Solo Travelling Keliling Kota Bago, Myanmar

JEJAKLANGKAHKU – Sebagai kota terbesar ke-4 di Myanmar Burma, Bago juga merupakan salah satu kota yang wajib kalian kunjungi saat sedang traveling ke Myanmar, Burma karena menyimpan berbagai tempat wisata bersejarah yang unik serta menarik untuk disimak.

Saat sedang solo traveling ke Myanmar pada akhir tahun 2017 lalu, gue menyempatkan diri untuk berkunjung ke kota Bago dengan mengambil start dari ibukota Myanmar yaitu Yangon, karena pastinya jarak antara kedua kota ini tidaklah terlampau jauh, yaitu sekitar 98 km (sekitar 2 jam perjalanan) jika menempuh jalur darat tanpa lewat tol, atau menjadi sekitar 75 km (sekitar 1,5 jam perjalanan) jika kamu menempuh jalur daratnya melewati jalan tol Yangon – Mandalay.

Bayar 10.000 kyats untuk turis asing yang masuk ke kota Bago

Untuk perjalanan ke kota Bago ini, gue menyiapkan waktu satu hari full untuk keliling kota Bago dengan cara menyewa mobil dari kota Yangon dengan pertimbangan bahwa waktu gue cukup mepet yaitu cuma punya waktu sehari doang, ditambah gue gak mau repot saat keliling di sekitar kota Bago dan harus mencari transportasi public di dalam kotanya, yang pastinya bakal ribet dan tentunya bisa membuang-buang waktu kalo pake tersesat dan harus banyak bertanya. Jadi, setelah cukup lama berdiskusi dengan receptionist di hotel tempat gue menginap di kota Yangon, maka kuputuskan untuk menyewa mobil private untuk keliling-keliling kota Bago dan start dari kota Yangon.

Shewmawdaw Pagoda Bago Myanmar

Kalo dipikir-pikir, biaya sewa mobil seharian pp ini cukup murah gaes, cuma 50.000 kyat atau sekitar Rp 500 ribu, sudah termasuk driver, bensin, biaya tol dan makan driver. Nah gak jauh beda kan sama sewa mobil seharian di Indonesia ? malah lebih murah sih menurut gue karena mobil yang disewa ternyata sedan sodara-sodara wkwkkw, wuih jadi berasa tuan besar deh gue, dianter sopir pribadi merangkap guide pulak hahaha, ok tareeeek mang !

Shwe Tha Lyaung Budha Image, Bago Myanmar

Oiya, kalian juga wajib membayar semacam tax untuk bisa masuk ke kota Bago sebagai wisatawan asing ya gaes, biayanya sebesar 10.000 kyat ato sekitar Rp 100 rb, ewww mahal juga bok. Padahal nih ya, tampang kita kan mirip-mirip orang sana, tapi eh mereka tau juga ya klo kita tuh bukan orang Burma, terbukti saat gue pertama kali masuk ke pagoda nya dan mau beli tiket, nah ketahuan deh kaga bisa bahasa sono, trus diminta liatin passport, yah bayar deh wkwkkw.

Golden Palace Bago, Myanmar

Nah, selama seharian di kota Bago, setidaknya jika kamu ingin mengunjungi tempat-tempat bersejarah di sana dan menikmatinya dengan waktu yang cukup santai, maka kamu bisa berkunjung ke 5 tempat wisata berikut ini dan saat balik ke Yangon kamu bisa minta didrop di Mall Yangon untuk blanja blanji (kemudian balik hostel sendiri ya gaes, drivernya hanya akan drop di satu titik aja di kota Yangonnya saat balik dari Bago. Berikut ke-5 tempat wisata di Bago yang bisa kalian kunjungi selama satu hari penuh :

1. Shewmawdaw Pagoda
2. Hinthakone Hill-Ock
3. Kambawzathardi Golden Palace
4. Shwe Tha Lyaung Budha Image
5. kYaik Pun Pagoda

Hinthakone Hill-Ock, Bago Myanmar

Ulasan cerita di masing-masing tempat wisatanya bakal nyusul ya gaes…. Happy Travelling !

– Bago – Myanmar, Des 2017 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.