Tempat Nongkrong Cozy di First Station Yerusalem, Israel

JEJAKLANGKAHKU – The First Station Jerusalem dulunya memang adalah sebuah stasiun kereta api yang menghubungkan kota Jaffa (sebuah kota pelabuhan dekat Tel Aviv) yang berjarak sekitar 86,6 km dari kota Yerusalem. Stasiun kereta api ini pertama kali beroperasi pada tahun 1892 dan kemudian ditutup pada tahun 1998, sempat terbengkalai beberapa tahun dan kemudian digunakan sebagai tempat berbagai pameran serta acara kebudayaan setempat. Hingga akhirnya pada tahun 2013, tempat ini kemudian dibuka kembali dan berubah menjadi sebuah kawasan pusat budaya dan entertainment masyarakat di kota Yerusalem.

The First Station Jerusalem, Israel

Nah jika sedang berada di kota Yerusalem dan punya waktu luang untuk jelajah sisi pusat kotanya, maka bisa mencoba kunjungan ke tempat ini khususnya buat kamu yang suka kuliner ataupun sekedar nongkrong cantik di cafe-cafe dengan nuansa dan cita rasa khas Mediterania. Lokasi first station ini berada di antara jalan Hebron dan jalan Betlehem dengan tampilan bentuk bangunannya yang memang mirip stasiun kereta jika dilihat dari luar gedung. Jadi tidak tampak sama sekali cafe dan restonya dari luar ya gaes, kudu masuk dulu ke dalam stasiunnya, barulah nampak deretan cafe dan restaurantnya berjejer di sisi kiri dan kanan bekas stasiun keretanya.

Tampilan depan bangunan The First Station Jerusalem

Sekilas sih mirip banget dengan tampilan bangunan di beberapa stasiun kereta di Indonesia, misalnya di stasiun Tawang Semarang ataupun di Yogya, bisa dibayangkan kan ada cafe-cafe di dalam stasiun kereta, nah mirip gitu deh. Hanya saja, suasana disini bisa dibilang lebih tertata rapi dan yang paling penting, lebih bersih dah ! Yang unik dari tempat ini adalah kita bisa dengan puas menikmati berbagai aneka makanan dan minuman yang mayoritas bercita rasa khas Mediterania, yummy.

Adom Restaurant di First Station Jerusalem

Dari berbagai cafe dan resto yang ada di tempat ini (pasti bikin bingung deh mau mampir di cafe yang mana), gue sempat makan di Adom Restaurant dengan menu utamanya sea food dan ikan segar serta aneka masakan khas Italia & Perancis dan juga berbagai jenis minuman wine, semuanya dengan cita rasa khas Mediterania. Meski sebenarnya selera saya Indonesia banget (lebih suka makan ayam penyet, soto kudus, dll daripada menu ala luar negri gini), tapi berhubung penasaran dengan cita rasa Mediterania nya, ya kita coba aja menikmatinya. Dan bener kan, sebagian besar rasa makanan utamanya menurut gue sih rada aneh ya di lidah wkwkwkw, tapi berhubung sudah dipesan oleh panitia yang nganter, ya sudah kita enjoy aja dah !

Super lezzatooo dessert ….

Untungnya sodara-sodara, sebagian dessert yang disajikan, nyaris enaaaakkkk semuanya. Dan yang bikin gemes lagi adalah tampilan sajian dessertnya yang super duper cuantik terpajang di atas piring, sampe gak tega mau makannya hahahaha. Berikut beberapa menu dessert yang bisa jadi pilihan ngemilmu :

  • SEMIFREDDO BRÛLÉE : semi frozen creme brûlée, cassis jelly, fresh orange, Tuile, cassis sorbet. Harga : 45 NIS (Israel Syekel, 1 Syekel sekitar Rp 3.700)
  • CARAMEL APPLE CRUMBLE : baked apples, cinnamon, streusel, salted caramel cream, spiced financier cookie, caramelized popcorn, vanilla & basil ice cream (48 NIS)
  • TAHINI ICE CREAM : homemade ice cream, served with pistachio ice cream date honey, raw tahini & black sesame tuile (45 NIS)
  • SPICY CHOCOLATE : adventurers dessert, dark chocolate in flavors of coffee & whiskey with a touch of chili (48 NIS)
  • PAVLOVA : whipped cream, meringue, raspberry coulis, raspberry ganache, cassis & mint sorbet (42 NIS)
  • CHOCOLATE SOUFFLÉ : hot chocolate cake, pecan streusel & vanilla ice cream (46 NIS)

Soal harga, lumayan mahal ya gaes, jadi mendingan pesen 1 porsi untuk sharing rame-rame aja, biar bisa merasakan semua menunya hahahaa. Oiya, untuk menu utamanya ada beberapa pilihan, diantaranya :

Menu utama di Adom Restaurant Jerusalem
  • VEGAN – FETTUCCINE RICE : rice noodles, cauliflower, zucchini, garlic (68 NIS)
  • ARTICHOKE RAVIOLI : sage, cauliflower, garlic, tomato confit, olives, mushroom, goat cheese (76 NIS)
  • CHESTNUT GNOCCHI IN PORCINI BUTTER : truffle oil, garlic, cream (68 NIS)
  • MUSHROOM RISOTTO : truffle oil, garlic, cream (74 NIS)
  • CHICKEN LIVER IN MAPLE : butter, thyme, maple, mashed potatoes (65 NIS)
  • CHICKEN IN COCONUT MILK : chili, coriander, mashed potatoes (84 NIS)
  • “ADOM” BURGER : aioli, tomato, onion, home fries (69 NIS)
  • LAMB T-BONE : small potatoes, chimichurri (132 NIS)
  • ENTRECOTE (RIB EYE) : garlic confit, mashed potatoes (138 NIS)
  • FISH FILLET : grilled vegetables (128 NIS)
  • SALMON FILLET : sweet potato pure’e and pesto (115 NIS)
  • SEAFOOD PASTA : black pasta, shrimps, calamari, mussels, coconut milk, ginger, coriander, chili (102 NIS)
  • SEAFOOD RISOTTO :shrimps, calamari, mussels, curry, coriander, garlic, cream (98 NIS)
  • A BOWL OF SEAFOOD : cream, garlic, fish consomme, sage, white wine (120 NIS)
Suasana cafe dan resto di dalam First Station Jerusalem

– Yerusalem, Israel – Juni 2016 –

– Promiseland Journey –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.