Hal-hal yang perlu diketahui seputar Universal Studio Japan di Osaka (part 2)

universal studio osaka japan 8
Wahana Spiderman – Universal Studio Osaka Japan

JEJAKLANGKAHKU – Melanjutkan artikel sebelumnya terkait hal-hal seputar Universal Studio Osaka di Jepang (part 1), klik disini untuk melihat artikel sebelumnya, maka pada ulasan kali ini saya akan memberikan gambaran tentang segala hal yang bisa dilakukan di dalam area Universal Studio Osaka ini.

universal studio osaka japan 2
Universal Studio Osaka Jepang

Secara umum, seperti theme park lainnya yang banyak dijumpai di berbagai negara, seperti Universal Studio di Singapore, Disneyland Hongkong, Disneyland Tokyo, Disneysea Tokyo dan theme park dibelahan benua lainnya, maka nuansa berwisata dan bermain di theme park seperti ini pada umumnya dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori permainan/atraksi / kegiatan, sebagai berikut :

universal studio osaka japan 3
Universal Studio Osaka Jepang
  1. Ride : merupakan atraksi permainan dengan mengendarai kendaraan khusus, seperti kereta, roller coaster, mobil-mobilan, dan lain sebagainya, yang biasanya digerakkan secara otomatis di atas rel khusus.
  2. Theater Show : atraksi pertunjukan yang dilakukan di dalam gedung teater / gedung khusus
  3. Stage Show : atraksi pertunjukan yang dilakukan di atas panggung khusus (bisa outdoor di dalam ruangan, ataupun indoor di luar ruangan)
  4. Street Show : atraksi pertunjukan yang dilakukan di sepanjang jalan atau area theme park
  5. Playland : area bermain yang didesain khusus dimana berbagai macam dan bentuk permainan dikumpulkan dalam satu area khusus
  6. Walkthrough : area pertunjukan yang biasanya dilakukan sembari berjalan-jalan dan mampir sejenak untuk menikmati atraksi atau pertunjukannya
  7. Parade : atraksi pertunjukan berupa parade dari berbagai karakter yang dilakukan sembari bernyanyi, menari, bermain musik atau dengan iringan musik tertentu dan biasanya dilakukan dengan cara berjalan kaki disepanjang jalan di area theme park ataupun mengendarai kendaraan khusus yang telah didesain menarik
  8. Shopping : toko-toko berbagai bentuk dan merk souvenir serta oleh-oleh khas theme park
  9. Eating, Drinking : area tempat makan dan minum yang berada di dalam theme park, bisa berupa café-café kecil yang berada di sepanjang jalan di dalam area thema park hingga ke restoran-restoran besar maupun food hall yang lengkap menyajikan berbagai jenis makanan dari berbagai negara.
universal studio osaka japan 6
Universal Studio Osaka Jepang

Area bermain di Universal Studio Osaka Jepang terbagi menjadi 7 (tujuh) area world, dimana pada setiap area (world) biasanya terdiri dari beberapa atraksi, permainan ataupun kegiatan sesuai kategori tersebut di atas. Berikut ini adalah daftar area bermain di Universal Studio Osaka Jepang :

  1. Hollywood, terdiri dari beberapa atraksi/permainan sebagai berikut :
    1. Hollywood Dream – The Ride (Ride)
    2. Hollywood Dream – The Ride – Backdrop (Ride)
    3. Universal Monster Live Rock and Roll Show (Theater Show)
    4. Sesame Street 4D Movie Magic (Teater Show)
    5. Shrek’s 4D Adventure (Theater Show)
    6. Space Fantasy – The Ride (Ride)
    7. Eternal Wish (Playland)
    8. Animation Celebration (Theater Show)
    9. R & B The Mix (Stage Show)
    10. Flash Band Beat 2015 (Street Show)
  2. New York , terdiri dari beberapa atraksi/permainan sebagai berikut :
    1. Terminator 2:3 D (Theater Show)
    2. The Amazing Adventure of Spiderman – The Ride 4K3D (Ride)
    3. Roses of Fame
    4. Festival in The Park (Playland)
    5. Fusion Dance Beat (Stage Show)
    6. The Violin Jam Quartet (Street Show)
  3. San Fransisco, terdiri dari beberapa atraksi/permainan sebagai berikut :
    1. Back To The Future (Ride)
    2. Minion Space Killer (Playland)
    3. Backdraft (Walkthrough)
    4. Minion Fever (Street Show)
  4. Jurassic Park The Ride (Ride)
  5. Amity Village, terdiri dari :
    1. Amity Boardwalk Games (Playland)
    2. JAWS (Ride)
  6. Universal Wonderland, terdiri dari beberapa atraksi/permainan sebagai berikut :
    1. Snoopy Studios : The Flying Snoopy (Ride), Snoopy’s Sound Stage Adventure (Playland), Snoopy’s Great Race (Ride), Pop Up Party (Street Show)
    2. Hello Kitty Fashion Avenue : Hello Kitty’s Ribbon Collection (Walkthrough), Hello Kitty’s Cup Cake Dream (Ride). Pop Up Party (Street Show)
    3. Sesame Street Fun World : Big Bird’s Big Top Circus (Ride), Elmo’s Little Drive (Ride), Bert and Ernie’s Prop Shop Game Place (Playland), Elmo’s Bubble Bubble (Ride), Elmo’s Go Go Skateboard (Ride), Moppy’s Ballon Trip (Ride), Sesame’s Big Drive ((Ride), Pop Up Party (Street Show)
  7. Waterworld (Theater Show)
  8. The Wizarding World Harry Potter, terdiri dari beberapa atraksi/permainan sebagai berikut :
    1. Harry Potter and The Forbidden Journey (Ride)
    2. Flight on The Hippogriff (Ride)
    3. Frog Choir (Street Show)
    4. Triwizard Spirit Rally (Street Show)
universal studio osaka japan 4
Universal Studio Osaka Jepang

Berhubung saat kunjungan bulan Maret tahun lalu (2014) wahana permainan Harry Potter belum dibuka, maka menurut saya saat itu, atraksi permainan yang paling mengesankan di Universal Studio Osaka ini adalah di wahana Spiderman, tepatnya di atraksi 4D nya. Kalau dibandingkan dengan jenis atraksi yang mirip di Universal Studio Singapura, maka atraksi sejenisnya adalah di wahana Terminator. Jadi atraksi 4D Spiderman ini termasuk dalam atraksi Ride, mirip dengan roller coaster, hanya saja bentuk roller coasternya adalah berupa mobil dengan jumlah penumpang per mobil sekitar 6 s.d 8 orang kalo gak salah ingat (maklum dah setahun lalu, jadi rada lupa). Nah ceritanya sih kita seakan-akan menjadi Spiderman yang akan terbang kesana kemari dari satu gedung ke gedung lainnya, hanya saja posisi kita adalah duduk di roller coaster yang berbentuk mobil tadi, kemudian roller coasternya akan berjalan naik turun, dengan kecepatan tertentu sesuai dengan cerita Spiderman yang akan tampak di layar besar dihadapan kita dengan desain 4D (4 dimensi), tentunya dengan menggunakan kacamata khusus 4D.

universal studio osaka japan 7
Universal Studio Osaka Jepang

Nah kesimpulan yang saya dapatkan dari hasil kunjungan ke berbagai theme park ini adalah, setiap theme park pastinya memiliki keunikan dan ciri khas tertentu yang bisa jadi tidak ada di theme park lainnya. Oleh sebab itu, ada baiknya kita menyimak terlebih dahulu keunikan dan ciri khas dari masing-masing theme park sebelum berkunjung, sehingga kita sudah bisa menentukan jenis wahana apa yang wajib menjadi target utama kita, mengingat keterbatasan waktu jika hanya berkunjung satu hari full, dijamin tidak dapat puas menikmati semua wahananya. So gaes, rencanakan atraksi pilihanmu ya dan have fun !

universal studio osaka japan 1
Universal Studio Osaka Jepang

klik disini untuk download studio map Universal Studio Osaka Japan

– Universal Studio Osaka, Japan – Maret 2014 –

My Trip My Happiness

One Reply to “Hal-hal yang perlu diketahui seputar Universal Studio Japan di Osaka (part 2)”

  1. mbak mau tny kalau berkunjung ke usj pada weekdays apakah antrian per wahana jg panjang? lalu apakah sulit buat dapet universal express pass?*ada limitnya atau tdk? trm kasih;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.