Keindahan underwater dari Dermaga Pulau Bira Besar Kepulauan Seribu

wisata thousand island jakarta
Pemandangan Underwater di Dermaga Pulau Bira Besar Kepulauan Seribu

JEJAKLANGKAHKU – Pulau Bira Besar merupakan salah satu pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Seribu Jakarta. Pulau ini memang belum cukup terkenal diantara wisatawan pecinta wisata pantai dan underwater. Saat berkunjung ke pulau ini beberapa bulan yang lalu, nampak tidak terlalu banyak pengunjungnya. Sayapun baru mengetahui keberadaan pulau ini saat melakukan wisata ke Pulau Harapan, dimana salah satu destinasi hopping island di sekitar Pulau Harapan adalah ke Pulau Bira Besar ini.

pulau bira besar kepulauan seribu a
Welcome to Pulau Bira Besar, Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Bira Besar letaknya cukup jauh dari Jakarta. Jika menggunakan speedboad dari dermaga Marina Ancol Jakarta, maka dibutuhkan waktu sekitar 2 jam sedangkan jika menggunakan kapal dari Muara Angke Jakarta maka waktu tempuhnya menjadi lebih lama yaitu sekitar 3 s.d 4 jam perjalanan. Namun jangan kuatir, karena pemandangan alam pulau maupun underwater yang akan menyambut kita di sisi dermaganya saja sudah sangat indah. Tampak dengan jelas karang dan biota bawah lautnya dengan hanya menyusuri sepanjang dermaga dari Pulau Bira Besar ini, seperti nampak kala saya mencoba duduk ditepi dermaga dan mengambil foto pemandangan underwaternya yang bersih, jernih dan indah tersebut.

pulau bira besar kepulauan seribu b
Kolam Renang yang sudah tidak terpakai & Tepi Pantai Pulau Bira

Berbeda dengan pulau Tidung dan pulau Harapan, maka Pulau Bira Besar merupakan pulau resort, sehingga tidak ada penduduk yang berdomisili disini. Jika ingin menginap, maka kita harus menyewa hotel yang tersedia di pulau ini meskipun jumlah kamar atau cottagenya tidak begitu banyak.

pulau bira besar kepulauan seribu c
Cottage & Dermaga di Pulau Bira, Kepulauan Seribu Jakarta

Secara umum, keindahan underwater yang mengelilingi pulau ini menjadikan pulau ini sebagai salah satu tujuan bagi para Diver. Saat memasuki dermaga utama, sayapun menyempatkan diri melihat dan menyaksikan beberapa penyelam yang melakukan aktivitas penyelaman disekitar dermaga kapal dengan kedalaman yang tidak terlalu tinggi. Terdapat tangga khusus yang langsung menuju ke air laut di tepian pantainya untuk menyelam. Jika tidak bisa menyelam atau belum memiliki lisence menyelam, maka kita juga bisa menikmati underwaternya meskipun dengan hanya sekedar snorkeling ataupun berenang di dekat dermaga kapalnya. Ataupun jika hanya ingin duduk-duduk santaipun bisa sembari membawa roti dan memberi makan ikan-ikan berwarna-warni yang sangat banyak berkeliaran di sekitar dermaganya. Lumayankan, menikmati aktivitas dan suasana yang jarang kita temui dalam rutinitas sehari-hari. So…enjoy aja bro sis !!!

pulau bira besar kepulauan seribu d
Scuba Diving di sekitar Dermaga Pulau Bira, Kepulauan Seribu

– Pulau Bira Besar, Kepulauan Seribu Jakarta – April 2015 –

– Visit Indonesia –

– I Love The Blue of Indonesia –

Artikel Terkait :

1. Pulau Harapan, ini baru namanya Kepulauan Seribu

2. Kura-Kura & Hiu dalam satu Ekosistem di Taman Biota Laut Pulau Harapan

3. Pulau Sepa, Keindahan Bawah Laut di Taman Nasional Kepulauan Seribu

4. Siapa Sangka bisa Ketemu Biawak di Pulau Putri Kepulauan Seribu

5. Snorkeling di Pulau Putri Kepulauan Seribu, Waspada Bulu Babi & Ikan Batu

6. Berebut Daerah Teritori di Pulau Gusung (Pulau Pasir), Awas Kena Patok Ikan Betok

7. Bertandang ke Rumah Bintang Laut Biru, disambut Foto Bersama di Pulau Panjang Jauh

8. Ngintip Underwater Pulau Kayu Genteng kala Snorkeling di Sore Hari

One Reply to “Keindahan underwater dari Dermaga Pulau Bira Besar Kepulauan Seribu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.