruh barang bawaan masing-masing (termasuk koper) untuk dilaporkan dan melewati pemeriksaan di security check in kantor imigrasi Johor Bahru tersebut. Jadi, siap-siap geret koper ya gaes, upayakan jangan terlampau banyak membawa barang, sesuaikan dengan kemampuan mengangkat barang karena tidak ada porter di titik imigrasi ini, semuanya dilakukan sendiri, tanpa bisa meminta tolong orang lain (kecuali teman atau sodara yang kebetulan jalan bareng). Selanjutnya, barislah di deretan antrian imigrasi yang bertuliskan Foreign Passport karena kita dari Indonesia akan masuk ke negara Malaysia, maka kita sebagai turis yang membawa Passport Foreign, jangan salah antri ya bro sis, bisa lama lagi prosesnya kalo harus balik ulang antri di tempat yang benar. Setelah passport di cap oleh petugas, selanjutnya semua barang bawaan akan melewati pemeriksaan di security check in. Nah saat inilah diperlukan sedikit tenaga untuk mengangat-angkat koper masuk dalam alat security check in nya. Hmmm…itung-itung olahraga tangan hehehe. Jika semuanya lancar, maka kitapun segera dapat meninggalkan kantor imigrasi Johor Bahru dan keluar dari gedung tersebut untuk kembali menuju ke bus masing-masing. Oiya, dilarang mengambil foto pada setiap kegiatan di imigrasi ya gaes, makanya foto-foto berikut hanya bisa diambil saat telah berada di luar gedung kantor imigrasi masing-masing.

legoland johor baru 3
Suasana sekitar tempat parkir menuju Legoland Malaysia

Oiya, di check point Johor Bahru ini kitapun bisa beristirahat sembari belanja barang-barang kebutuhan harian yang bisa kita beli di minimarketnya. Sepanjang jalan koridor menuju tempat parkiran bus inilah, terdapat beberapa toko dan kios kecil untuk belanja serta tempat istirahat, sholat dan toilet. Selanjutnya, perjalananpun dilanjutkan menuju ke theme park Legoland dengan waktu tempuh yang seingat saya tidak terlampau lama deh, mungkin hanya sekitar 30 s.d 40 menit, kita sudah tiba di parkiran Legoland. Oiya, saat pertama memasuki kawasan Legoland ini sempat ragu juga sih, karena blas gak nampak kehebohan seperti halnya jika kita berkunjung ke Universal Studio Singapore ataupun Disneyland Hongkong dan Tokyo. Yang tampak malahan hanya hamparan jalanan dan parkiran yang rada gersang kesannya, mungkin karena cuaca yang juga sangat panas disana, sehingga berkesan sunyi sepi gitu. Tapi ternyata semuanya berubah saat kita sudah berjalan masuk dan tiba tepat di depan pintu masuk Legolandnya yang penuh warna-warni, barulah terasa aura theme park dan tempat bermainnya hehehe. So, Welcome to Legoland Malaysia, dan selamat bermain-main, horeeee !

legoland johor baru 4
Jalan masuk menuju theme park Legoland Malaysia

 

legoland malaysia 0
Welcome to Legoland, Johor Baru Malaysia

– Johor Bahru, Malaysia – Agustus 2015 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *