Gurihnya Kuliner Khas Cirebon, Empal Gentong Krucuk

empal gentong krucuk cirebon 6-1
Empal Gentong Krucuk, khas Cirebon

JEJAKLANGKAHKU – Salah satu kuliner khas kota Cirebon yang sangat gurih dan sulit untuk dihindari (meski lagi diet berat) adalah Empal Gentong, berupa masakan berkuah santan dengan campuran berbagai bumbu gurih dan potongan daging, baik daging sapi maupun daging kambing, yang telah diolah dengan bumbu kunyit untuk menambah wangi aroma dagingnya. Sebenarnya terdapat 2 (dua) jenis masakan Empal Gentong ini, yaitu Empal Gentong dengan campuran kuah bersantan dan Empal Gentong Asem dengan campuran kuah asam dari buah belimbing wuluh. Dalam trip ke Cirebon kali ini sayapun menyempatkan diri untuk menikmati wisata kuliner kedua jenis Empal Gentong ini dan tentunya dengan mengunjungi 2 (dua) tempat makan Empal Gentong yang sudah sangat terkenal di Cirebon yaitu Empal Gentong Krucuk dan Empal Gentong Amarta.

empal gentong krucuk cirebon 4-1
Empal Gentong Krucuk Cirebon

Disebut Empal Gentong Krucuk, karena lokasi rumah makan Empal Gentong ini berada di daerah Krucuk Cirebon, tepatnya di jalan Slamet Riyadi No.5. Tampilan rumah makan yang terdiri dari 2 (dua) tingkat ini sempat ditutup sekitar 1 jam saat rombongan kami datang, dan mendadak isinya menjadi merah semua (secara rombongan kami berkaos merah semua hahaha), mohon maaf ya pengunjung lainnya gak pada bisa masuk karena sudah kami booking sebelumnya. Saat itu merupakan saat yang tepat berkunjung dan menikmati Empal Gentong ini setelah cukup kelelahan dan kepanasan berkeliling di Keraton Kasepuhan Cirebon dan kami memutuskan untuk menikmati makan siang di Empal Gentong Krucuk ini.

empal gentong krucuk cirebon 3-1
Rombongan berkaos Merah memenuhi Rumah Makan Empal Gentong Krucuk, Cirebon

Cara memesan Empal Gentong Krucuk yang berkuah santan ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing dimana kita bisa memilih jenis potongan dagingnya apakah berupa daging campur (daging dan jeroan), jeroan saja, atau pilihan jenis jeroan dan daging tertentu atau daging saja. Padanan makannya juga bisa dengan sepiring nasi putih ataupun lontong. Biar lebih nikmat, jangan lupa campurkan kecap, jeruk dan sambel keringnya, dijamin rasanya super yummy, gurih, pedas, asem, manis dan panas hahaha !

empal gentong krucuk cirebon 1-1
Empal Gentong Krucuk dan Sate Kambing, yummy

Oiya jika masih belum puas menikmati potongan aneka daging Empal Gentong ini, kita juga bisa memesan sate baik sate kambing maupun sate sapi dengan harga per tusuknya Rp 3.000, sedangkan harga Empal Gentongnya sendiri adalah Rp 18.000 per porsinya, belum termasuk nasi, lontong dan kawan-kawannya ya gaes, silahkan di cek daftar harga menunya di gambar berikut.

empal gentong krucuk cirebon 5-1
Daftar Menu Empal Gentong Krucuk Cirebon

Nah berhubung lunch kami kali ini adalah ditraktir alias makan gretongan, maka kamipun mendadak kreatif memesan lebih dari 1 porsi per orang hahahaha, gak hanya Empal Gentongnya yang dipesan lebih dari 1 porsi, tapi temen-temennya juga gaes, nasinya, satenya, es jeruknya, kerupuknya, lontongnya, de el el, hahaha, lupakan kolestrol sesaat dan enjoy the lunch, yumzzzz !

– Empal Gentong Krucuk, Cirebon – September 2015 –

– My Trip My Happiness –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.