Indahnya barisan Perahu berwarna-warni di Pantai Burung Mandi, Belitung Timur

pantai burung mandi belitung 6

Tepi Pantai Burung Mandi, Belitung Timur

JEJAKLANGKAHKU – Salah satu destinasi wisata di sekitar kota Manggar, Belitung Timur adalah wisata pantai di Pantai Burung Mandi. Obyek wisata pantai ini bisa kita kunjungi jika sedang dalam trip ke Museum Kata Andrea Hirata dan SD Laskar Pelangi yang letaknya kurang lebih 90 km atau dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam berkendara mobil dari kota Tanjung Pandan Belitung, tepatnya letaknya berada di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupatan Belitung Timur.

“Burung Mandi telah dikenal oleh bangsa lain sejak abad ke-17 dimana pada saat itu berbagai perusahaan dari Eropa dan Belanda telah melakukan penambangan timah secara diam-diam, jauh sebelum orang-orang Belanda menyatakan menemukan timah di pulau Belitung yaitu pada tanggal 28 Juni 1851. Saat itu orang Belanda mengenal Burung Mandi dengan nama Burum Mandi atau Borom Mandi. Untuk melakukan pekerjaan penambahan timah tersebut, orang-orang Cina banyak didatangkan sebagai pekerja timah dimana bukti keberadaan mereka di masa lalu dapat dilihat dengan adanya Vihara Budhayana sebagai tempat ibadah mereka, sedangkan bekas peninggalan Belanda saat itu adalah adanya bangunan Dam atau Bendungan. Konon kabarnya, Pangeran Hendrik pun pernah menginjakkan kakiknya di pulau yang tepat berhadapan dengan Pantai Burung Mandi ini yang dikenal dengan nama Pulau Tang dan selanjutnya juga dikenal sebagai Pulau Hendrik. Sebagai akibat banyaknya karang disekitar pantai ini, mengakibatkan banyak kapal yang karam dan kini menjadi peninggalan arkeologis di bawah air berupa barang-barang dan muatan kapal karam”.

pantai burung mandi belitung2

Tepi pantai Burung Mandi Belitung Timur

Sedikit berbeda dengan pantai-pantai indah di Belitung pada umumnya yang bertaburan batu-batu granit berukuran besar, maka Pantai Burung Mandi lebih menyerupai pantai dengan hamparan pasir putih pada umumya. Deretan perahu tradisional nelayan yang berwarna warni dan berbaris rapi di tepian pantainya, turut menambah keindahan pantai ini. Selain menikmati keindahan pantainya, kita juga dapat bersantai di tepian pantai sembari menikmati kelapa muda dan aneka jajanan yang tersedia di warung-warung makan sekitarnya.

pantai burung mandi belitung3

Icon Pantai Burung Mandi Belitung Timur

– Pantai Burung Mandi, Belitung Timur – Mei 2014 –

– My Trip My Happiness –

– Visit Indonesia –

Add Comment