Rasakan Nuansa Berenang di Kolam Renang Alami : Laguna Gayau Teluk Kiluan Lampung

lagoon teluk kiluan 17
Laguna Gayau Teluk Kiluan Lampung

Video Suasana di sekitar Laguna Gayau Teluk Kiluan Lampung :

JEJAKLANGKAHKU – Sudahkah anda mencoba berenang ataupun hanya sekedar berendam di dalam sebuah laguna? Apa sih laguna itu? Menurut Wikipedia, “laguna adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Jadi, air yang tertutup di belakang gugusan karang atau pulau-pulau atau di dalam atol, adalah disebut laguna”. Bagi saya, awalnya belum bisa terbayangkan bentuk dan rupanya seperti apa sih laguna ini, hingga akhirnya saya bisa melihat keindahan, keunikan dan kejernihan air di laguna ini kala berkunjung ke Laguna Gayau di Teluk Kiluan Lampung.

laguna gayau teluk kiluan a
Jalan menuju Laguna Gayau Teluk Kiluan

Untuk sampai di spot Laguna (lagoon) Gayau ini maka dibutuhkan kekuatan fisik yang cukup untuk trekking sekitar kurang lebih 30 menit atau menempuh jarak sekitar 3 km pulang pergi dengan berjalan kaki dari sekitar penginapan yang ada di Teluk Kiluan ini disebabkan letak dari laguna Gayau ini berada tepat di belakang bukit Teluk Kiluan. Jika anda adalah wisatawan atau pengunjung yang baru pertama kali ke Teluk Kiluan, maka sebaiknya sewalah seorang guide lokal yang biasanya adalah penduduk setempat, untuk mengantarkan ke spot laguna tersebut. Mengapa demikian? Karena meskipun sudah ada trek jalanan yang tersedia, namun menurut saya tetap harus ada yang memandu, khususnya jika sudah berada di sekitar pantai dan batu karangnya dimana medan jalannya menjadi lebih sulit. Pada kunjungan kali ini kami menyewa seorang guide lokal dengan biaya Rp 50.000 untuk satu kali perjalanan bolak balik ke laguna tersebut.

laguna gayau teluk kiluan b
Jalan menuju Laguna Gayau Teluk Kiluan

Perjalanan trekking menuju laguna ini start dari penginapan kami ditepi Teluk Kiluan, melintasi jalan utama disepanjang teluk, kemudian kita akan bertemu palang papan bergambar panah ke arah Laguna. Selanjutnya jalanan akan semakin menyempit namun masih berupa beton dan mendatar sehingga mudah dilalui. Diujung jalan ini sebelum masuk ke perkebunan dan hutan kecil, ada sebuah warung kecil, belilah aqua atau bekal camilan jika memang ingin berlama-lama di laguna karena dijamin pasti akan haus saat menempuh jalur trekking selanjutnya yang penuh dengan tanjakan dan turunan yang lumayan curam. Oiya untuk masuk ke area laguna ini maka diwajibkan membeli tiket seharga Rp 5.000 per orang.

laguna gayau teluk kiluan c
Jalur trekking menuju Laguna Gayau Teluk Kiluan

Setelah melalui palang masuk pembayaran tiketnya, maka jalur trekking pun mulai menanjak bukit, namun jalanannya masih beraspal dengan sisi kiri dan kanan bukit Kiluan akan kita temui perkebunan penduduk. Sekitar 10 menit berjalan, maka spot jalanan beraspalnya berganti dengan jalanan tanah dan bebatuan, menanjak dan menuruni bukit hingga berujung ke area pantai yang dikenal dengan nama Pantai Gayau. Pantainya sangat indah karena dipenuhi dengan sebaran bebatuan besar namun demikian, tetap harus tetap waspada dengan ombaknya yang juga cukup besar.

laguna gayau teluk kiluan d
Jalur trekking menuju Laguna Gayau Teluk Kiluan

Nah tantangan selanjutnya setelah melewati pantai berpasir indah ini adalah panjat memanjat bebatuan yang berwarna coklat kehitaman dan berjejer disepanjang sisi bukit Kiluannya untuk dapat sampai ke lagunanya. Pakailah alas kaki yang nyaman dan senantiasa waspada dalam setiap langkah agar tidak tergelincir. Selain itu pula kita akan melewati beberapa jembatan yang terbuat dari bambu dan merupakan tantangan tersendiri karena hanya menapak di satu atau dua bambu saja untuk melewati cekungan-cekungan tajam tersebut.

laguna gayau teluk kiluan e
Laguna Gayau Teluk Kiluan Lampung

Finally setelah perjalanan yang penuh perjuangan ini akhirnya bisa melihat keindahan laguna Gayau yang seutuhnya terbentuk oleh cekungan di tepi pantai yang dibatasi oleh dinding-dinding batu karang. Air di dalam laguna tersebut sangatlah jernih dan bersih dengan warna biru kehijauan. Jika memandang dari atas bukitnya maka kita bisa melihat dengan sangat jelas dasar dari laguna tersebut, apalagi jika matahari sedang bersinar cerah, maka pantulan sinar matahari akan menambah keindahan warnanya. Menurut info dari guide kami, kedalaman laguna berkisar 1 s.d 3 meter sehingga aman untuk berenang ataupun sekedar berendam didalamnya. Selain itu pula, hempasan ombak yang menerjang sisi batu karangnya, membuat air laut masuk dan keluar dari lagunyanya, menjadikan sebuah pemandangan yang sangat memukau untuk dinikmati maupun sebagai spot indah untuk berfoto-foto.

laguna gayau teluk kiluan f
Laguna Gayau Teluk Kiluan Lampung

Sekilas Video di sekitar Laguna Gayau Teluk Kiluan Lampung :

– Teluk Kiluan, Lampung – Mei 2015 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

Artikel Terkait :

1. Mau ke Teluk Kiluan Lampung? Yuk Simak Ulasan Situasi & Kondisi disekitarnya !

2. Mengejar Lumba-Lumba Hidung Botol hingga ke Lautan Luas di Teluk Kiluan Lampung

3. Bisa Camping di Pulau Kiluan (Pulau Kelapa) Lampung, Seru Kali Ya !

4 Replies to “Rasakan Nuansa Berenang di Kolam Renang Alami : Laguna Gayau Teluk Kiluan Lampung”

  1. Halo gan mohon info nya.. Apakah bs ke kiluan tanpa Travel agent? Dan bisa d explore sekaligus kah Lihat lumba2, snorkeling dan laguna gayau dlm sehari? Mohon info ya.. Trims

    1. Ke Kiluan yg jelas harus pake mobil sih jd sewa mobil aja trus nanya ke sopirnya utk nyari penyewaan kapal jukung utk liat lumba lumba sekalian cari penginapannya. Bisa koq dalam sehari dapet semuanya…pagi liat lumba lumba trus lanjut snorkeling, siangnya ke laguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.