Pilihan Transportasi dari Bandara Phuket ke Kota Phuket bisa dengan Airport Bus Express

airport bus express phuket ticket

Tiket Airport Bus Express dari Bandara Phuket ke area Kota Phuket

JEJAKLANGKAHKU – Lagi jalan-jalan ke Phuket Thailand dan bingung mau naik apa menuju kota Phuket saat tiba di Bandara Internasional Phuket ? Based on my experience saat trip ke Phuket Desember 2015 lalu, moda transportasi dari Bandara Phuket menuju area kotanya memang sudah banyak tersedia, baik berupa private taxi maupun bus umum. Namun tentunya kita harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki karena ternyata ongkos transportnya lumayan mahal. Kenapa demikian? karena jarak bandara Internasional Phuket menuju area kota-nya juga lumayan jauh, yaitu berkisar 45 menit s.d 1 jam perjalanan menggunakan mobil untuk dapat sampai ke area perkotaannya.

Nah ada satu cara praktis dan cukup murah, jika kamu kebetulan berangkatnya cuma sendiri ataupun berdua dengan partner kamu, yaitu menggunakan airport bus express. Sebagai perbandingan, jika kamu menggunakan taxi, maka tarif yang ditawarkan berkisar 500 s.d 600 baht (Rp 400 x 500 = Rp 200 ribu), namun jika menggunakan airport bus express maka harga tiketnya hanya berkisar 100 s.d 200 baht per orang (tergantung rute tujuan anda di kota Phuket, lihat gambar paling atas). Tapi saran saya, jika kalian memang datangnya rombongan hingga 6 atau 10 orang, ya mendingan sewa taxi aja karena jatuhnya akan lebih murah.

airport bus express phuket 1

Suasana di tempat menunggu Airport Bus Express, Bandara Phuket

Berhubung kedatangan kali ini saya berstatus Solo Traveler alias sendirian, maka dengan sangat setia dan sabar, sayapun menantikan kedatangan bus express ini. Oiya, tujuan saya adalah ke area Patong Beach di kota Phuketnya (karena sudah terlebih dahulu memesan Hotel di area yang mirip dengan Kuta Bali ini), maka bus yang ditunggu pun adalah bus yang rute nya ke arah Patong Beach, karena airport bus express ini punya rute masing-masing, jadi setiap bus ada rutenya khusus (perhatikan tulisan di bus nya ya gaes, atau tanyakan ke sopirnya dulu rute bus nya kemana sebelum naik).

Lokasi tempat menunggu bus express ini berada disisi luar gedung kedatangan bandara, lebih tepatnya, berjalanlah keluar dari gedung kedatangan bandara Phuket dan beloklah ke kiri setelah keluar dari pintu kedatangan. Selanjutnya tetaplah berjalan lurus disepanjang trotoarnya, melewati toko kecil (Seven Evelen, kalo gak salah ingat) dan menunggulah di kursi-kursi yang ada di sekitarnya. Kalau kebetulan bus nya sudah ada, maka akan langsung kelihatan bus nya berwarna orange atau bisa juga berbentuk mobil van (mobil untuk travel dengan kapasitas s.d 10 orang per mobil). Sempat bingung juga sih sebenarnya, karena dari info yang pernah saya dapatkan sebelumnya, bus nya adalah ya bus-bus biasa gitu deh dengan kapasitas 50 an orang. Namun ternyata bentuk bus nya memang bermacam-macam, tidak standar, jadi ada yang berbentuk bus beneran (bus besar maksudnya) dan ada juga yang berbentuk mobil min van gitu, semacam mobil travel antar kota yang berkapasitas 8 hingga 10 orang.

airport bus express phuket 2

Phuket Airport Bus Express

Satu hal yang perlu dicatat juga adalah, meskipun bus express ini sudah memiliki jadwal fixed berangkat, tapi kenyataannya tidak sesuai dengan jadwalnya, dan tau gak bro sis, saya bisa dengan setia menunggu bus untuk ke area Patong Beach ini selama 1,5 jam (phewwww…betah banget deh gue sabar menanti, demi ngirit ongkos wkwkwkkw). Untung saat melewati toko Seven Eleven saya sempat membeli camilan snack (yang harganya lumayan mahal di bandara ini, jadi klo gak perlu ngemil mending gak usah belanja disini soale muahaalll booo), jadi sembari sabar menanti kedatangan bus express ini, saya pakai untuk menikmati cemilan snack karena sudah lapar berat. Oiya, jangan kaget jika sedang menunggu lama gini, ada aja sopir-sopir taxi yang akan datang menghampirimu dan menawarkan aneka moda transportasi lainnya dengan harga tawar menawar. Karena saya sudah bertekad bulat naik bus yang murah dan tentunya lebih aman kalo sendirian, maka semua tawaran sopir-sopir ini kutolak mentah-mentah (dengan sedikit bahasa isyarat, soale mereka gak fasih banget berbahasa Inggris).

airport bus express phuket 3

Phuket Airport Bus Express yang menuju ke Patong Beach (gambar atas)

Nah setelah 1,5 jam akhirnya muncullah mobil mini van dengan tulisan Patong Beach disisi pintu masuknya, maka sayapun langsung semangat 45 menuju ke bus ini dan memastikan rutenya lagi ke sopirnya. Begitu sudah jelas ke arah Patong Beach, sopirnya langsung membukakan pintu depan dan mempersilahkan saya menunggu di depan serta membantu menyimpan bagasi koper saya di tempat bagasi mobil. Nah, berhubung saat itu cuma saya satu-satunya penumpang dengan tujuan Patong Beach, maka ternyata masih harus menunggu lagi saat sudah duduk di dalam bus ini, karena targetnya adalah sampai dengan bus ini penuh, baru akan jalan. Jadi deh celengak celenguk lagi di dalam bus selama kurang lebih 10 menit dan untungnya ada rombongan turis asing berjumlah 8 orang yang langsung memenuhi bus ini dan akhirnya berangkat juga.

Sebelum berangkat, sopir bus akan menyerahkan tiket masing-masing dan silahkan membayar tiketnya sesuai dengan rute tujuan kita (beda rute, beda ongkos ya bro sis), untuk rute ke Patong Beach ini harga tiketnya 15o Baht (sekitar Rp 60 ribu per orang). Bus ini akan mampir satu kali saja di area yang masih dekat dengan Bandara, sepertinya merupakan lokasi pooling bus nya, dia akan turun dan menyerahkan semua bukti pembayaran ke kantornya dan kemudian melanjutnya perjalanan lagi. Saat tiba di area Patong Beach, sopir akan menanyakan tujuan kita kemana, dan akan di antar hingga mendekati lokasi tujuan kita (tapi masih dalam area yang searah dengan jalur bus nya ya bro sis). Mungkin karena tipe bus ini yang berupa mobil minivan sehingga masih bisa mendrop penumpang yang jumlahnya sedikit ke lokasi tujuan masing-masing, tapi seingat saya sebenarnya tujuan akhir bus express yang ke arah Patong Beach ini hanyalah di Mall Jungceylon (kalau pake bus yang besar mungkin tidak bisa mendrop penumpang seperti ini dan langsung stop di pemberhentian terakhir Mall Jungceylon). Nah karena hotel saya berada sangat dekat Jungceyleon Mall, maka sayapun meminta didrop di mall ini dan kemudian sedikit berjalan kaki ke arah hotel.

phuket airport bus express 4

Driver Bus Express, teman ngobrol ngalor ngidul sepanjang perjalanan

Gimana rasanya naik bus express ini ? yang jelas lebih nyaman dan tentunya aman ya gaes karena kamu tidak sendirian di dalam mobil. Apalagi saat itu saya berada di posisi kursi paling depan samping sopir, maka puaslah saya mengambil foto dan video suasana pulau Phuket di sepanjang perjalanan ditambah satu hal lagi yang bikin betah selama perjalanan ini, tau gak apa ? Sopir bus nya itu loh, ramaaaahhh banget dan setelah kuperhatikan ternyata lumayan cakep juga bow !!! hahahahah…. #eh #salahfokus

– Solo Traveling, Day 5 – Phuket, Thailand – Desember 2015 –

– My Trip My Happiness –