Siapa sangka bisa bertemu Biawak di Pulau Putri Kepulauan Seribu

wisata pulau putri timur pulau seribu jakarta
Akuarium Bawah Laut Pulau Putri, Kep.Seribu

JEJAKLANGKAHKU – Gak nyangka bisa ketemu makhluk raksasa menyerupai kadal ini ketika sedang menjelajah Pulau Putri Timur di Kepulauan Seribu. Bagaimana tidak, sejak kapal kami merapat di dermaga Pulau Putri ini, yang terbayang dibenak saya adalah suatu pulau resort yang indah dengan keunikan akuarium under waternya yang sangat terkenal dan pantainya yang jernih dan bersih. Semuanya memang ada di Pulau ini dan dengan tambahan surprise tadi itu, bisa bertemu dengan biawak-biawak yang berkeliaran baik di dalam pulaunya maupun di tepian pantainya, khususnya spot pantai yang banyak pohon-pohonnya, seru juga bisa tiba-tiba nongol dihadapan kita.

pulau putri kepulauan seribu c
Biawak di Pulau Putri Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Putri merupakan salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Seribu, dimana pulau ini termasuk dalam kategori pulau resort, tidak berpenduduk karena pulau ini adalah milik private. Fasilitas yang tersedia di pulau ini sangat lengkap, mulai dari hotel, restoran, toko, kolam renang, tempat bermain anak-anak, akuarium bawah laut, pantai private, spot snorkeling di tepian pantai, hingga berbagai water sport lainnya (banana boat, jetski, dan sebagainya).

pulau putri kepulauan seribu a
Icon Patung dan Resort di Pulau Putri Kepulauan Seribu Jakarta

Untuk berwisata ke pulau ini, maka jika kita ingin menginap disini haruslah membeli paket wisata termasuk didalamnya hotel penginapan dengan semua fasilitasnya termasuk makan pagi, siang dan malam. Biasanya paketnya dihitung per jumlah orang per hari (bisa dicek langsung di website terkait). Sedangkan jika tidak ingin menginap disini, wisata ke pulau ini bisa kita lakukan dengan kunjungan satu hari saja dan membayar tiket masuk ke pulaunya sebesar Rp 50.000 per orang (sudah termasuk tiket untuk masuk ke akuarium bawah lautnya).

pulau putri kepulauan seribu b
Akuarium Bawah Laut di Pulau Putri Kepulauan Seribu Jakarta

Satu hal yang unik di pulau ini yaitu adanya akuarium bawah laut sepanjang kurang lebih 10 meter yang terletak di kedalaman 4 s.d 5 meter di bawah permukaan laut. Saat kapal merapat ke dermaga Pulau Putri ini maka kita bisa melihat terowongan akuarium ini dari atas dermaga. Jalan masuk menuju akuarium ini adalah melalui tangga yang terletak di setiap ujung terowongan akuariumnya. Nah apa saja yang bisa dilihat disini? Hasil pengamatan saya yang bisa juga kita lihat dari sisi atas akuarium ini (dari tepian dermaga) adalah banyaknya terumbu karang dan biota-biota laut yang sengaja dikembangbiakkan disekitar area akuarium ini. Semuanya disusun rapi dalam satu area disekitar akuarium dan dibatasi dengan pagar pada sisi lautnya agar tidak keluar ke bagian laut lepas. Nuansa yang saya rasakan sebenarnya sama dengan ketika sedang melakukan snorkeling ataupun free dive yaitu bisa menyaksikan langsung terumbu karang serta binatang-binatang yang ada didasar laut. Bedanya dengan diterowongan akuarium ini adalah kita tidak perlu basah-basahan karena harus berenang atau snorkeling di laut, tapi cukup dengan berjalan santai di sepanjang terowongan akuarium dan bisa mengamati dengan seksama terumbu dan binatang-binatang laut yang ada didasar laut Pulau Putri. Salah satu biota yang sempat nongol menyambut saya adalah Bulu Babi, tepat melekat dan menempel di kaca akuarium saat saya akan berfoto. Coba seandainya beneran di dasar laut, dijamin mendingan menghindar daripada bermain dengannya hehehe.

pulau putri kepulauan seribu d
Tepi Pantai Pulau Putri Kepulauan Seribu Jakarta

Luas Pulau Putri Timur tidak begitu besar, hanya diperlukan waktu beberapa menit untuk dapat mengitari keseluruhan sudut pulau ini. Disepanjang pantainya bertebaran rumah-rumah resort yang dilengkapi kursi-kursi santai di tepian pantainya. Tidak semua pantai di sudut pulau ini bisa sebagai tempat berenang, namun hanya beberapa spot saja yang memang diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin berenang atau sekedar bermain-main di pantainya. Namun demikian, tetap harus waspada dengan beberapa biota laut yang berbahaya, seperti bulu babi, ikan pari dan ikan lepuh atau ikan batu, karena bisa mengeluarkan semacam racun yang berbahaya bagi manusia.

pulau putri kepulauan seribu e
Waspada saat akan terjun ke laut

Bagi penggemar olahraga menantang, diving, juga tersedia fasilitas Dive Shop dan dapat melakukan diving disekitar Pulau Putri ini.

pulau putri kepulauan seribu f
Dive Shop di Pulau Putri Kepulauan Seribu Jakarta

Ditengah pulau ini juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang yang lumayan besar ukurannya dengan airnya yang sangat biru dan bersih. Hanya saja, pada saat kunjungan kami, tidak ada satupun tamu yang memanfaatkan fasilitas kolam renang ini karena tamu yang pada umumnya wisatawan asing tersebut tentunya lebih memilih menikmati berenang langsung di pantainya. Selain itu pula, jika berwisata dengan keluarga khususnya membawa anak-anak, juga tersedia spot disisi tepi pantainya yang dilengkapi dengan beberapa mainan anak-anak.

– Pulau Putri Timur, Kepulauan Seribu – April 2015 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

Artikel terkait :

Snorkeling di Pulau Putri Kepulauan Seribu, Waspada Bulu Babi & Ikan Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.