Menikmati Derasnya Arus Permukaan Saat Snorkeling di Yenbuba Raja Ampat, Papua

JEJAKLANGKAHKU – Salah satu spot snorkeling yang menarik dan menantang untuk diselami adalah di sekitar jetty atau dermaga kapal di Yenbuba, sebuah desa kecil yang terletak di Pulau Mansuar Raja Ampat. Berenang, snorkeling maupun free dive di antara tonggak-tonggak kayu dermaga yang kokoh berdiri dibawah laut, memberikan sensasi tersendiri yang tidak hanya menampilkan keindahan bawah laut, tapi juga memberikan nuansa ngeri-ngeri sedap seakan-akan dikelilingi jeruji-jeruji kayu dengan kumpulan makhluk laut yang bisa tiba-tiba muncul mengagetkan di sampingmu.

Snorkeling Spot di Jetty Yenbuba Pulau Mansuar, Raja Ampat

Berwisata ke spot snorkeling di Yenbuba ini bisa kamu lakukan saat sedang mengikuti paket tur harian menuju ke Piaynemo, salah satu icon Raja Ampat yang sangat terkenal, karena lokasi Yenbuba ini berada dalam satu arah yang sama, jadi biasanya paket tur hariannya sudah termasuk mampir di spot ini untuk snorkeling. Cara lainnya adalah, jika penginapan atau homestaymu memang berada di Pulau Mansuar ini atau berdekatan dengan Pulau Mansuar ini, maka kamupun bisa menyewa kapal atau sharing kapal dengan sesama penghuni homestay, atau bahkan hanya cukup dengan berjalan kaki jika lokasi homestaymu berada dekat dengan spot ini.

Suasana di sekitar Dermaga (jetty) Yenbuba, Pulau Mansuar Raja Ampat

Harga paket tur ke Piaynemo yang salah satunya mampir ke spot ini saat wisata ke Raja Ampat lalu adalah berkisar Rp 850 rb s.d Rp 1,5 juta per orang dengan start dari pelabuhan Waisai serta akan menjemputmu satu persatu jika lokasimu berada di sekitar pulau-pulau di Waisai. Jadi ya gitu deh gaes, lumayan butuh waktu sekitar 1 jam sendiri untuk speedboatnya muter-muter dulu jemput peserta open tripnya satu-satu, gue sih nikmatin aja ya, wong sekalian cuci mata menyaksikan keindahan alam Raja Ampat, malah kalo perlu turun sekalian dari kapal sambil foto-foto sembari nungguin pesertanya siap naik ke kapal wkwkkw, teteup selfie tiada akhir !

Saat akan snorkeling, kapal kita akan sandar di dermaganya, dan kita tinggal nyebur loncat ataupun naik terlebih dahulu ke sisi dermaga, menyiapkan semua peralatan snorkelingmu dan kamupun bisa segera nyebur ke lautnya. Oiya, jangan kawatir untuk proses naik turun ke lautnya karena ada tangga khusus yang memang dibuat untuk kita naik turun ke laut, jadi meskipun kapalnya gak bawa tangga, bisa naik turun ke lautnya dari sisi tangga di dermaga ini, enak deh !

Underwater di sekitar jetty Yenbuba Pulau Mansuar Raja Ampat

Satu hal yang perlu kalian waspadai di spot snorkeling Yenbuba ini adalah, arus lautnya ya gaes, kenceng banget euy ! Saat akan nyebur sih semuanya tampak oke, tidak keliatan sedikitpun riak ombak di atas permukaan airnya, lautnya tampak tenaaaaanggg teduh, gak ada ombak sedikitpun. Tapi ternyata sodara-sodara, di antara ketenangan ombak inilah, ternyata arus permukaannya (arus di atas permukaan air) sangat kenceng, gue aja yang cuma diem kaga gerakin kaki, bisa tergeret sampe menjauh dari sisi dermaga karena terdorong arus permukaan. Jadi, usahakan pake fin ya bro sis, fin itu kaki katak, yang sangat bermanfaat dalam situasi seperti ini, karena kamu bisa dengan mudah melawan arus laut melalui gerakan kaki yang dibantu fin (kaki katak) tersebut. Guide kami aja yang awalnya tanpa pake fin, akhirnya nyerah dan naik kembali ke kapal untuk mengambil dan memakai fin nya.

Snorkeling di Jetty Yenbuba, Pulau Mansuar Raja Ampat

Secara umum pemandangan bawah lautnya sangat indah, disisi sebelah kanan dermaga dipenuhi dengan aneka karang dan coral yang masih alami dan utuh. Ditambah lagi dengan rombongan-rombongan ikan yang banyak sekali lalu lalang dan merupakan ciri khas underwater di Raja Ampat ini, mulai dari rombongan ikan kecil, ikan sedang, sampe ikan yang lumayan besar. Bahkan jika kamu berani menjelajah bawah lautnya di sekitar tonggak-tonggak kayu dermaganya, jangan kaget ya jika tiba-tiba muncul ikan-ikan aneh disekitarmu, seperti disalah satu foto gue ada ikan yang biasanya kalo di akuarium besarnya hanya sebesar telapak tangan gue, lha ini koq besarnya setengah badan gue ya wkwkkww, emeging !

Buat kamu yang suka foto-foto underwater, jangan lewatkan berpose disisi bagian bawah dermaga Yenbuba, keren abiz gaes !

PESONA INDONESIA – WONDERFUL INDONESIA

– Yenbuba, Pulau Mansuar, Raja Ampat – November 2017 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *