Beginilah Penampakan School Fish (Gerombolan Ikan) di Dermaga Gili Nanggu Lombok

wisata gili lombok
School Fish (Gerombolan Ikan) di sekitar Dermaga Gili Nanggu Lombok

JEJAKLANGKAHKU – Bayangan hitam sepanjang kurang lebih 5 meter dengan lebar 1 meteran, sangat menarik perhatian saya kala sedang santai di atas dermaga Gili Nanggu Lombok. Mengapa demikian? karena yang ada di benak saya adalah seharusnya area dermaga Gili Nanggu ini adalah hamparan pasir putih, kenapa tiba-tiba ada bayangan hitam didasar pantainya ya? yang anehnya lagi, bayangan hitam tadi tidak tinggal diam, tapi bergerak kesana kemari di sekitar dermaga ini.

wisata gili snorkeling
Gili Nanggu Lombok

 

wisata gili snorkeling
Dermaga Gili Nanggu Lombok

Belum sempat berpikir lama, tiba-tiba guide saya berteriak dari kejauhan dan menyuruh saya untuk segera turun snorkeling lagi tepat di sebelah bayangan hitam tadi. What ??? serem kaleeee !!! Binatang apa itu pak, sebesar dan sepanjang itu ? Ooo, ternyata itu adalah school fish atau gerombolan ikan-ikan kecil. Memang jika dilihat dari kejauhan tampaknya seperti ikan besar yang sedang berjalan di dalam air, namun setelah kita dekati, baru jelas terlihat kalau gumpalan hitam tersebut adalah gerombolan ikan-ikan kecil. Fenomena menarik yang pernah saya temukan kala sedang snorkeling. Ok, mari kita terjun snorkeling lagi dan mengamati gerak-geriknya langsung dari dalam air.

wisata gili snorkeling
Snorkeling di Gili Nanggu, Lombok

Dari beberapa referensi yang pernah saya baca, ikan-ikan yang bergerombol ini memang sering disebut dengan school fish, mungkin karena mirip dengan anak-anak sekolah yang sedang berbaris di sekolah hehehe. Jika kita mencoba googling, maka bisa ditemukan gambar-gambarnya yang sangat amazing apalagi jika menemukannya di dasar laut yang sangat dalam. Ada beberapa alasan utama mengapa ikan-ikan suka bergerombol (sumber : kidnezia.com), yaitu untuk menipu mata pemangsanya. Jika sedang dalam kelompoknya maka ikan-ikan kecil ini tidak akan tampak kecil, melainkan seperti seekor ikan yang sangat besar sehingga bisa menakuti makhluk lain yang akan memangsa. Kedua, gerakan dari gerombolan ikan ini ternyata tidak ada yang mengatur atau memimpinnya, mereka akan bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, semuanya bergantung pada tanda perubahan arah yang ditangkap oleh indra pendengaran, penglihatan dan bau teman-temannya. Ketiga, gerombolan ikan ini tidak selamanya ramah, artinya jika sudah terbentuk gerombolan kemudian ada ikan baru yang mau masuk bergabung, maka tidak selamanya bisa diterima, malah dianggap sebagai musuh dan bisa diserang balik. Keempat, tenaga ikan-ikan yang bergerombol ini sangatlah besar, karena jika berada di lautan luas, jumlah mereka dalam satu kelompok bisa mencapai ratusan bahkan ribuan ikan. Konon kabarnya gerombolan ikan ini bisa menyerang penyelam dan juga menyerang kapal.

wisata gili snorkeling
Schooling Fish di Dermaga Gili Nanggu, Lombok

Ok, mari kita nyebur lagi. Sempat kesulitan juga mengamatinya dari jarak dekat karena kedalaman airnya sangat dangkal, hanya berkisar 2 s.d 3 meter dengan dasar pantainya pasir putih sehingga jika terkena pasirnya maka pasir putihnya akan naik dan mengotori air lautnya, sehingga pemandangannya pun menjadi kabur. Beberapa kali saya mencoba memfotonya dari dalam air namun selalu terhalang buramnya air laut karena terkena percikan pasir putih dari dasarnya. Tapi setelah mencoba beberapa kali, akhirnya dapet juga fotonya, yah maksimal hanya seperti di gambar-gambar tersebut di atas.

wisata gili snorkeling
Schooling Fish di Dermaga Gili Nanggu, Lombok

Satu hal yang saya amati, ternyata mereka sangat agresif jika didekati, mereka akan segera menjauh alias kabur dari dekat kita. Jadi pandai-pandailah membuat gerakan kala sedang free dive agar mereka tidak segera lari dan tetap dalam gerombolannya, karena merupakan pemandangan yang sangat unik dan menarik untuk bisa menemukan gerombolan ikan ini hanya di kedalaman dangkal tersebut.

wisata gili snorkeling lombok
Schooling Fish di Dermaga Gili Nanggu, Lombok

– Gili Nanggu, Lombok – Mei 2015 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.