Berfoto dengan Ikan Cantik di Pulau Menjangan, Bali – Rasakan Sensasinya !

snorkeling menjangan island bali underwater diving

Beautiful underwater Menjangan island Bali

JEJAKLANGKAHKU – Disebut Menjangan, karena di pulau yg tidak berpenghuni ini terdapat banyak kijang/rusa liar berkeliaran. Pulau Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat, berlokasi sekitar 140 km dari Kuta dengan jarak tempuh 3 jam atau lebih dari Denpasar. Untuk sampai ke pulaunya, terdapat 2 akses, yaitu menggunakan perahu dari pelabuhan Labuhan Lalang di Teluk Terima atau dari dermaga kecil di Teluk Banyuwedang (seblahan dengan Mimpi Menjangan Resort), dengan waktu tempuh naik perahu sekitar 20 s.d 30 menit ke pulaunya. Nah berhubung trip saya kali ini adalah private trip dengan mommy tersayang (usia 72 thn tapi semangatnya 27 thn, hahaha), maka kamipun mengambil jalan dari dermaga kecil dekat Mimpi Menjangan Resort. Dari sini dermaganya lebih private, sepi, hanya sesekali datang rombongan turis asing dengan guide masing-masing. Ok, perahu sudah siap, guide sudah datang, sopir perahu sudah siap, dan yg penting…makanan dan camilan juga sudah lengkap (wajib disiapkan karena tidak ada resto di pulaunya). Dan kapal sebesar ini pun berangkat dengan hanya diisi 4 orang, wew…serasa kapal pribadi.

pulau menjangan bali 1

Dermaga Kapal menuju Pulau Menjangan, Bali

 

Letak dermaga kecil ini ada didalam teluk sehingga kami harus berlayar keluar teluk yang tenang ini dulu, menuju lautan luas dan sampai ke pulaunya. Sepanjang perjalanan sebenarnya saya rada kecewa, karena ternyata banyak sekali sampah-sampah berseliweran dilautnya. Sempat was-was juga jangan sampai spot tempat kami akan snorkeling nanti penuh sampah, wah bisa berantakan deh !!! Untunglah pemandangan sampah ini tidak sampai ke pantai pulau Menjangannya, tapi kata sopir kapalnya sih, kalo angin bertiup kencang, bisa sampe juga…waduh sayang banget ya, perlu pembenahan pemerintah daerah setempat nih, mengingat potensi alam wisatanya yg sangat indah dan digemari wisatawan asing.

Tepi pantai Pulau Menjangan sebagian besar berupa tebing-tebing dengan banyak gua-gua kecil dibawahnya. Pemandangan yang unik menurut saya karena baru kali ini menemukan spot snorkeling yg seperti ini. Penasaran sih benernya pengen nyoba masuk ke gua-gua nya, tapi keburu sore jadi gak sempet. Sisi pulau lainnya bisa ditemui dermaga kecil dan pantai pasir putih. Kami sempat berhenti sesaat untuk menyusuri pantainya mencari jejak menjangannya, tapi sayang sekali dikunjungan kami kali ini, menjangannya pada malu-malu semua, gak satupun yang menampakkan diri. Akhirnya kami coba naik ke bukitnya dan ternyata ada pura di atasnya, and…foto session !!!

pulau menjangan bali 2

Latar Belakang Pura & Spot Snorkeling di Pulau Menjangan Bali

 

Nah sekarang tibalah pada acara puncak : nyeburrrr, berenang, snorkling dan free dive, sama satu lagi…underwater foto session…wkwkwk…teteup, gak di darat, di udara, di air…. selfie.com ! Setelah nego dengan sopir kapal, guidenya membawa saya ke 3 spot snorkeling (karena biasanya hanya dapat 2 spot saja, maklum gak mo rugi! ) : spot pertama tepat di depan Pura, nyebur langsung dari boat, dan amazingnya adalah, cuma kami sendiri yg snorkeling disini, jadi serasa pulau pribadi, hihihi. Mommy aja sampe penasaran ingin nyebur dan berakhir dgn duduk ditangga kapal sembari kakinya yg nyebur ke laut. Air lautnya sangaaat bening, jernih, dan tenang.

Spot snorkeling ke-2 adalah start dari pantai tempat kijang/rusa tadi, jadi langsung berenang dari pinggir pantai ke arah lautnya sekitar 1,5 km sembari bersnorkeling. Seru juga sih, nguras energi, skalian olahraga, gue ngumpet brenangnya dibelakang guide gue, ngikutin dia. Spot ke-3 nya start dari tengah laut, pake kapal jalan lagi sekitar 500m dan nyeburnya dari kapal.

pulau menjangan bali 3

Underwater Pulau Menjangan Bali

 

Mau tau gambaran underwaternya? Seruuuu…karena pulau Menjangan ini kontur underwaternya adalah berupa palung/tebing/wall dengan kedalaman hingga 60 meter. Jadi kalo sedang snorkeling dari arah pantai/pulau menuju ke lautnya, jangan kaget kalo tiba-tiba yang dilihat dibawah lautnya menjadi gelap/biru tua, karena mendadak langsung dalem banget. Selain itu, didasar lautnya juga banyak banget lubang-lubang/gua-gua kecil. Sempat beberapa kali free dive ke dasarnya untuk melihat lebih dekat, serem-serem gimanaaa gitu rasanya hahaha. Kebayang aja kalo ada arus didasarnya trus kita terjebak masuk, waaaaa…bisa tamat deh !

Seperti kata guideku : “mba gua yg didalam itu nanti tembusnya di gua sebelahnya, masuk aja mbak, ntar keluarnya seblah sana” …maksud loeeee ???? Oiya, nama guideku Ketut, orangnya super ramah, suka cerita, suka ngoceh, untung ada mommy yg bisa nemenin dia ngoceh wkwkkww. Btw thanks to him, berkat kreasi2nya, bisa menghasilkan foto-foto underwaterku yang heboh, termasuk bikin bubble-bubble…waaa kreatif sekaleeee, meski ternyata akhirnya dia curhat ke mommy : “waaa foto lagi, foto lagi” wkwkwkkw. Oiya biota lautnya sangat beragam, ada belut moray, batfish, angelfish, kerapu dan yang  paling aku sukai adalah bintang laut berwarna biru (berbeda dgn jenis bintang laut yang ada di pulau pasir Belitung).

pulau menjangan bali 4

Biota Bawah Laut Pulau Menjangan, Bali

 

Nah berhubung hari sudah sore, ditambah awan gelap tebal sudah nongol di atas kapal, hujan udah rintik-rintik, aku yg masih asik snorkeling udah mulai terdorong oleh arus ombak, ditambah teriakan mommy untuk segera naik ke kapal, maka usailah sudah petualanganku di Pulau Menjangan hari ini. Yang jelas : belum puas ! kudu balik lagi next time untuk ngebolang dikedalaman 20 meter alias….diving. Yes, next trip will be scuba diving !!!

 

– Pulau Menjangan, Bali – Desember 2014 –

– I Love The Blue of Indoensia –

– My Trip My Happiness –

Comments (10)

  1. Kk Sonya, sayang sekali aku tidak bisa berenang. Pengin deh merasakan kecantikan ikan di habitat aslinya

    • rasanya sama koq waktu di Gili Trawangan lalu…seru…hehehe…pasti bisalah bro Epy Ponco …

  2. This info is worth everyone’s attention. How can I find out more?

  3. You can visit the travel agent website : http://www.wisatabaliku.com. I’ve used this travel agent when visiting Menjangan Island on Dec 2014.

  4. I blog quite often and I really appreciate your information. The article has really peaked my interest.
    I will book mark your site and keep checking for new details about once per week.

    I subscribed to your RSS feed as well.

  5. Thank you Pulau Tidung…. 🙂

  6. Hi friends, nice piece of writing and pleasant arguments commented here, I am in fact enjoying by these.

  7. Well

  8. test

Add Comment