Rasakan Nuansa di bawah laut Amed Beach Bali, eksotis, keren & kreatif, Bali Bagus !

diving jumuluk amed 0

Patung Mermaid Bodyshop – Amed Beach Bali

JEJAKLANGKAHKU – Kalau biasanya kita menikmati Bali dan keindahan patung-patungnya di darat, ternyata ada beberapa spot underwater di Bali yang juga menyajikan keindahan dan eksotisme Bali berupa patung-patung tetapi lokasinya berada di dasar laut. Jika anda adalah penggemar olahraga underwater, maka salah satu spot diving atau snorkeling untuk menikmati keindahan patung-patung tersebut adalah di Amed Bali.

diving jumuluk amed 4

Persiapan Diving di tepi pantai Amed Bali

Pantai Amed terletak di ujung timur pulau Bali, di Desa Amed, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Perjalanan ke Amed dapat ditempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dengan kendaraan dan berjarak 85 km dari Denpasar. Wilayah Amed dulunya terkenal dengan produk garam lautnya yang dibuat secara tradisional, sekarang Amed dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya sehingga menjadi tujuan wisata bahari yang sangat populer dikalangan wisatawan asing.

jemeluk amed hotel bali scuba diving freedive patung underwater

My Guide @Amed Beach Bali

Seperti diulasan artikel saya sebelumnya, dimana di lokasi Amed ini kita juga bisa menikmati watersport snorkeling ataupun diving di atas Kapal Karam Japanese, maka tidak jauh dari lokasi Kapal Karam tersebut (kurang lebih 5 menit naik mobil), terdapat satu spot diving yang menyajikan pemandangan patung-patung indah bawah laut ini. Akses untuk menuju spot divingnya juga sama, yaitu dari bibir pantai Amed, jadi tidak perlu menggunakan boat, cukup berenang dari tepi pantainya yang berpasirkan pasir hitam dan bebatuan kecil, namun dengan air yang sangat tenang dan bersih jernih.

diving jumuluk amed 1

Entry Beach Diving – Amed Beach Bali

Gimana sih rasanya diving dikelilingi patung-patung gitu ? Bagi saya yang baru pertama kali diving dengan nuansa patung-patung ini, rasanya sih bombastis ya, seru dan juga cukup menegangkan, kenapa?

Pertama, karena saat awal kita berenang dari tepi pantai, maka yang tampak oleh mata kita di dasar lautnya hanyalah pasir dan bebatuan. Sempat sedikit panik juga karena memang awalnya tidak terlihat sedikit terumbu karang ataupun sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian saya dari sekedar peralatan diving yang cukup rumit ini.

Kedua, visibility underwater pada saat diving lalu di bulan Desember, cukup buram dengan jarak pandang yang sangat pendek juga menambah sedikit kepanikan, hahaha ! tapi apa mau dikata, sudah niat, nekat dan wajib kudu bayar, jadi ya lanjut aja !

Dan ketiga, meskipun sudah sempat googling dan melihat beberapa foto patung yang akan saya temui di dasar lautnya, ternyata cukup kaget juga melihat beberapa patung yang jika diperhatikan lebih dekat wajah patungnya, cukup seram juga, ditambah dengan visibitily (jarak pandang) di dasar lautnya yang rada burem dan gelap, yaaaa bisa dibayangkan deh suasananya serem-serem menantang & menyenangkan gimanaaaa gituuuu !

jemeluk amed hotel bali scuba diving freedive patung underwater

Patung di dasar laut Amed Beach Bali

Beberapa patung yang bisa dijumpai saat penyelaman adalah sebagai berikut :

  1. Ada Kotak Pos di dasar lautnya : Kotak Pos ini adalah milik PT Pos yang memang sengaja di letakkan didasar laut Amed yang merupakan Kotak Pos dasar laut pertama di Indonesia dan ke dua di dunia setelah perairan Australia (sumber : regional.kompas.com Sep 2011). Patung Kotak Pos ini tidak hanya sekedar patung, tapi beneran bisa dipakai untuk mengirim surat bahkan sampai ke luar negeri. Gimana caranya, ya bekerjasama dengan para penyelam disekitar Amed Bali ini dan menggunakan cap & amplop khusus kedap air, wew keren & kreatif. Ongkos kirimnya juga murah hanya Rp 10.000.diving jumuluk amed 2 
  2. Patung wanita menyerupai putri duyung, sedang membawa sesuatu ditangannya, sepertinya karang laut, cantik deh ! Patung Mermaid ini ternyata adalah patung yang sengaja diletakkan oleh Bodyshop bekerjasama dengan Marine Foundation dan The Reef Check Indonesia sebagai upaya memanfaatkan seni untuk penyelamatan terumbu karang yang merupakan tempat pembibitan ikan dunia dan pencegah erosi pantai (sumber : tribunnews.com, 28 Mei 2013).
  3. Patung Barong Bali, yang saya temui ada 2 patung, satu dengan mulut tertutup dan satu lagi dengan tampilan mulut terbuka. Nah ini dia cukup serem ngeliatnya. Untung saya melihat dan memperhatikan seksamanya pas udah di darat, saat di dasar laut hanya melihat sepintas, bisa panik kali klo nyadar serem ya ….hahaha.diving jumuluk amed 3
  4. Patung kepala manusia serta beberapa patung-patung kecil lainnya. 

Oiya jangan lupa membawa kamera underwater untuk mengabadikan keindahan patung-patung tersebut, atau jika tidak punya, bisa sewa di Dive Centernya.

Jadi, jangan tunda lagi, ayo berwisata ke Bali dan nikmati keindahan lokasi seputar Karangasem Amed Beach Bali !

– Amed Beach Bali, Desember 2014 –

– I Love The Blue of Indonesia –

Artiket terkait lainnya :

  1. Snorkeling & Free Dive di atas Kapal Karam, berjuta rasanya !
  2. Eng ing eng…dan Belut-Belut lautpun menghadangmu, so what? kabur or lanjut ?

Comments (8)

  1. Wah waktu menyelam di sana belum ada patung-patung ini. Menarik sekali. Terimakasih informasi-nya 🙂

    • Itu artinya bakal kembali ke Amed lagi mba…your welcome…

      • Maunya sih 😀 kalau bisa ya pengennya tiap weekend ke Bali buat nyelam…Sayang kejauhan 🙁

  2. Iya benerrr… 😀 andai Bali sedekat Pulau Seribu, tiap wiken deh dikunjungi…

  3. Artikel yang sangat menarik ttg wisata Amed.apalagi foto2nya super keren. Saya anak Amed, sangat berterima kasih karena penulis sudah menyebarkan cerita ttg keindahan alam bawah laut Amed. Silahkan mampir , kalau penulis main ke Amed lagi. sambil ngopi kita bisa share cerita perjalanan penulis dan saya bisa memberi feed back tambahan ttg Amed. salam kenal dan terima kasih. selamat menjelajah.

    • Sama sama bli…saya masih penasaran koq dgn Amed, blum puas jelajah semuanya dan pasti akan balik suatu saat nanti. Semoga kita bisa bertemu nanti…

      • “siap menyambut mu kembali ke Amed dengan penuh kehangatan dan persaudaraan.Ditunggu artikel selanjutnya. silahkan add Komang Bajing di FB atau follow twitter TAMAN BEBEK HITA . kita crita crita lagi nanti ..

  4. Reblogged this on EAST BALI VISION and commented:

    Amed, pesonamu selalu membuat para pelancong datang untuk menjamah dan mereguk keindahanmu.Datang dan pergi untuk sebuah pengakuan ttg kekaguman mereka kepadamu. Kan kujaga keindahanmu walau banyak kumbang kumbang nakal menghisap madu-madumu.

Add Comment