Sepenggal Keindahan Pulau Perak, Kepulauan Seribu Jakarta

pulau perak kepulauan seribu 9

Bebatuan di tepi pantai Pulau Perak Kepulauan Seribu

JEJAKLANGKAHKU – Pulau Perak yang letaknya di gugusan Kepulauan Seribu Jakarta ini juga merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi khususnya bagi warga sekitar Jakarta yang ingin melepas penat dari ramainya suasana ibukota. Kunjungan saya ke pulau mungil ini menjadi bagian dari trip  hopping islands (jelajah pulau-pulau) saat berwisata ke Pulau Harapan.

pulau perak kepulauan seribu a

Tepi pantai pasir putih di Pulau Perak, Kepulauan Seribu Jakarta

Jangan heran jika di pulau ini masih bisa ditemukan tepian pantai dengan hamparan pasir putih nan bersih serta air laut yang bening kebiru-kebiruan, karena lokasi pulau Perak ini memang cukup jauh dari kota Jakarta sehingga cukup terbebas dari area polusi, yaitu bisa ditempuh menggunakan kapal dari Muara Angke dengan waktu tempuh sekitar 4 s.d 5 jam (menuju Pulau Harapan) ataupun start dari dermaga Marina Ancol menggunakan speed boat dan dapat dijangkau dalam waktu yang lebih singkat sekitar 1,5 s.d 2 jam perjalanan. Selanjutnya, dari Pulau Harapan barulah dapat menuju ke Pulau Perak ini menggunakan kapal atau boat yang bisa disewa disekitar dermaganya dengan harga yang bervariasi tergantung jenis dan ukuran kapal. Waktu tempuh dari Pulau Harapan menuju Pulau Perak ini adalah sekitar 30 menit perjalanan.

pulau perak kepulauan seribu b

Tempat bersantai dan Water Sport di Pulau Perak Kepulauan Seribu Jakarta

Seperti wisata bahari pada umumnya, maka aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Perak ini adalah berenang, snorkeling, bersantai di tepi pantai, water sport (banana boat tapi fasilitasnya masih terbatas), memancing disekitar dermaga, serta yang cukup menarik ternyata adalah bisa camping di pulau ini. Pulau Perak ini adalah pulau tanpa penghuni meskipun terdapat beberapa gubuk warung yang menjual makanan dan minuman serta snack-snack ringan, namun pemiliknya pun tidak tinggal di pulau ini melainkan secara rutin setiap hari datang ke pulau ini untuk menjual barang dagangannya.

pulau perak kepulauan seribu c

Warung Makan di Pulau Perak, Kepulauan Seribu Jakarta

Saat kapal kami merapat di dermaga pulau ini, yang menjadi sasaran pertama saya adalah menegok jajanan yang dijual di warung-warung tersebut, dan pilihan saya jatuh pada gorengan dan kelapa muda, yummy ! Bayangkan saja, setelah beberapa jam terombang ambing ditengah lautan, wajar saja kalau mendadak kelaparan dan langsung bisa mencicipi tahu isi dan tempe goreng yang lengkap dengan cabe rawit hijaunya yang super pedas, wuiih rasanya nikmat banget, sampai-sampai lupa tujuan utama ke pulau ini yang seharusnya menikmati keindahan pulaunya terlebih dahulu, tapi malah berkuliner ria, hehe.

pulau perak kepulauan seribu d

Pohon Bakau di tepi pantai Pulau Perak Kepulauan Seribu Jakarta

Oiya, selain keindahan pasir putih ditepi pantai Pulau Perak ini, sebagian sisi pulaunya juga berupa hutan dengan banyak pepohonan didalamnya. Saya sempat ingin mengitari pulau ini melalui sisi tepian pantainya, namun ternyata pada beberapa spot agak sulit dilalui karena terhalang pohon-pohon, sehingga kamipun mentok hanya sekitar setengah keliling pulau ini. Tapi sepertinya bisa saja jika ingin menerobos pohon-pohon tersebut, pasti bisa sampai berkeliling mengitari pulau ini secara utuh.

So, jangan lupa membawa kamera dan mengabadikan setiap sudut keindahan Pulau Perak ini ya bro sist, serta tetap menjaga kebersihan pulau agar tetap cantik dan indah !

– Pulau Perak, Kepulauan Seribu Jakarta – April 2015 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– Visit Indonesia –

Comments (1)

  1. Wowww, Pulau Perak. birunya laut menjadikan rasa ingin bersnorkeling ria disana . 😀

Add Comment