Museum Kata Andrea Hirata : "mereka yang dapat menghargai kata-kata, akan dihargai dalam kehidupan ini"

museumkata1

Area Ruangan Depan Museum Kata Andrea Hirata

JEJAKLANGKAHKU – Apalah arti sebuah kata? Ungkapan ini sudah sering terdengar dan sepertinya menjadi sesuatu yang biasa saja. Namun berbeda halnya dengan makna kata-kata yang saya temui pada saat berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata di Belitung, karena bagi dia, mereka yang dapat menghargai kata-kata akan dihargai oleh kehidupan ini (“those who can appreciate words, will be appreciated by life“)

museum kata andrea hirata2

Dokumentasi foto-foto & Quotes Andrea Hirata – Museum Kata

Museum Kata ini terletak di Jalan Laskar Pelangi No.10 Desa Gantong Belitung Timur, tepatnya sekitar 110 km dari Tanjung Pandan. Dibutuhkan kurang lebih 2 s.d 3 jam perjalanan dengan mobil dari Tanjung Pandan untuk dapat sampai ke Museum ini. Jadi, siapkan waktu khusus satu hari agar dapat menjelajah dengan puas di sekitar wilayah Belitung Timur. Museum Kata ini dibangun oleh Andrea Hirata pada tahun 2010 dan merupakan Museum Sastra pertama di Indonesia yang hingga saat ini sudah sangat terkenal ke seluruh penjuru dunia.

museum kata andrea hirata3

Pajangan koleksi buku Laskar Pelangi & Kupi Kuli di Museum Kata

Desain museum ini dibuat tematik sesuai dengan tokoh-tokoh yang ada di Laskar Pelangi, mulai dari sang Ayah, Lintang, Mahar, dst. Dibeberapa sudut ruangannnya menampilkan foto-foto sang aktor dalam kisah Laskar Pelangi lengkap dengan cuplikan-cuplikan halaman ceritanya, potongan-potongan cerpennya serta dokumentasi penghargaan-penghargaan yang sudah pernah diraihnya.

museum kata andrea hirata4

Souvenir Museum Kata Andrea Hirata

Jika kita melangkah masuk lebih jauh ke sisi ruangan di dalamnya maka akan ditemui sudut Warung Kopi dengan tema “Kupi Kuli” dimana kita juga bisa memesan dan menikmati kopi khas Belitung tersebut yang menjadi kesukaan tokoh Andrea Hirata seperti terungkap dalam salah satu tulisannya : “Semakin dalam berkubang didalam warung kopi, semakin ajaib teman-temanku”. Kopi bagi orang Melayu bukan hanya sekedar air gula berwarna hitam, tapi pelarian dan kegembiraan. Segelas kopi, bak dua belas teguk kisah hidup…wew !

Setelah puas mempelajari setiap makna kata-kata dalam museum ini, kita juga dapat berbelanja original souvenir Laskar Pelangi yang digelar di dekat pintu masuk Museum ini, diantaranya baju kaos dan CD lagu Laskar Pelangi.

andrea hirata belitung desa gantung

CD Laskar Pelangi – Museum Kata

Satu hal yang sangat menginspirasi saya setelah berkunjung ke Museum ini adalah ungkapan kata-katanya yang tertuang dalam salah satu lagu Laskar Pelangi yaitu : “Pantang Menyerah, Berani Bermimpi … kami Laskar Pelangi”. Semoga hal ini dapat menjadikan saya sebagai salah satu Laskar Pelangi di manapun saya berpijak untuk senantiasa pantang menyerah, gigih dalam mengapai mimpi-mimpi dan semoga Museum Kata ini juga dapat memberikan inspirasi-inspirasi positif bagi pengunjung lainnya, sesuai Tema dari Museum ini : “Indonesia’s Most Inspiring Museum

museum kata andrea hirata5

Museum Kata Andrea Hirata

– Belitung Timur, Mei 2014 –

– My Trip My Happiness –

Artikel terkait Belitung :

  1. Tebing Granit Menyerupai Dermaga Kapal, hanya di Pantai Penyabong Belitung
  2. Yuk Terdampar di Pulau Mungil Cantik, Pulau Pasir Belitung
  3. Pulau Babi Kecil Belitung, Surga Bawah Laut yang Sering Terlewatkan
  4. Wisata Hopping Island Belitung, mampir di Pulau Batu Berlayar

Add Comment