11 Aktivitas Menyenangkan di Gili Trawangan Lombok, Holiday in Paradise

wisata gili mataram pulau lombok meno air
Tepi Pantai Hotel Vila Ombak – Gili Trawangan Lombok

JEJAKLANGKAHKU – Holiday in Paradise, yup semuanya ada di sini, di Gili Trawangan Lombok ! Tidak pernah bosan untuk mampir ke gili mungil nan indah ini, bahkan sudah 3x saya mengunjunginya dan tidak kapok-kapok, alias masih mau balik lagi next time hehehe. Gili Trawangan merupakan salah satu gili (pulau) yang berada dalam kawasan 3 gili indah di Lombok dan merupakan gili dengan luas terbesar diikuti gili lainnya yaitu Gili Meno dan Gili Air. Saat akan mendarat di Bandara Internasional Lombok, jangan lupa siapkan kamera dan kalo pas duduknya di pesawat di sisi sebelah kiri, maka bisa langsung membidik kamera dan menangkap view 3 gili dari ketinggian beberapa ratus ribu meter sebelum mendarat.

wisata gili meno air mataram senggigi
Gilis Lombok from Garuda Indonesia
wisata gili lombok meno air
Vila Ombak – Gili Trawangan Lombok

Seperti wisata ke pulau-pulau cantik pada umumnya, jika tujuan wisata kita ke Gili Trawangan maka yang harus kita persiapkan dan patut ditanamkan dalam benak kita adalah wisata dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan ait, laut dan pulau. Jadi, siapkanlah segala sesuatunya terkait dengan hal tersebut, seperti : sun block, sandal pantai, baju renang, fin, snorkle, swim suit, ransel, dan seterusnya. Tapi jangan kawatir jika lupa membawanya karena semuanya bisa dibeli saat masih berada di sekitar Mataram atau Senggigi Lombok, bahkan di Gili Trawangannya pun tersedia semuanya (tapi dengan harga yang lebih mahal tentunya).

wisata gili meno air mataram senggigi
Tepi Pantai Gili Trawangan Lombok
wisata gili meno air mataram senggigi
Permainan Catur di Vila Ombak Gili Trawangan

Nah supaya liburannya menyenangkan, berikut 11 Tips Aktivitas Menyenangkan yang bisa kita lakukan selama wisata di Gili Trawangan Lombok :

  1. Berenang di Pantai : namanya juga ke gili, ya pastinya dikelilingi dengan pantai dan air laut yang jernih, bersih dengan warna birunya yang berdegradasi mulai dari biru keputihan di tepi pantainya yang berpasir putih, kemudian menjadi biru muda dan semakin menjorok ke arah laut maka warnanya pun menjadi biru tua dengan kedalaman yang semakin tinggi. Jika sedang berenang, perhatikan batasan area tepi pantainya yang memang diperbolehkan untuk berenang, biasanya ditandai dengan tali-tali dan balon-balon kecil yang mengambang di atas air laut yang menandakan batasan lautnya yang semakin dalam dan berbahaya. Jangan sampai melewati batasan tersebut !
    wisata gili meno air mataram senggigi
    Tepi Pantai Gili Trawangan Lombok

     

    wisata gili meno air mataram senggigi
    Bersantai di tepi pantai Gili Trawangan Lombok

     

  2. Water Sport : olahraga dan permainan air. Disepanjang pantai Gili Trawangan banyak agen-agen travel maupun hotel-hotel yang menawarkan paket water sport ini, mulai dari Banana Boat, Kayak, Jet Ski, Mancing, Water Skiing, Paddle Board, Surfing, dan sebagainya. Tinggal milih mana yang disukai dan tentunya disesuaikan dengan budget yang kita miliki.
    wisata gili meno air mataram senggigi
    Water Sport Gili Trawangan Lombok

     

  3. Snorkeling : spot snorkeling yang paling bagus adalah dengan cara hopping island ke 3 gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Kenapa harus hopping island ? karena sayang kalau cuma menikmatinya di Gili Trawangan saja sedangkan 2 gili lainnya yaitu Gili Meno dan Gili Air lokasinya dekat sekali dengan Gili Trawangan, bisa dilihat langsung dari tepi pantai Gili Trawangan. Nah ada 2 cara untuk bisa menikmati snorkeling di 3 gili ini yaitu dengan ikut tur hopping island dimana kita gabung secara beramai-ramai dengan peserta lainnya dalam satu boat yang sama dan akan diantar menuju spot-spot snorkeling. Atau dengan cara menyewa boat secara private untuk menuju ke 3 gili tersebut, tentunya dengan harga yang lebih mahal karena 1 boat dipakai sendiri secara private.
    wisata gili lombok meno air
    Snorkeling di Gili Trawangan Lombok

     

  4. Diving : jika sudah memiliki license diving, bisa langsung order untuk join diving di Dive Center yang banyak bertebaran di sepanjang Gili Trawangan ini. Tapi jangan kawatir jika belum memiliki license tapi ingin mencoba diving di sini, bisa mengambil paket Discovery Scuba Diving. Untuk paket fun dive ini biasanya kita akan di training selama kurang lebih 2 jam, baik teori maupun praktek langsung mencoba menggunakan peralatan diving dan latihan diving di kolam renang yang memang sudah disiapkan  untuk latihan diving di Dive Centernya. Oiya, biaya divingnya jangan lupa untuk nego ya, karena biasanya tarif diving untuk wisatawan lokal akan lebih murah dibanding untuk wisatawan asing. Lumayan bisa hemat beberapa ratus ribu loh !
    wisata gili lombok meno air
    Trawangan Dive – Gili Trawangan Lombok

     

    wisata gili lombok meno air
    Trawangan Dive – Gili Trawangan

     

  5. Bersepeda keliling Gili : peraturan yang diterapkan di gili-gili ini adalah tidak diperkenankan ada kendaraan bermotor, sehingga satu-satunya kendaraan yang boleh lalu lalang di gili hanyalah sepeda dan cidomo. Sewalah sepeda dan cobalah menjelajah seluruh pelosok Gili Trawangan, bahkan kalau sanggup, kelilingi aja gilinya biar puas. Info dari guide saya, hanya perlu menempuh jarak sekitar 7,5 km untuk mengelilingi Gili Trawangan ini, mudah bukan?
    sepeda gili trawangan-1
    Bersepeda di Gili Trawangan Lombok

     

  6. Naik Cidomo : cidomo adalah andong yang ditarik oleh kuda dan dikendarai oleh kusir, masyarakat sekitar Gili Trawangan menyebutnya cidomo. Jadi selain sepeda, ada juga cidomo yang diperbolehkan lalu lalang di gili ini. Kita bisa menyewa cidomo untuk jalan-jalan mengitari seluruh Gili Trawangan. Biayanya lumayan mahal juga sih sekitar Rp 150 ribu (tahun 2013) untuk keliling gili. Cidomo ini juga menjadi kendaraan pengangkut barang atau koper kita saat baru merapat ke gili dan mengantarkan kita ke hotel. Tapi ya itu tadi, tarifnya yang cukup mahal bisa jadi pertimbangan kita untuk membawa barang bawaan sendiri jika tidak berat dan berjalan tidak terlalu jauh untuk sampai ke hotel. Jika terlanjur membawa barang banyak dan tidak kuat mengangkutnya, apalagi jika jarak hotel dengan dermaga kapal cukup jauh, ya pakailah cidomo.
    wisata gili meno air mataram senggigi
    Cidomo Gili Trawangan Lombok

     

  7. Jalan Santai atau Lari : bagi penggemar olahraga jogging atau lari, saat yang tepat untuk melakukannya adalah di pagi hari saat menjelang sunrise ataupun di sore hari saat menjelang sunset, karena pada saat-saat inilah matahari tidak terlalu panas menyengat sehingga sangat segar untuk melakukan aktivitas tersebut sembari mengitari jalan setapak di sepanjang gilinya. Oiya jangan lupa membawa sepatu kets dan topi agar lebih nyaman melakukannya.
    wisata gili meno air lombok
    Tepi Pantai Gili Trawangan Lombok

     

  8. Fotografi : kalau untuk yang satu ini bisa saya akui pasti tidak bakal kehabisan obyek untuk difoto, baik disisi daratnya (sisi pulau), sisi pantai dan lautnya, maupun sisi underwaternya, semuanya bisa diabadikan dengan kamera yang kita miliki.
    wisata gili meno air lombok
    Tepi Pantai Gili Trawangan Lombok

     

    wisata gili meno air mataram senggigi
    Tepi Pantai Gili Trawangan Lombok

     

  9. Berkuda : saat ini terdapat 2 istal yang paling terkenal di Gili Trawangan yaitu Sunset Stables dan Stud Stables. Kita dapat mengatur acara berkuda yang kita inginkan, apakah start dari hotel tempat menginap ataupun dengan mengunjungi istal tersebut. Rata-rata tarif yang dikenakan sekitar Rp 250 ribu atau 25 US $ per jam nya. Seru juga bukan, bisa berkuda di tepi pantai ditemani deru ombak dan angin sepoi-sepoi.
    wisata gili meno air lombok
    Horse Riding Gili Trawangan Lombok

     

  10. Wisata Kuliner : buat yang memang tidak suka jalan-jalan karena tidak ingin kepanasan oleh terik matahari yang lumayan panasnya di gili ini, bisa coba kongkow-kongkow di cafe dan bar yang bertebaran disepanjang pantai Gili Trawangan ini. Mayoritas cafe dan barnya menyuguhkan menu dan masakan asing, mulai dari menu makanan Amerika, Eropa, Chinese Food, Irlandia, dan sebagainya. Harga yang dipatok juga lumayan mahal, setara dengan cafe dan bar untuk wisatawan asing, minimal sekali makan sekitar Rp 100 ribuan. Tapi jangan kuatir, ada juga restoran Padang dan beberapa warung yang menyediakan makanan khas Indonesia, juga terdapat beberapa gerobak penjual jus buah, rujak dan ice cream yang bisa kita nikmati. Oiya, pada malam-malam tertentu kita juga dapat menikmati live music di cafe & bar nya.
    wisata gili meno air lombok
    Cafe & Resto Tepi Pantai Gili Trawangan

     

    wisata gili meno air lombok
    Cafe & Resto Tepi Pantai Gili Trawangan

     

    wisata gili meno air lombok
    Cafe & Resto Tepi Pantai Gili Trawangan

     

  11. Bersantai di hotel sembari menikmati fasilitasnya, bersantai sambil berenang, spa, sauna, menicure, pedicure, membaca, browsing dan lain sebagainya, juga merupakan salah satu cara menikmati liburan di Gili Trawangan ini. Jika tidak ingin terganggu dengan keramaian cafe dan bar yang hingar bingar khususnya pada malam Minggu atau hari libur lainnya, carilah hotel atau penginapan yang sedikit lebih jauh dari keramaian tersebut. Tapi jika memang ingin menikmati keramaian dan berbaur dengan wisatawan lainnya, silahkan memilih hotel yang letaknya dekat dengan keramaian Gili Trawangan, bahkan salah satu Hotel yaitu Vila Ombak menyuguhkan nobar alias nonton bareng di tepi pantainya tepat di depan Hotel tersebut dengan memasang Layar Lebar dan para wisatawan bisa nonton gratis dari tepi pantai, wow seru dah !
    wisata gili meno air lombok
    Suasana Hotel Vila Ombak Gili Trawangan

     

    wisata gili meno air lombok
    Swimming Pool Vila Ombak – Gili Trawangan

     

    wisata gili meno air lombok
    Hotel Vila Ombak Gili Trawangan Lombok

     

– Gili Trawangan – 2013, 2014 –

– Visit Indonesia –

Artikel terkait :

1. Disambut Ular Laut di Gili Air Lombok, Kukejar Kau

2. Snorkeling di Lombok, sekali kayuh, 3 Gili terlampaui, Gili Trawangan, Gili Meno & Gili Air

6 Replies to “11 Aktivitas Menyenangkan di Gili Trawangan Lombok, Holiday in Paradise”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.