Dan Kupu-Kupu yang Lucu itu Hinggap di tangannya, di Entopia – Penang Malaysia

JEJAKLANGKAHKU – Meski sudah beberapa kali berkunjung ke kebun binatang ataupun ke taman kupu-kupu di berbagai daerah di tanah air, namun menurut saya, keberadaaan taman kupu-kupu di Penang Malaysia ini termasuk salah satu yang cukup besar dan luas areanya serta memiliki koleksi aneka jenis dan ragam kupu-kupu yang lumayan banyak. Nah mau tau nama tempatnya ? …. Entopia !

Kupu-Kupu yang lucu, kemana engkau terbang…

Lokasi tempat wisata taman kupu-kupu ini sepertinya belum lama diresmikan, jadi masih berbau serba baru. Desain bangunannya juga termasuk unik jika melihat dari sisi luar gedung utamanya dan jika sudah masuk, maka sekilas menurut gue mirip dengan kebun binatang yang ada di Malang, hanya saja binatang khas yang ada di Entopia ini mayoritas adalah kupu-kupu serta beberapa jenis serangga dan unggas lainnya.

Berbagai seranggan mulai dari scorpion sampe kadal ada disini – Entopia Penang Malaysia

Nah saat masuk ke lokasi Entopia ini kita tidak langsung berjumpa dengan kupu-kupunya, tapi terlebih dahulu harus melintasi sejumlah area berbentuk lorong-lorong dimana sisi kiri atau kanannya terdapat aneka binatang-binatang serangga ataupun unggas serta taman-taman dengan berbagai tanaman hias dan kolam-kolam kecilnya. Jadi, sudah ada petanya ya gaes untuk dapat menikmati taman kupu-kupu ini, kudu ngikut’in arah petanya biar gak tersesat dan bisa menjelajah semua sisi tamannya. Soalnya terus terang gue aja bingung liat rutenya, yang mana jalannya, kemana aja, ke kiri dulu apa ke kanan dulu, so pandai-pandailah memahami peta area nya dulu, kemudian tentukan mau melihat bagian yang mana dulu.

Entopia Butterfly Garden, Penang Malaysia

Secara umum sih, menurut gue, selain taman-taman kecil, kolam dan area serangga serta unggas, maka tentunya kita akan menjumpai satu are taman yang cukup luas dimana berbagai jenis kupu-kupu yang indah ini ngumpul, dan tentunya dalam keadaan bebas sodara-sodara, beterbangan bebas di sekitarmu, hingga bahkan bisa menyentuh dan hinggap di tubuhmu seperti yang dialami bro Ardi saat sedang asik mengambil video eh malah tanggannya dihinggapi seekor kupu-kupu yang sangat agresif. Kontan aja gue langsung mendekat dan klik… kufoto kau hahahah !

Entopia Butterfly Garden, Penang Malaysia

Nah taman kupu-kupu ini tidak hanya menghadirkan sisi yang bernuansa kebun binatang dan tamannya, tapi di bagian akhir rute perjalanannya kita akan masuk dalam semacam terowongan yang rodo gelap yang ternyata dinding-dindingnya bercahaya dihiasi tulisan-tulisan berwarna warni terkait downtown Entopia, sepanjang beberapa puluh meter dan kemudian berakhir di suatu ruangan yang ada cafe-cafenya dengan desain bernuansa alam. Dan, sisi paling akhir dari perjalanan gue disini adalah…teteup…belanja donk, yup ketemu toko lagi dah, umumnya yang dijual bernuansa kupu-kupu, mulai dari gantungan kunci, magnet kulkas, topi, baju-baju kaos, syal, tas, sepatu, sendal dan pernak pernik souvenir lainnya. Soal harga…..hmmm rodo mahal sih ya menurut gue, misal untuk satu baju kaos bisa dibanderol sekitar Rp 200 an ribu, mirip-mirip harga kaos di disneyland ataupun universal studio deh. Tapi klo memang doyan koleksi, silahkan diborong ya gaes hehe.

Entopia Butterfly Garden, Penang Malaysia

Oiya, harga tiket masuknya per orang adalah 65 Ringit Malaysia (untuk dewasa) dan 45 RM untuk anak-anak, serta ada special price jika menggunakan kartu MayKad (khusus warga Malaysia). Entopia ini mulai buka dari jam 9 pagi hingga jam 7 malam setiap harinya. Cara paling mudah dan murah untuk dapat sampai ke lokasi ini yang arahnya sama dengan lokasi pantai Batu Ferringhi, adalah menggunakan Bus Rapid Penang bernomor 101 atau 102 yang berakhir di Teluk Bahang, atau bisa juga menggunakan Penang Hop On Hop Off – Beach Route dan berhenti di Stop 21.

Aneka Souvenir di Toko Souvenir Entopia Penang Malaysia

– Penang, Malaysia – Maret 2017 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *