Berebut Daerah Teritori di Pulau Gusung (Pasir), Awas Kena Patuk Ikan Betok

wisata pulau seribu jakarta beach snorkeling

Pulau Pasir (Pulau Gusung), Kepulauan Seribu

JEJAKLANGKAHKU – Bagi yang suka wisata dan jelajah pulau, maka biasanya sudah tidak asing lagi dengan pulau gusung atau pulau pasir. Pulau ini sebenarnya adalah hamparan atau gundukan pasir dengan ukuran area yang cukup luas hingga menyerupai satu wilayah pulau sendiri, yang menjorok ke atas permukaan laut jika air laut sedang dalam keadaan surut. Sedangkan jika kondisi air laut pasang, maka pulau pasir inipun bisa mendadak hilang dari pandangan mata karena tenggelam dibawah laut. Oleh sebab itu, jika ingin mampir ke pulau ini harus tahu kapan saat yg tepat untuk berkunjung.

pulau gusung kepulauan seribu a

Tepi Pantai Pulau Pasir, Kepulauan Seribu Jakarta

Selain pulau pasir yang pernah saya temui di Belitung, maka tidak jauh dari Jakarta, tepatnya dalam wilayah Kepulauan Seribu, juga banyak ditemui pulau seperti ini, salah satu diantaranya saya temui dalam rangkaian wisata ke pulau Harapan. Jika dilihat sepintas tampaknya sih biasa saja, hanya berupa hamparan pasir putih yg tidak terlalu luas, ditambah dengan teriknya matahari kala siang hari terkadang membuat malas untuk mampir di pulau ini. Satu hal yg mendorong saya untuk mampir adalah keunikan dari pasir putihnya dengan butiran pasir yang sangat halus dan warnanya yang sangat putih mengkilat, berbeda dengan pulau pasir di Belitung dimana warna pasirnya lebih kecoklatan dengan butiran yang lebih kasar.

pulau gusung kepulauan seribu b

View Pulau Gusung/Pulau Pasir di Kepulauan Seribu Jakarta

Nah mari kita ekspor, ada apa saja sih di pulau pasir ini?

  1. Yang jelas, spot cantik di pulau ini sangat bagus untuk kegiatan foto-foto, bahkan jika pas momentnya bisa mampir disini saat menjelang sunset ataupun menyongsong matahari terbit.
    wisata pulau seribu jakarta gusung

    Pulau Pasir, Kepulauan Seribu

     

  2. Selain itu, karena pantainya berpasir putih dengan airnya yang sangat bening dan jernih, maka kita juga bisa berenang ditepian pantainya. Dasar lautnya berpasir putih dengan beberapa tebaran tumbuhan laut yg nampak berwarna kehitaman jika dilihat dari atas air. Ingat, tetap waspada dengan bulu babi, karena setelah saya perhatikan dibeberapa area juga masih bisa ditemui bulu babi ini. Selain itu pula, jangan berenang terlalu jauh ke arah laut lepas, perhatikan warna air lautnya, jika sudah mendekati warna air laut yg lebih gelap atau lebih biru tua, maka itu pertanda sudah dalam, hati2 jangan sampai terperosok ke dalam.
    pulau gusung kepulauan seribu c

    Pulau Gusung Kepulauan Seribu Jakarta

     

  3. Hal unik lainnya adalah, banyaknya ikan-ikan kecil berwarna keputihan dengan totol-totol hitam di badannya. Saat menginjakkan kaki ke dalam air di tepi pantainya, maka ikan-ikan ini akan beramai-ramai menyambut kita. Awalnya saya sempat senang melihat penyambutan ini, tapi ternyata bukan penyambutan yang saya terima, tapi perlawanan, karena ternyata jenis ikan yang disebut dengan nama Ikan Betok oleh warga sekitar pulau ini, adalah jenis ikan yang sangat sensitif dengan wilayah teritorinya, sehingga jika ada sesuatu masuk ke dalam wilayahnya, maka dia akan menyerang kita. Nah yang menjadi sasaran empuk adalah betis kita tentunya….hahaha.. suer saya sempat kaget karena kena patuk-patuk ikan ini. Untungnya patukannya tidak melukai, hanya mengagetkan saja. Bayangkan, ikan ini jika kita dekati bukannya lari seperti ikan-ikan kecil pada umumnya, tapi justru malah menantang kita, mendekati kita dan kemudian mematuk kaki kita hahahaha. Ikan yang unik dan lucu !
    wisata pulau seribu jakarta gusung

    Ikan Betok di Pulau Gusung, Kepulauan Seribu

    – Pulau Gusung (Pulau Pasir) – Kepulauan Seribu – April 2015 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

Comments (2)

  1. Pulau Pasir ini memang keren! Kami pernah bawa calon pengantin dari Kalimantan untuk foto pre wedding di sini.

    Semoga kecantikannya terjaga

    • Iya betul…pulau ini gak kalah indah dgn pulau pulau pasir yg ada di luar jawa… cantik deh hehe

Add Comment