Segarnya Percikan Air Curug Putri di Kaki Gunung Ciremai, Kuningan

curug putri kuningan 3

Curug Putri, Palutungan – Kuningan

JEJAKLANGKAHKU – Terletak dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai di wilayah Palutungan, Kuningan Jawa Barat, Curug Putri menjadi salah satu spot menyejukkan untuk dikunjungi. Letaknya yang strategis di kaki gunung Ciremai, membuat suasana disekitar Curug Putri ini sangat sejuk, hingga percikan airnya yang bisa terasa dari jarak beberapa puluh meter dari air terjunnya, terasa sangat sejuk di badan.

curug putri kuningan 6

Perjalanan Menuju Curug Putri, tampak dari kejauhan Gunung Ciremai

Perjalanan menuju Curug Putri dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit menggunakan mobil dari kota Kuningan Jawa Barat dan akan disuguhi dengan pemandangan indah disepanjang kaki gunung tertinggi di Jawa Barat ini, Gunung Ciremai. Akses jalannya pun sudah sangat bagus, beraspal dan cukup lebar jalannya.

curug putri kuningan 1

Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

Nah patokan untuk sampai ke lokasi ini adalah mentoknya jalanan yang akan dilalui, karena menurut guide yang mengantar saya, mobil hanya bisa sampai ke titik tertinggi ini yang berada tepat di pintu masuk menuju Curug Putrinya. Sebelum masuk, belilah tiket di loket yang tersedia (tarif sekitar Rp 12.000/orang), dan selanjutnya berjalan kaki menuruni tangga untuk dapat sampai ke lokasi air terjunnya. Jarak dari pintu masuk hingga ke curugnya tidak terlalu jauh (kurang lebih 5 menit berjalan kaki).

curug putri kuningan 2

Perjalanan menuju Curug Putri, Palutungan Kuningan

Meskipun ketinggian Curug Putri ini tidak terlampau tinggi, hanya berkisar 20 meter, namun saat kami berkunjung di bulan Agustus yang lalu, debit airnya lumayan banyak hingga bisa terasa percikan airnya dari jarak yang cukup jauh. Letak curug ini yang berada diantara bukit-bukit dan pepohonan lebat di kaki Gunung Ciremai, turut menambah keteduhan dan kesegaran suasana disekitarnya. Beberapa pohon beringin yang berdiri dengan gagah disekitar curug ini, menambah suasana rindang dan sedikit gelap akibat tertutup pancaran sinar matahari. Beruntung saat kami berkunjung adalah siang hari jadi cuacanya masih cukup terang, gak kebayang kalau datangnya sore, pasti akan lebih gelap disekitarnya. Konon, menurut kepercayaan masyarakat sekitar sini, jika sering cuci muka di Curug Putri ini katanya akan mempermudah jodoh, wew.

curug putri kuningan 4

Curug Putri, Palutungan Kuningan

Oiya, kenapa curug ini disebut Curug Putri adalah berasal dari cerita legenda jaman dahulu dimana kabarnya curug ini menjadi tempat permandian para putri dan bidadari dari kayangan, terlebih lagi jika habis turun hujan dan nampak pelangi di sekitar curug ini, maka saat itulah para bidadari turun dari kayangan untuk mandi di tempat ini, waw !

curug putri kuningan 5

Area Perkemahan di Kaki Gunung Ciremai, Palutungan Kuningan

Nah bagi yang belum puas bermain di curug ini, bisa juga memanfaatkan fasilitas wisata di sekitar curug ini diantaranya adalah area perkemahan yang terletak persis di atas bukit curug Putri ini. Jadi bisa puas berhari-hari berkemah dan bercengkerama dengan alam kaki Gunung Ciremai sekaligus bermain air di Curug Putri.

– Kaki Gunung Ciremai – Kuningan, Jawa Barat – Agustus 2015 –

– My Trip My Happiness –

Comments (2)

  1. keren…tapi jauhnya dari sini…

    • mmang posisi dimana bro? sekalian jalan-jalan ke tempat jauh…hehe

Add Comment