Mengenang Masa-Masa Kuliah di Korea University, Seoul

korea university 4

Korea University, Seoul

JEJAKLANGKAHKU – Meski masa kuliah sudah berlalu 17 tahun yang lalu, tapi keinginan untuk merasakan kembali suasana saat menjadi mahasiswa, masih saja melekat di hati. Apalagi ditambah nuansa backpackeran, pake ransel kemana-mana, jalan kaki naik turun subway, makan dan minum sembari jalan, membuat ingin mampir sekedar mengenang masa-masa indah itu kala sedang berada di Seoul, Korea Selatan. Nah, salah satu universitas yang sangat terkenal di kota Seoul ini adalah Korea University yang terletak di jalan 145 Anam-ro Seongbuk-gu, Seoul dan dapat dengan mudah dicapai menggunakan subway dari Seoul Station (line 1), turun di Dongmyo Station untuk berganti line ke line 6 lalu turun di Korea University Station atau di Anam Station dan selanjutnya tinggal berjalan kaki sesuai petunjuk arah ke universitasnya.

korea university 2-1

Tampak depan Korea University, Seoul

Memasuki gerbang utama universitas ini maka akan nampak sebuah bangunan utama yang terletak cukup jauh dari pintu gerbang utamanya karena bagian depan dari bangunan utama ini merupakan sebuah lapangan dan taman kampus yang sangat besar, dimana saat kami berkunjung di hari Sabtu itu, tampak sekelompok mahasiswa sedang berkumpul untuk melakukan satu kegiatan. Semua mahasiswa menggunakan coat yang cukup tebal karena memang saat itu bertepatan dengan musim dingin di Seoul yang mencapai minus 2 derajat, dan sepertinya mereka akan melakukan kegiatan olahraga ataupun hanya sekedar berkumpul dilapangan tersebut…wew, salut juga ya, olahraga dan kumpul-kumpul di luar gedung dingin-dingin gitu, secara bibir saya aja udah mati rasa kedinginan hahaha.

korea university 8-1

Patung Maskot & Gedung Kampus di Korea University, Seoul

Sempat  kaget juga melihat tampilan bangunan-bangunan kampus-kampusnya, karena yang ada dibenak saya saat itu adalah tampilan bangunan yang menyerupai gedung-gedung di Seoul / Korea pada umumnya, tapi ternyata semua tampilan bangunannya adalah menyerupai gedung-gedung di Eropa. Di beberapa sudut taman kampus juga terlihat banyak patung, diantaranya adalah maskot dari Korea University yaitu patung Macan di atas bola dunia serta beberapa patung unik lainnya.

korea university 9-1

Korea University, Korea

korea university 6

Toko Merchandise Korea University, Seoul

Setelah kurang lebih 1 jam jalan kaki berkeliling universitas ini, maka saat yang ditunggu-tunggu tiba, yaitu berburu merchandise Korea University. Kamipun cukup beruntung, karena meski sebagian besar kegiatan kampus libur dihari Sabtu, namun Toko yang menjual peralatan mahasiswa dan berbagai suvenir kampus, ternyata tetap buka dihari Sabtu. Nama tokonya adalah Uni Store dan terletak di lantai basement, tepat bersebelahan dengan beberapa cafe dan restoran serta fasilitas kampus lainnya. Nah kalian bisa puas belanja merchandise di toko ini, karena saat masuk ke tokonya, mulai dari depan pintu masuk saja sudah berjejeran berbagai merchandise menarik yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh, dengan tulisan Korea University tentunya, yang menambah keren merchandise tersebut. Beberapa diantaranya yang sempat saya beli adalah : gelas, gantungan kunci, topi (bergambar maskot macan), baju kaos, dan replika bangunan Korea University (pajangan meja). Secara umum, harganya standar sih menurut saya untuk ukuran merchandise original, misalnya untuk baju kaos harganya sekitar Rp 150 s.d 200 ribu, pajangan meja sekitar Rp 50 rb, topi sekitar Rp 150 rb, gantungan kunci berkisar Rp 30 s.d Rp 50 rb.

korea university 3-1

Korea University, Seoul

Nah sebelum balik ke hotel, mari kita berfoto dengan latar belakang motto dari Korea University yaitu  Libertas (the realization of human freedom), Justitia (the pursuit of justise in society) dan Veritas (an overflowing passion for the search for truth).

korea university souvenir

Korea University Souvenir (Replika pajangan meja, Mug, Gantungan Kunci)

– Korea University, Seoul – Desember 2013 –

– My Trip My Happiness –

Add Comment