Welcome to Paradise, El Nido Palawan Philipina

JEJAKLANGKAHKU – Menjejakkan langkah di El Nido, Palawan Philipina ini, rasa-rasanya sedang berada di satu kawasan wisata pulau kecil yang biasa kita jumpai baik di dalam negri maupun di luar negri. Namun sebenarnya kota El Nido ini bukanlah sebuah pulau kecil melainkan sebuah bagian kecil wilayah di ujung Pulau Palawan Philipina yang berbatasan langsung dengan berbagai pulau-pulau eksotik nan indah di sekelilingnya, yang menjadikannya starting point terbaik untuk memulai penjelajahan island hopping, tour ke pulau-pulau tersebut.

Nah bagaimana suasana, fasilitas, sarana, pra sarana dan persiapan-persiapan apa yang perlu kamu lakukan saat akan berwisata di El Nido Palawan ini ? karena pastinya kamu akan membayangkan berwisata ke satu tempat terpencil yang kemungkinan fasilitas sehari-harinya sangatlah terbatas. Namun, ternyata kamu gak perlu kawatir gaes, karena El Nido ini bukanlah satu pulau kecil yang terpencil, maka segala fasilitas kebutuhan sehari-hari, tersedia di kota ini. Jangan kawatir, semuanya ada disini layaknya kehidupan di sebuah kota kecil, jadi jika kedatanganmu adalah sebagai wisatawan dengan kebutuhan standar layaknya seorang turis, maka semua yang kamu butuhkan ada disini, mulai dari sandang, pangan hingga papan, ada semuanya. So, cukup siapkan itinerary trip mu dan tentunya budget yang mencukupi kebutuhanmu selama disini.

Toko Souvenir di El Nido Palawan

Berikut beberapa point gambaran suasana di El Nido Palawan :

  1. Hotel / Penginapan. Sudah banyak sekali hotel dan penginapan yang bertebaran di El Nido ini. Kamu bisa memesannya via online, ataupun datang langsung (saat tidak sedang peak season). Mulai dari tipe hostel, wisma hingga hotel berbintang dan resort mewah yang hanya ada di pulau tertentu, bisa jadi pilihan menginapmu. Uniknya, lokasi El Nido yang berbatasan dengan tebing-tebing karst dan tepi pantai, membuat suasana menginap di kawasan ini menjadi unik dengan menyuguhkan pemandangan tebing-tebing karst dan bukit-bukit hijau, serta beberapa penginapan dan hotel juga menyuguhkan suasana tepi pantai nan eksotik.

    Ini Hotel gue, Balay Paragua, El Nido Palawan
  2. Trip/Tour. Untuk menikmati kawasan wisata yang berada di sekitar El Nido, maka kamu gak perlu repot booking online jauh-jauh hari sebelumnya (kecuali saat peak season ya gaes), karena nyaris hampir disetiap sudut kotanya, kamu bisa menjumpai lapak-lapak ataupun ruko-ruko dan toko-toko yang menawarkan berbagai paket wisata, baik trip atau tour harian (island hopping) dimana kamu bisa joint open trip dengan turis lainnya, ataupun paket-paket wisata yang sifatnya private. Selain wisata island hopping (jalan-jalan ke pulau), juga tersedia wisata adventure seperti hiking, trekking, camping dan sebagainya.

    Berbagai Paket Tour di El Nido Palawan
  3. Kebutuhan sehari-hari. Nah kalo yang ini sih, lengkap banget disini, namanya juga kota kecil, berbagai toko lengkap tersedia, mulai dari warung, toko, hingga minimarket, bisa jadi pilihan belanja kebutuhan sehari-harimu dengan harga yang bersahabat di kantong.
  4. Cafe/Restaurant. Nah untuk menu makan sehari-hari, mayoritas warung makan, cafe hingga restoran besar, menyediakan menu masakan sea food, bahkan suasana menikmati kuliner di tepi pantai El Nido saat malam hari, layaknya suasana di Jimbaran Bali, bisa banget kamu temukan di tepi pantai El Nido setiap malam hari, tinggal milih mau makan sea food apa saja, tersedia fresh from the ocean. Nah menu masakan sea food ini memang yang paling aman buat kamu yang wajib makan halal, karena selain sea food, menu masakan yang juga banyak tersedia adalah menu non halal, so pandai-pandailah memilih ya bro sis. Soal harga, kalo kamu makannya di tepi pantai, sudah pasti harganya selangit, dibanding kamu makan di cafe-cafe lainnya (yang bukan di tepi pantai), bahkan bisa murah banget kalo nemu warung-warung kecil di pinggir jalan (super irit, cocok buat backpacker kek gue wkwkwk).

    Kuliner Sea Food Tepi Pantai El Nido Palawan
  5. Snacks/Camilan. Disela-sela waktu senggang, kamupun bisa menikmati aneka jajanan, snacks ataupun camilan pengganjal perut yang banyak tersedia di sepanjang jalan area wisata El Nido, mulai dari Pizza, Burger, Ice Cream, aneka kue-kue jajan pasar traditional Philipina, hingga ngupi-ngupi cantik di coffee shop, juga tersedia disini.

    Coffee Shop di El Nido Palawan
  6. Transportasi. Sebenarnya wilayah sekitar area wisata di El Nido ini tidaklah terlampau besar dan luas. Bagi saya, jika hotel atau penginapanmu sudah berada di area wisata ini yang berdekatan dengan pantai utama El Nido, maka harusnya kemana-mana cukup dengan jalan kaki, tapi bagi kamu yang males jalan, jangan kawatir karena di setiap sudut jalan udah rame aja dengan tricycle (sejenis bemo atau metromini) ataupun ojek yang bisa mengantarmu ke berbagai tujuan. Biasanya tarifnya udah standar sih, tapi ada baiknya bertanya ke petugas hotel atau penginapanmu dulu besaran tarifnya berapa untuk pergi ke satu tujuan, jadi bisa nawar kalo seandainya dikasi harga mahal oleh driver tricycle nya, tapi sepengalaman gue, ya itu tadi, harganya gak jauh lah dari tarif standar.

    Transportasi Tricycle di El Nido Palawan
  7. Fasilitas umum. Berbagai fasilitas umum juga tersedia disini, seperti rumah ibadah (gereja, mayoritas penduduk beragama Kristen), Rumah Sakit, Dokter, Salon, Pijat Refleksi, Sekolah, Jasa Menyelam (Scuba Diving), dan lain sebagainya, semuanya lengkap layaknya fasilitas umum di sebuah kota kecil.
  8. Belanja Souvenir/Oleh-Oleh. Nah kalo yang ini mah wajib banget bagi gue untuk dibeli dan seperti kawasan wisata pada umumnya, maka souvenir bisa dengan mudah kamu peroleh di toko-toko souvenir yang bertebaran di hampir setiap sudut jalanan kotanya. Mulai dari kelas toko souvenir yang mewah dengan souvenir berkualitas, toko souvenir dengan harga standar, hingga pasar kecil (terdiri dari beberapa kios souvenir) yang menyediakan aneka souvenir dengan harga lebih miring. Saran gue, kalo kamu nyari souvenir yang biasa-biasa aja dengan harga murah, maka belanjalah di pasar souvenir ini, lokasinya ada disalah satu jalan dekat pantai di El Nido, dan waktu yang paling tepat untuk belanja di pasar ini adalah malam hari. Selain itu, beberapa toko souvenir juga menyediakan aneka kaos sablon dengan berbagai gambar desain El Nido, yang bisa kamu pilih gambar-gambar kaosnya dan langsung dicetak/disablon saat itu juga, wew kreatif ya. Jadi mereka tidak menyediakan stock baju kaosnya, tapi mereka hanya akan membuatnya jika ada pesanan, dan langsung jadi dalam waktu 2 menit, kewren ! Klo kamu sampe lupa beli kaos di El Nido, toko-toko kaos sablonan ini juga bisa kamu jumpai di kota Puerto Princesa.

    Toko Souvenir & Kaos Sablonan
  9. Foto / Nge Drone. Buat kamu yang hobi foto-foto ataupun main drone, maka di El Nido, khususnya di Philipina, tidak ada larangan bermain drone, selama kamu melakukannya bukan di pusat-pusat kota atau di keramaian kota ataupun di tempat-tempat yang memang tidak dilarang, karena beberapa spot wisata yang masuk dalam kawasan yang dilindungi, memang dilarang menerbangkan drone. Pengalaman gue selama di Philipina, bermain drone yang paling bebas adalah di El Nido ini, bisa terbang di tepi pantainya, ataupun saat kamu sedang island hopping (day tour) ke pulau-pulau di sekitarnya, waaaah asik banget tuh, view nya bagus banget dan aman buat kamu menerbangkannya selama kamu memang udah ahli dan sudah punya lisence ya gaes, karena beberapa medan di pulau-pulaunya bahkan tidak terdapat pantai atau pasir tempat start dan finish dronemu, sehingga di beberapa titik gue bahkan terpaksa menerbangkannya dari atas kapal (boat) demi untuk mendapatkan view yang indah mempesona.

Nah begitulah gaes kira-kira gambaran sekilas suasana dan fasiltas yang terdapat di kota El Nido, semoga bisa menginspirasi bro sis sekalian untuk menjelajah salah satu paradise yang ada di Philipina ini.

– El Nido, Palawan Philipina – Juni 2018 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.