Transportasi JetBus dari Adelaide Airport Australia ke Arah Pusat Kota Adelaide

JEJAKLANGKAHKU – Terdapat berbagai alternatif moda transportasi yang dapat kamu gunakan saat mendarat di bandar udara internasional Adelaide di Australia, untuk menuju ke arah pusat kota Adelaide, demikian pula untuk arah sebaliknya. Nah dalam perjalanan gue dari kota Melbourne ke kota Adelaide akhir tahun 2018 lalu, pilihan gue jatuh pada moda transportasi public bus yang dikenal dengan nama JetBus, dengan hanya membayar tiket one way sebesar 5,5 AUD untuk menuju ke hotel gue yang berada di pusat kota, tepatnya di area CBD (Central Business Distric) kota Adelaide.

Perjalanan menggunakan pesawat dari kota Melbourne menuju kota Adelaide di sebelah selatan benua Australia ini ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam menggunakan pesawat udara dengan disuguhi pemandangan yang menurut gue cukup unik, yang jarang ditemui dalam perjalanan ke kota lainnya. Jadi, keputusan gue untuk berkunjung ke kota ini menggunakan pesawat udara memang sudah tepat, karena lokasi kotanya yang lumayan jauh dari kota Melbourne dan pastinya akan cukup melelahkan jika menggunakan transportasi darat (bus atau kereta) disamping tentunya bisa menghemat waktu kunjungan kita.

Welcome to Adelaide Australia

Mendarat di kota Adelaide, maka kamu akan disambut dengan suasana bandar udaranya yang menurut gue sudah sangat modern, bersih dan tertata dengan sangat rapi, bahkan saat ke luar dari area bandara inipun gue sempat kaget melihat desain eksterior bandaranya yang menurut gue nyaris menyerupai desain stadion olahraga hehehe, terkesan sangat modern. Nah langkah selanjutnya adalah mencari informasi cara untuk bisa sampai ke hotel tempat gue menginap yang berlokasi tepat di pusat kota Adelaide. Sebenarnya terdapat banyak moda transportasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kondisi dan budgetmu, diantaranya bisa menggunakan bus, taksi, uber, shuttle bus, dan lain sebagainya. Info lengkapnya bisa kamu baca di website resmi Adelaide Airport berikut ini, klik disini.

Welcome to Adelaide Airport Australia

Berhubung kali ini gue solo trip alias seorang diri saja (yang pastinya sangat tidak memungkinkan untuk sharing cost transportasinya), maka kuputuskan untuk memilih moda transportasi JetBus (atau bus regular) baik itu dalam perjalanan dari Airport menuju pusat kota maupun arah sebaliknya dari pusat kota menuju Airport. Lokasi JetBus ini berada di area sebelah kiri setelah kamu keluar dari pintu terminal kedatangan. Berjalanlah melintasi eksterior bandara yang modern itu dimana terdapat ruang tanpa atap di atasnya serta beberapa kios kecil yang menjual aneka snack dan minuman, dan fokuslah ke arah sisi sebelah kiri dimana kamu bisa melihat sebuah halte bus kecil bertuliskan Adelaide Metro, JETBUS SERVICE (liat foto di bawah ini), nah berjalanlah menuju halte ini, dan tunggu lah hingga JetBus nya siap berangkat di tempat ini.

Gambar atas : Halte JetBus di Adelaide Airport. Gambar bawah : Tiket JetBus Single Trip

Trus gimana cara membeli tiket bus nya ? Tiket JetBus ini bisa kamu beli di sebuah Vending Machine yang berada tepat di pojokan Halte ini. Siapkan uang cash ya gaes, bisa uang logam maupun uang kertas, kemudian pilihlah menu pembelian tiketnya sesuai dengan kebutuhanmu, apakah akan menggunakan tiket multi trip, single trip ataupun pilihan lainnya. Sempat mumet juga gue saat akan mencet-mencet tombol menu pembelian tiketnya, wong banyak amat pilihannya, huaaaaa pucing deh, ditambah lagi, kaga ada petugasnya saat itu, soale waktu kedatangan gue lalu adalah bertepatan dengan Hari Natal, nah kebayang dong para petugas bandara pada liburan kabeh wkwkkww. Untung aja banyak turis lain juga yang pada planga plongo di depan Vending Machine nya, jadi deh kita para turis malah berdiskusi panjang lebar, mau beli tiket yang tipe mana neh hihihi. Akhirnya setelah berdebat dengan beberapa turis dari Jepang, finally kita menemukan tiket single trip dengan harga yang paling murah yaitu 5,5 AUD untuk sekali jalan dari bandara ke arah pusat kota.

Terminal Keberangkatan Adelaide Airport Australia

Sekarang saatnya naik ke bus yang sudah ready dengan drivernya yang berperawakan India yang juga sigap melayani pembelian tiket di atas bus, dhuarrr, tau gitu mendingan langsung beli di atas bus daripada mumet di depan Vending Machine hahaha. Nah drivernya tuh ya ternyata ramahnya minta ampun, jadi satu persatu turis yang naik dari arah pintu depan bus ini ternyata semuanya pada ngajak diskusi dengan drivernya dulu, pada nanya alamat tempat mereka akan turun dan minta supaya diingatkan jika sudah saatnya turun nanti, dan… sang driverpun dengan sigap dan super duper ramah memberikan informasi selengkap-lengkapnya. Jadi deh, kita pada sabar ngantri di depan bus demi untuk nyari info dan nge-cup untuk diturunkan di lokasi masing-masing, huff lega dah akhirnya bisa sampai di pusat kota yang sangat amat sepi karena pada liburan Natalan kabeh, dan melanjutkan perjalanan sekitar 20 menit berjalan kaki sambil geret-geret koper menuju Hotel di area CBD.

Gambar atas : Bus Stop W1 di jalan Currie, menuju ke Adelaide Airport. Gambar bawah : Adelaide Airport

Nah untuk arah sebaliknya dari pusat kota Adelaide ini menuju ke Airport, maka kamu bisa naik JetBus yang sama, yang bisa kamu temukan di sepanjang jalan Currie (Currie Street), satu jalan yang cukup besar dan terkenal di pusat kota Adelaide karena disekelilingnya adalah merupakan area pusat turis dan dekat dengan pusat perbelanjaan di tengah kota. Kebetulan banget hotel gue juga cuma sekitar 200 meter dari jalan tersebut, jadi gue cuma butuh waktu 10 menit untuk jalan kaki dan kemudian mencari halte bus stop berkode W1. Jadi di sepanjang jalan Currie ini terdapat beberapa bus stop ya gaes, dan tidak semuanya menjadi tempat pemberhentian JetBus Bandara ini, so pastikan kamu nunggu di Bus Stop yang ada tulisan kode bus “J1X Adelaide Airport” daripada udah capek-capek jalan kaki sampe ke ujung jalan Currie ini dan ternyata Bus Stop nya berada di ujung jalan lainnya, wekawekaweka, cuapek deh, kaya gue lalu tuh, kelewatan satu Bus Stop saking malah fokus foto-foto di sepanjang jalannya, eeeeh Bus Stopnya kelewatan deh dan akhirnya kudu jalan kaki balik arah lagi sambil ngeret koper yang udah lumayan berat dhuaarrr !

Nah untuk arah baliknya dari Bus Stop ke Bandara, maka pembelian tiket dilakukan di atas bus ya gaes, tepat setelah kamu naik dari arah pintu depan, maka sang driver langsung melayanimu untuk pembelian tiket secara cash di atas bus, setelah semua penumpang yang naik membayar dan mendapatkan tiketnya, barulah bus ini akan jalan menuju bandara dengan tetap berhenti di beberapa Bus Stop lainnya di sepanjang jalan yang dilaluinya. Harga tiket bus nya juga masih sama sekitar 5,5 AUD. Mudah bukan ?

– Adelaide, Australia – Desember 2018 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.