Pulau Gusung Lampung, Berpasir tapi juga Berbatuan, Unik !

wisata pahawang pulau pasir

Pulau Gusung Lampung

 

JEJAKLANGKAHKU – Bagi pecinta wisata pulau dan pantai pasti sudah biasa menemukan pulau-pulau pasir atau biasa disebut dengan pulau gusung. Tapi pulau gusung yang satu ini cukup unik, karena tidak hanya dipenuhi hamparan pasir disisi bagian tengahnya, tapi juga dikelilingi dengan bebatuan hitam disekitarnya. Spot pulau gusung seperti ini dapat dijumpai kala hopping island (jelajah pulau-pulau) yang ada di sekitar Pulau Pahawang, Lampung.

wisata pulau pasir pahawang lampung

Burung-Burung Putih di sekitar Pulau Gusung Lampung

 

wisata pulau pasir pahawang lampung

Pulau Gusung Lampung

 

pulau gusong pasir lampung 5

Pulau Gusung Lampung

Saat turun dari kapal dan berjalan kurang lebih 200 meter untuk menuju pulau gusung ini, tampak dari kejauhan burung-burung berwarna putih memenuhi pulau ini. Sebagian bertengger di batu-batunya, sebagian lagi beterbangan di atasnya. Semakin mendekat, maka semakin takutlah mereka, dan akhirnya lari meninggalkan pulau ini saat saya tepat menginjakkan kaki di atas pasir pulau ini. Kenapa mereka harus lari ya, padahal kehadiran merekalah yang justru membuat pemandangan pulau gusung ini semakin indah.

wisata pulau pasir pahawang lampung

Kapal merapat agak jauh dari Pulau Gusung Lampung

 

wisata pulau pasir pahawang lampung

Pulau Gusung Lampung

Dalam kunjungan hopping island di sekitar Pulau Pahawang Lampung ini saya ditemani dengan seorang guide cilik, masih anak-anak dengan usia kurang lebih 12 tahun. Salut dengan kegigihannya untuk bekerja mandiri meski masih kecil. Awalnya saya mengira dia adalah anak atau ponakan dari supir kapal, namun setelah berdiskusi cukup lama, terungkap bahwa dia tidak ada hubungan keluarga dengan pemilik maupun supir kapalnya melainkan memang khusus bekerja sebagai pegawai. Wew salut dek ! Jadi berasa jalan-jalan dengan ponakan gue nih… hehehe.. lumayankan gak seriusan, malah dibawa santai, bisa becandaan kaya anak kecil lagi deh !

wisata pulau pasir pahawang lampung

Pemandangan sekitar Pulau Gusung Lampung

 

wisata pulau pasir pahawang lampung

My Guide Cilik, Pulau Gusung Lampung

Jika melihat sekeliling pulau gusung ini, di kejauhan tampak bertebaran bukit-bukit yang mengelilingi pulau-pulau di sekitar sini karena sebenarnya lokasi sekitar pulau gusung ini memang berada di Teluk. Tepi pantai yang mengelilingi pulau gusung ini pun sangat jernih dan bersih airnya. Dasar lautnya berpasir putih dengan sebaran batu-batu karang kecil dan tanaman laut. Jika air laut sedang surutlah baru kita bisa mampir di pulau gusung ini. Area pasirnya cukup luas sehingga kapal kamipun tidak bisa berhenti dekat dengan pulaunya melainkan harus sedikit menjorok ke bagian laut yang dalam agar tidak kandas oleh pasir.

wisata pulau pasir pahawang lampung

Pulau Gusung Lampung

 

wisata pulau pasir pahawang lampung

Pulau Gusung Lampung

Satu hal yang cukup mengagetkan saya ketika akan meninggalkan pulau gusung ini saat berjalan menuju kapal adalah cerita dari si guide cilik : “oiya mba, ada yang nungguin di pulau itu”. Maksudnya ? … “iya ada putri yang nungguin” Hadew… bikin takut aja nih.. untung udah selesai jejalahnya… buru-buru lari aja deh ke kapal. Entah beneran atau becanda si adek ini, yang jelas bikin penasaran dan deg-deg’an aja…hehehe.

– Lampung – Mei 2015 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

Artikel Terkait :

1. Tepi Pantai Pulau Pahawang Kecil Lampung, Setenang Air di Telaga

Comments (1)

  1. Wah, tempatnya keren banget ya, tante…

Add Comment