Mau Wisata One Day Tour Hopping Island di El Nido, Palawan Philipina ? Ini Tips nya !

JEJAKLANGKAHKU – Jika kamu berwisata ke El Nido ala solo traveler ataupun bersama rekan lainnya dan mengatur perjalananmu sendiri tanpa agen tour dari kota asalmu, maka kamu dengan mudah bisa memilih paket-paket tour yang sudah banyak tersedia saat tiba di El Nido Palawan Philipina. Sembari menyusuri kota kecil El Nido, kamu akan menemui berbagai agen tour harian (day trip tour) yang tersebar hampir di semua sudut kotanya, terlebih lagi jika penginapanmu berada di sekitar pesisir pantai El Nido yang menjadi pusat keramaian turis dari berbagai negara.

Yang menarik dari paket-paket tour harian di El Nido ini adalah, umumnya dikemas dalam bentuk paket dengan nama paket menggunakan huruf, seperti paket Tour A, Tour B, Tour C, Tour D, dan seterusnya, dimana dalam setiap paket tour tersebut, itinerary atau rincian kegiatan tournya terdiri dari kunjungan ke beberapa spot atau tempat wisata yang tersebar di kepulauan El Nido. Jadi sepertinya dinas pariwisata setempat sudah menetapkan paket-paket tour tersebut dan memberlakukan harga standar yang sama bagi semua agen tour tersebut. Sehingga kamu akan melihat harga yang sama untuk paket yang sama di semua papan iklan paket tour yang kamu temukan disana, namun demikian pastinya masi bisa nego dong alias nawar gitu loh (secara gue emak2 yang paling doyan dapet diskonan wkwkw), jadi pandai-pandailah bernegosiasi ya bro sis.

Nah berikut beberapa tips dari gue yang waktu bulan Juni 2018 lalu sempat mampir ke El Nido dan sukses membeli 3 paket tour tersebut, sebagai berikut :

  1. Pilihlah paket tour yang paling kamu suka. Karena ada banyak sekali jenis paket tour dimana dalam setiap paketnya terdiri dari berbagai spot wisata yang berbeda-beda untuk dikunjungi, maka ada baiknya kamu mempelajari dulu spot wisata mana saja yang ada dalam setiap paketnya, kemudian kegiatan apa saja yang akan dilakukan di setiap spot wisata tersebut, berapa biayanya, ada biaya tambahan untuk aktivitas tertentu ataukah tidak. Lalu, pilihlah paket yang paling kamu suka. Oiya, jenis paket tour ini kebanyakan berbentuk Open Trip ya gaes, jadi kita akan digabung dengan peserta trip lainnya dalam satu kapal yang sama, kecuali kalo kamu ingin private tour maka harus request khusus dan tentunya dengan biaya yang lebih mahal.

    Gambar bawah : salah satu spot Lagoon di Paket Tour A El Nido
  2. Negosiasi harga paket tournya. Meskipun tampaknya harga per paketnya sudah standar di berbagai media promosi yang tersebar di sepanjang kota El Nido, tapi ternyata kita masi bisa nawar donk, apalagi jika kamu rombongan atau gak sendirian, bisa dapet diskon lumayan tuh. Gue aja yang waktu itu sendirian alias solo traveler, tetep aja dikasi diskon sama hotel tempat gue menginap, entah karena gue booking tournya dari hotel gue, ato memang sudah budayanya pasti dapet diskon wkwkwk. Yang jelas, wajib dinego ya gaes !
  3. Booking paket tour di agen tour atau dari hotel. Pengalaman gue kemaren sih, sempat membandingkan harga paket tournya dari agen tour yang banyak tersebar di toko-toko sekitar El Nido dengan harga penawaran paket tour dari hotel tempat gue menginap, dan ternyata gue bisa dapet harga yang sedikit lebih murah dari hotel tempat gue menginap. Jadi, so pastilah gue milih belinya dari hotel, secara juga pasti lebih aman, karena ada jaminan dari hotel gue yang sudah bekerjasama dengan agen tour nya, ada apa-apa tinggal complain ke hotel dong hehehe. Tapi ini belum tentu berlaku sama di hotel lainnya ya bro sis, so pandai-pandailah membanding-bandingkan harga sebelum membeli paket tournya.

    Gambar atas : Foto drone di Snake Island El Nido
  4. Siapkan perlengkapan Hopping Islandmu. Namanya juga area kepulauan ya gaes, jadi mayoritas isi paket tournya ya jalan-jalan ke pulau lah, so siap-siap aja basah-basah’an ya. Bawalah segala perlengkapan hopping island, mulai dari baju untuk nyebur di laut, baju ganti, snorkel (sudah termasuk paket tour, kecuali mau bawa snorkel sendiri), fin (tidak termasuk paket tour, harus bayar sewa lagi jika ingin pake fin kaki katak), kamera underwater (tidak ada dokumentasi foto-foto dari agen tournya, tapi bisa bayar sewa kamera underwater), bootis, topi, kacamata ryban, obat-obat’an pribadi, cemilan (bagi yang doyan ngemil), jaket anti angin (anginnya lumayan kenceng di atas kapal, apalagi klo ketemu hujan) dan lain sebagainya.

    Salah satu spot trekking ke dalam gua di El Nido Palawan, pake perjuangan lewat celah lubang kecil.
  5. Makan & minum. Paket day tour ini sudah termasuk makan siang ya bro sis. Jadi kita akan mampir di salah satu pulau di kawasan El Nido ini untuk lunch bersama, atau jika tidak memungkinkan (bisa karena cuaca hujan dan lain sebagainya), lunch juga bisa dilakukan di atas kapal. Nah ini bagian yang paling gue suka karena ternyata makanannya enak-enak wkwkkw. Makanannya sudah mereka siapkan sejak dari darat dan para kru kapal akan memasaknya di atas kapal selama dalam perjalanan, ada dapur kecilnya di belakang kapalnya, wew, kreatif dah, gak nyangka gue saat ngeliat asap ngebul dari belakang kapal kecil ini, eeeh ternyata lagi bakar-bakaran ikan, udang, cumi dan kepiting, yummy. Saat tiba di pulau, semua menu masakan sudah ready, dan akan diturunkan dari kapal, termasuk meja kecilnya, dan tarrraaaa… mari kita berpesta wkwkkw. Makanan digelar di meja kecil tadi, termasuk minuman dingin fanta, coca cola dan aqua, dan mulailah para turis yang berjumlah sekitar 15 s.d 20 orang menyerbu meja makan wkwkw. Oiya, biasanya ada menu gak halal nya ya gaes, jadi mendingan kalian nanya dulu mana yang halal dan non halal, karena sepenglihatan gue, menu non halal udah standar pasti ada dalam setiap trip yang gue ikuti (3 hari ngikut 3 kali trip, dan selalu nemu menu non halal). Selain itu, ada baiknya juga kalian membawa bekal minuman aqua tambahan sendiri ya, karena sudah pasti bakal kehausan sepanjang perjalanan yang lumayan lama dan super panas, dari pagi (start sekitar jam 9, hingga berakhir di sore hari sekitar jam 4 atau 5 sore).

    Lunch time… serbuuuuuu !
  6. Aktivitas tour. Karena kebanyakan kunjungan wisata adalah ke pulau-pulau, maka mayoritas aktivitas atau kegiatan yang bisa kita lakukan di setiap spot wisatanya sudah pastilah berhubungan dengan main air, jadi kamu bisa berenang cantik di pantai-pantai yang super duper biru bening, snorkeling di beberapa spot tertentu, scuba diving (by request), foto-foto, trekking di beberapa spot gua di pulau tertentu, kayaking (nambah bayar lagi diluar harga paket, tapi worth it lah karena spot yang dikunjungi saat kayaking ini super duper cantik, masuk ke dalam secret beach atau teluk-teluk kecil yang menyimpan keindahan eksotik). Jadi ada baiknya kamu tetap membawa uang cash, karena transaksi pembayaran untuk kayaking dilakukan di atas kapal saat sudah tiba di pulau, termasuk di pulau tertentu juga ada jualan kelapa muda dan café-café kecilnya, bisa buat beli minuman.

    Gambar atas : si guide lagi menjelaskan aturan mainnya. Gambar bawah : aktivitas kayaking di salah satu lagoon di El Nido Palawan
  7. Siap-siap basah. Tipsnya, kalo kamu bertujuan untuk foto-foto cantik ala dandan modis, maka ada baiknya dandanannya disiapkan saat udah nyampe ke pulau aja ya bro sis, kenapa ? karena saat pertama kali mau berangkat aja, kamu tuh bakalan basah duluan, karena kudu lewatin pantai, jalan di air, sampe ketemu tangga naik ke kapal wkwkkw. Jadi, untuk naik ke kapalnya tuh banyakan gak pake dermaga, so kita naiknya ya dari tepi pantai, dan kapalnya gak parkir di atas pasir putih kering ya gaes tapi rodo masuk ke arah lautnya, jadi sudah pasti basah kuyup dah, apalagi gue yang tingginya cuma semampai, bisa basah sampe punggung dah wkwkkw. Makanya mendingan kamu dah siap pake baju snorkeling ato celana pendek lengkap dengan bootis daripada kudu dandan cantik-cantik dan hancur semua lalu mati gaya karena basah kuyup wkwkw. Dan satu lagi, usahakan pake dry bag (tas anti air), biar lebih aman semua perabotan elektronikmu, baik saat akan naik kapal maupun saat sudah berada di pulau. Pengalaman gue saat akan masuk ke salah satu lagoon dimana kita harus berenang melewati pantainya karena kapal tidak bisa masuk sampai ke dalam pelosok lagoon, maka dry bag ini menjadi andalan tempat nyimpen HP dan drone, tasnya gue slempang’in ke bahu, trus pake fin dan snorkel dan cuzzzz brenang bebas sekitar 300 meter hingga nemu tepi pantai kering dan siap terbang’in drone wkwkkw, niat bener… lha spot nya bagus banget, sayang kan klo di sia-sia kan hehe. Fyi, drone diperbolehkan terbang di kawasan pulau-pulau di El Nido (ada baiknya nanya dulu ke guide kapal sebelum menerbangkan drone). Kalo kamu lupa bawa dry bag, jangan kuatir karena banyak sekali yang jualan dry bag di El Nido, tinggal siapin peso aja hehe.

    Tepi pantai El Nido, tempat start dan end point tournya
  8. Tour guide & kru kapal. Biasanya dalam satu paket day trip ini peserta tour akan didampingi oleh satu orang guide yang tentunya bisa berbahasa Inggris dan beberapa kru kapal lainnya diantaranya driver kapalnya, tukang masak dan pendamping guide. Jadi berhubung guidenya cuma dikit yang harus mengawasi belasan hingga puluhan orang, maka usahakan kalian juga harus bisa menjaga diri masing-masing ya, karena pada beberapa aktivitas menurut gue lumayan beresiko juga, misalnya kita harus berenang melewati tepi pantai yang lumayan dalem (bisa sampe kedalaman 5 meter hanya untuk bisa masuk ke dalam celah tebing batu tinggi yang dibalik tebingnya terdapat pantai tersembunyi (secret beach), ditambah ombak yang lumayan besar. Nah pastinya sang guide gak bisalah mengawasi sekian banyak orang, sehingga saran gue meskipun loe jagoan berenang (tapi ini kan laut ya gaes, ganas gitu loh), ada baiknya tetap memakai life jacket (pelampung) ataupun menggunakan ban karet biar lebih safe tanpa harus mengandalkan pertolongan orang lain jika terjadi sesuatu, semoga aman-aman aja ya gaes, amin.

    Suasana kalo lunch nya di atas kapal, ya kek gini lah ! everybody… smile !
  9. Berkunjunglah di saat yang tepat. Karena wisata di sekitar El Nido mayoritas adalah wisata pantai, laut dan pulau, maka ada baiknya kamu mengecek kondisi cuaca dan saat yang tepat untuk berkunjung ke sana ya. Jangan sampai kamu datang di musim hujan dan pada akhirnya gak bisa ngapa-ngapa’in karena hujan deras ataupun ombak laut nya yang lumayan besar bikin kapal-kapal pada tidak berlayar. Saat kunjungan lalu, gue selalu mengecek kondisi cuacanya pake aplikasi AccuWeather dan tentunya googling juga untuk mengetahui bulan-bulan apa saja yang memang cocok untuk berkunjung ke daerah kepulauan di El Nido tersebut, terlebih lagi Philipina merupakan salah satu negara yang rawan dengan badai topan, jadi ya wajib banget ngecek sebelum memutuskan untuk beli tiket ke sini !

    Lunch dikasi pemandangan ciamik nan eksotik, yummmmzzz !
  10. Paket Day Tour. Dari hasil jejalah gue selama 4 hari di El Nido, berikut sekilas info paket-paket one day tour yang paling banyak dipromosikan disana :
    • Tour A (hopping island) ke Small Lagoon, Big Lagoon, Secret Lagoon, Shimizu Island, 7 Commando Beach. Harga per paket sekitar 1200 peso/orang. Tour A ini adalah paket tour yang paling diminati karena spot-spot wisata yang dikunjungi adalah yang paling bagus dibanding paket-paket lainnya.
    • Tour B (hopping island) ke Snake Island, Pinagbuyutan Island, Entalula Beach, Cudugnon Cave, Snorkeling site. Harga per paket sekitar 1300 peso/orang.
    • Tour C (hopping island) ke Helicopter Island, Matinloc Shrine, Secret Beach, Star Beach, Hidden Beach. Harga per paket sekitar 1400 peso/orang.
    • Tour D (hopping island) ke Ipil Beach, Cadlao Lagoon, Paradise Beach, Pasandigan Beach, Natnat Beach, Bukal Beach. Harga per paket sekitar 1200 peso/orang.
    • Tour lainnya : Combo Tour, Private Tour, Camping, Adventure Tour, dan lain sebagainya. Harganya kudu nego sama agen tournya, variatif bergantung jumlah peserta dan fasilitas yang kalian inginkan.
    • Combo Tour, berupa gabungan dari 2 paket tour dalam waktu 1 (satu) hari dengan harga yang lebih mahal karena spot yang dikunjungi lebih banyak tapi dikemas hanya dalam waktu 1 (satu) hari tour dengan waktu yang lebih minim per kunjungan ke tiap spot wisatanya.

Nah begitulah bro sis gambaran sistem paket one day tour di El Nido ini, semoga bisa membantu kalian menyusun itinerary saat berkunjung ke El Nido, Palawan.

Kalo gue ditanya, bagus gak El Nido… yah gak bisa gue pungkiri, El Nido tuh bagaikan paradise menurut gue, kecantikannya masih alami, eksotik, dan nyaris di beberapa spot menyerupai Raja Ampat, batu-batu karst, bukit-bukit bebatuan, pantai pasir putih dengan warna airnya yang super duper biru bening, semuanya lengkap bisa kamu temukan di sini.

Mingalaba !

– El Nido, Palawan Philipina – Juni 2018 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.