Tepi Pantai Pulau Pahawang Kecil Lampung, Setenang Air di Telaga

wisata bahari lampung underwater beach

Tepi Pantai Pulau Pahawang Kecil Lampung

JEJAKLANGKAHKU – Baru kali ini saya menemukan spot pantai indah yang terbelah menjadi 2 bagian, disisi kiri dan sisi kanan dengan bagian tengahnya adalah hamparan pasir putih nan halus. Pemandangan cantik ini bisa kita jumpai kala berkunjung ke Pulau Pahawang Kecil yang berlokasi di Lampung, tepatnya berada Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pasawaran, Lampung. Jadi, jika sedang berwisata ke Lampung, hopping island di sekitar Pulau Pahawang ini menjadi salah satu spot wisata yang recommended untuk dikunjungi.

pulau pahawang kecil 6

Hamparan Pasir Putih yg menghubungkan Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar

 

pulau pahawang kecil 8

Hamparan Pasir Putih yg menghubungkan Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar

Untuk menuju ke Pulau Pahawang maka jika kita menginap di kota Lampung, terlebih dahulu harus menuju ke dermaganya di Ketapang (Padang Cermin), kurang lebih memakan waktu 45 menit dengan mobil. Selanjutnya bisa menyewa boat untuk hopping island seharian penuh dengan harga berkisar 400 s.d 600 ribu per boat. Oiya jangan lupa untuk membooking terlebih dahulu boat tersebut jauh-jauh hari sebelum kedatangan kita karena jika saat liburan atau weekend, maka akan sangat ramai pengunjung dan bisa-bisa tidak kebagian kapal, seperti yang dialami beberapa tamu saat kunjungan saya bulan lalu. Selanjutnya perjalanan menuju Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar yang letaknya bersebelahan, ditempuh dalam waktu sekitar 15 s.d 20 menit bergantung jenis kapal yang digunakan.

pulau pahawang kecil 1

Underwater tepi Pantai Pulau Pahawang Kecil Lampung

 

pulau pahawang kecil 11

Tepi Pantai Pulau Pahawang Kecil Lampung

 

pulau pahawang kecil 9

Tepi Pantai Pulau Pahawang Kecil Lampung

Saat akan memasuki Pulau Pawahang Kecil, maka nampak dengan jelas pemandangan bawah lautnya yang sangat indah dengan taburan pasir putih di dasarnya. Yang unik dari pulau ini adalah adanya hamparan pasir putih yang memanjang dari ujung ke ujung pulaunya dimana hamparan pasir putih ini hanya akan muncul saat air surut sehingga kita bisa berjalan-jalan dan berfoto-foto di atasnya. Hamparan pasir putih yang memanjang inilah yang membelah pulaunya menjadi 2 bagian pantai di sisi kiri dan kanan. Air di tepi pantainya berwarna degradasi mulai dari putih bening, hijau muda hingga biru disisi bagian yang lebih dalam. Saking tenangnya ombak di tepi pantai ini (bahkan nyaris tidak ada ombaknya), maka jika diamati dengan seksama, nuansa tepi pantainya lebih mirip di Telaga dibandingkan di laut karena suasana air lautnya yang sangat tenang.

pulau pahawang kecil 3

Underwater tepi pantai Pulau Pahawang Kecil Lampung

Disisi ujung pulaunya juga terdapat sebuah private cottage milik warga negara Perancis. Karena area tersebut adalah milik private, maka kapal-kapal yang merapat ke Pulau Pahawang Kecil dilarang untuk bersandar disekitar dermaganya, melainkan di tepian pasir putihnya.

pulau pahawang kecil 4

Pohon Mangrove di tepi Pantai Pulau Pahawang Kecil Lampung

Secara umum, kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar Pulau Pahawang Kecil ini adalah berenang di tepi pantai, berfoto-foto, menikmati lunch di kapal serta snorkeling di sekitar pantainya. Spot snorkelingnya sangat dekat dengan tepi pantainya, dan dapat dilakukan dengan start berenang dari tepian pantai menuju ke arah lautnya. So guys, ayo ke Lampung, dijamin gak bakal menyesal deh ke Pulau Pahawang Kecil ini !

Sekilas Video suasana di sekitar Pulau Pahawang Kecil :

– Pulau Pahawang Kecil, Lampung – Mei 2015 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

Artikel Terkait :

1. Pulau Gusung Lampung, Berpasir tapi juga Berbatuan, Unik !

Add Comment