Oleh-Oleh Camilan khas Bogor : Kue Bika Bogor Talubi (Talas & Ubi)

bika-talas-bogor-talubi-4

JEJAKLANGKAHKU – Bagi saya, jalan-jalan ke Bogor & sekitarnya sudah menjadi tradisi bulanan, mumpung lokasinya yang sangat dekat dengan Jakarta. Selalu ada tempat wisata baru, suasana baru ataupun tempat kongkow baru yang bisa menjadi pilihan santaiku sembari ngupi-ngupi cantik. Nah yang sedikit membingungkan saat jalan-jalan ke Bogor dan menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap aktivitas travelingku adalah, belanja oleh-oleh khas Bogor, secara saking seringnya ke sana sampe bingung harus beli oleh-oleh apa lagi ya?

bika-talas-bogor-talubi-4

Kue Bika Bogor Talubi (Talas & Ubi)

Dan tau gak gaes, sekarang ada alternatif pilihanmu saat belanja oleh-oleh khas Bogor yaitu kue Bika Bogor Talubi, wew baru denger juga nih namanya, terpampang jelas di depan Tokonya yang salah satunya berlokasi di Jalan Padjajaran No.20 M Bogor, lokasi yang sangat strategis tentunya karena pasti gue lewatin saat akan masuk tol balik ke Jakarta. Jadi…ayook kita mampir dulu dan ngintip oleh-oleh apa aja yang bisa dibawa pulang ke Jakarta.

bika-talas-bogor-talubi-2

Kue Bika Bogor Talas Ubi

Nah berhubung judulnya adalah Kue Bika Bogor Talubi ( Talas dan Ubi ), maka pilihan pertamaku langsung jatuh pada Kue Bika Bogor Talas Ubi ini, kenapa demikian ? karena biasanya yang saya tau sih adalah Kue Bika Ambon dan yang paling khas itu adalah Kue Bika Ambon yang dari Medan, jauuuhh yaaa. Makanya mumpung lokasinya sangat dekat dari Jakarta ini, maka kita coba dong Kue Bika Bogor Talas Ubi yang ada di toko ini. Sempat bingung juga sih, koq Kue Bika dari talas dan ubi ya ? bukannya kue bika biasanya dengan daun jeruk, kunyit, serei ? Tapi ternyata, disinilah keunikan dari Kue Bika Bogor Talubi ini karena bahan dasar yang digunakan memang unik, beda dari kue bika pada umumnya, yaitu terbuat dari talas dan ubi. Wew, kreatif dan pastinya lebih sehat dooong, dari bahan alami gitu loh, hehe, dan satu lagi, karena bahan dasarnya yang sangat alami tanpa bahan pengawet maka jenis kue ini hanya bisa bertahan sampai dengan 4 (empat) hari saja. Tenang, gak bakalan sisa sampe 4 (empat) hari, wong dibawa ke kantor aja bisa langsung ludes dalam hitungan menit wkwkwkw.

bika-bogor-talubi-1

Kue Bika Bogor Talubi rasa Coco Pandan & Nangka

Khusus untuk Kue Bika Bogor talas ini, terdapat beberapa varian ya gaes, bergantung rasa dan aromanya, berikut jenis variannya :

  • Kue Bika Bogor Talas : Bika dengan dominan talas asli, berwarna keungu-unguan alami
  • Kue Bika Bogor Coco Pandan : aroma & rasa pandan, berwarna hijau khas daun pandan
  • Kue Bika Bogor Nangka : aroma & rasa buah nangka dengan warna khas nangka kekuningan
  • Kue Bika Bogor Ubi Madu : Bika dengan dominan ubi madu, berwarna kuning alami
bika-talas-bogor-talubi-1

Kemasan Cantik Kue Bika Bogor Talubi

Untuk jenis Kue Bika Talas & Ubi di atas, harga per dus nya adalah Rp 35.000 dengan bentuk dan tampilan kue nya seperti yang tampak pada Gambar ke-2 dari atas. Jadi bentuknya memanjang gitu ya gaes, makannya tinggal dipotong-potong aja.

bika-mini-talas-bogor-talubi

Satu Pack Kue Bika Bogor Talubi versi Mini, berisi 10 Kue Bika Mini

Oiya, ada satu lagi nih jenis kue bika nya yang sangat menarik, yaitu Kue Bika Bogor Mini, yang sebenarnya bahan, rasa dan aromanya sama sih dengan Kue Bika Talas berbentuk kotak di atas, hanya saja yang ini bentuknya dibuat mini, kecil dan imoet-imoet, bulet mirip telor hahaha. Eh, tapi enak loh saat dimakan, soalnya rasanya tuh pas banget untuk sekali masuk ke mulut, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar porsinya, jadi gak eneg makannya, pas deh pokoknya, tapi kalo masih berasa kurang ya tinggal nambah aja toh ! Nah harga satu dus Bika Talas Mini ini adalah Rp 29.000 dan berisi 10 biji kue dengan campuran 3 (tiga) rasa, yaitu rasa original talas, rasa nangka dan rasa coco pandan. Tampilan bentuk kue nya seperti pada Gambar di atas, wew cantik deh, warna warni dan terbungkus rapi dengan plastik di dalam setiap dusnya, jadi lebih bersih dan higienis dueh ! Nah kalo masi gak kebayang ukuran besar kuenya, bisa liat gambar di bawah ini ya bro sis, seukuran genggaman tangan gue dah hahaha !

bika-mini-talas-bogor-talubi-1

Kue Bika Mini Bogor Talubi

Kalo soal rasanya gimana sih ? Enak pastinya, tekstur kuenya sangat lembut dan yang jelas tidak berminyak gaes, kalo biasanya saya makan Bika Ambon tuh rada berminyak dan basah gitu kan, nah kalo bika talas ini lebih padat tapi tetap lembut dimulut, kebayang gak ? padat tapi halus dan lembut dalam setiap gigitannya…yumzzz ! Manisnya pun pas menurut saya, meskipun ada 1 (satu) temen kantor yang bilang masih kurang rasa manisnya, tapi ya itu, cuman dia seorang aja yang bilang kurang manis, karena temen-temen kantor lain yang ikut mencicipi oleh-oleh saya ini bilangnya manisnya udah pas, pas, pas…wkwkkwkw, jadi abaikan si kurang manis hihihi !

lapis-talubi-bogor

Kue Lapis Bogor Talubi (Talas & Ubi)

Selain jenis varian Kue Bika Bogor Talas dan Ubi, oleh-oleh lainnya yang bisa menjadi pilihanmu belanja di toko ini adalah Kue Lapis Talubi dengan 3 (tiga) varian rasa yaitu rasa original, rasa coklat dan rasa green tea dengan harga per dus nya Rp 29.000. Khusus buat kamu yang doyan brownies, juga tersedia Kue Brownies Kukus Talas rasa original dengan harga per dus nya Rp 32.000, hmmm banyak kan pilihannya !

brownis

Brownis Kukus Bogor Talubi aneka rasa

Oiya, Toko Kue Bika Bogor Talubi ( Talas Ubi ) saat ini sudah buka cabang lain di beberapa tempat di sekitar Bogor yaitu di daerah Gadog di jalan Raya Gadog (sebelah Vimala Hills, Puncak Bogor) dan di jalan Sholeh Iskandar No.18 Bogor. Jadi tinggal milih ya gaes, mau mampir di lokasi toko yang mana, sesuaikan dengan rencana perjalananmu biar gak kena macet dan pastinya gak kehabisan stock kuenya saat sudah tiba di tokonya, karena tau sendiri kan kondisinya saat weekend, pasti rame banget deh yang belanja oleh-oleh, jadi usahakan bisa lebih pagi saat akan belanja Bika Bogor Talas Ubinya. Buat kamu yang belum kesampean ke Bogor tapi kebelet pengen nyoba Kue Bika Talas Bogor ini, bisa order delivery via JNE atau jika lokasimu dekat dengan kota Bogor maka tentunya bisa memanfaatkan jasa mas-mas Go Food kali yaaa (coba ditanya ya gaes), tapi ya itu, kudu ngitung hari ya (hanya bertahan 4 hari saja) biar kuenya gak basi saat tiba. So, jangan lupa, ke Bogor, beli oleh-oleh Kue Bika Bogor Talubi !

toko-bika-bogor-talubi

Suasana di Toko Kue Bika Bogor Talubi

– Bogor – Desember 2015 –

– My Trip My Happiness –

Comments (3)

  1. Wow makasih ulasannya jadi tahu kalau ke bogor mesti beli oleh oleh apa. Sukses terus blog nya. Salam . – herdi.com –

    • Thanks bro Herdi.com …. sukses juga buat blog nya

Add Comment