Negri Laskar Pelangi punya Rumah Adat Khas Belitung

rumah adat belitung 2

Rumah Adat Belitung

JEJAKLANGKAHKU – Berkunjung ke negri Laskar Pelangi selain dikelilingi dengan pantai-pantai berbatu granit nan indah, juga menarik untuk dapat menyimak sisi budaya penduduk sekitarnya, salah satu diantaranya adalah Rumah Adat Belitung yang berupa replika dari Rumah Adat sebenarnya yang khusus dibangun pada tahun 2004 dan diresmikan pada tahun 2009 di atas tanah dengan luas sekitar 500 meter persegi.

rumah adat belitung a

Rumah Adat Belitung di Tanjung Pandan

Rumah Adat Belitung ini terletak di kota Tanjung Pandan di jalan Ahmad Yani, tepat bersebelahan dengan Kantor Bupati Belitung. Mayoritas bahan bangunan Rumah Adat ini adalah terbuat dari kayu bulin yang terkenal kuat dan tahan lama, sehingga saat memasuki Rumah Adat ini maka nuansa dan suasana kayunya sangat terasa.

rumah adat belitung b

Ornamen di dalam Rumah Adat Belitung

Secara umum, Rumah Adat Belitung ini terdiri dari 3 (tiga) bagian utama, yaitu ruang utama, loss dan dapur. Bagian depan rumah adat ini berupa tangga masuk untuk menuju ke teras depan rumah, tempat dimana para tamu atau pengunjung rumah dapat duduk-duduk santai sembari berbincang-bincang. Selanjutnya, disisi bagian dalam dari teras rumah akan dijumpai ruang utama dimana terdapat berbagai macam ornamen rumah khas Belitung. Lantai di ruang utama ini ditutupi oleh tikar yang memang menjadi ciri khas rumah-rumah panggung yang ada di Belitung. Fungsi dari ruang utama tersebut adalah sebagai pusat kegiatam keluarga seperti berkumpul bersama maupun untuk mengaji. Konsep rumah adat Belitung yang tanpa sekat di ruang utamanya menjadikan rumah adat Belitung terlihat begitu lapang dan luas.

rumah adat belitung c

Replika Perabotan di dalam Rumah Adat Belitung

Selanjutnya jika kita masuk lebih ke dalam lagi maka akan dijumpai ruangan yang disebut loss yaitu pembatas antara ruang utama dan dapur yang berfungsi sebagai tempat yang menetralkan aktivitas di dapur dengan aktivitas di ruang utama. Setelah ruangan loss, maka bagian akhir dari rumah adat ini adalah dapur.

rumah adat belitung d

Rumah Adat Belitung di Tanjung Pandan

Selain sisi utama dari bangunan Rumah Adat Belitung, maka di dalam rumah adat ini juga dapat kita jumpai berbagai ornamen-ornamen khas Belitung, mulai dari repliksa peralatan dapur, replika makanan khas, replika perabotan rumah dan lain sebagainya yang memang merupakan khas masyarakat Belitung. Jadi sembari berwisata, kita juga dapat belajar budaya khas Belitung di Rumah Adat ini.

rumah adat belitung 8

Ornamen Khas Belitung di dalam Rumah Adat Belitung

rumah adat belitung 9

Ornamen Khas Belitung di dalam Rumah Adat Belitung

– Rumah Adat Belitung, Tanjung Pandan – Belitung – Mei 2014 –

– Visit Indonesia –

– My Trip My Happiness –

Add Comment