Sea Food Lunch di Pondok Way Panas Kalianda, Lampung Selatan

pemandian way panas lampung 5

Restoran Sea Food Way Panas Kalianda Lampung

JEJAKLANGKAHKU – Dalam perjalanan wisata dari kota Lampung menuju Menara Siger yang letaknya di atas bukit tepat bersebelahan dengan Pelabuhan Bakaheuni Lampung Selatan, maka terdapat satu rumah makan unik dimana kita bisa mampir untuk menikmati makan siang dengan menu spesial sea food. Lokasi rumah makan ini tepatnya berada di tepi pantai di sekitar daerah Kalianda yang cukup terkenal dengan spot wisata pemandian air panas belerangnya. Nama rumah makan ini adalah Pondok Way Panas.

pemandian way panas lampung 3

Tepi Pantai di depan Pondok Way Panas, Kalianda Lampung

Disebut Way Panas, sepertinya karena tepat disisi belakang pondok makan ini adalah hamparan pantai yang dipenuhi dengan tebaran pecahan bebatuan berwarna kehitaman, dimana air laut diantara bebatuan tersebut adalah air panas belerang. Jika diperhatikan dengan seksama maka akan tampak kepulan asap di antara bebatuannya, tepat di atas air lautnya yang menandakan hangat dan panasnya air laut tersebut. Karena lokasinya yang strategis di tepi pantai ini, maka selain berfungsi sebagai pondok makan, di Pondok Way Panas ini juga kita bisa menginap karena disediakan fasilitas penginapan juga, serta kita bisa sekalian berendam dan mandi air panas (terdapat fasilitas ruang ganti dan bilas, jika memang ingin berendam air panas). Namun berhubung saat itu saya tidak membawa persiapan untuk mandi dan berendam, disamping tujuan utama memang hanya untuk menikmati lunch, maka kamipun hanya sekedar menikmati panorama pantai dengan ceburan kaki di air panas nya saja.

pemandian way panas lampung 1

Pondok Way Panas, Kalianda Lampung Selatan

Sempat bingung juga sih darimana sumber air panasnya, karena sepengetahuan saya, di sekitar daerah Kalianda Lampung ini memang terdapat banyak pemandian air panas belerang tapi umumnya bersumber dari sungai di sekitarnya. Tapi koq bisa ya di tepi pantai ini juga terdapat sumber air panas bumi tersebut, apakah memang tepi pantai ini merupakan hilir dari sungainya ataukan memang ada sumber air panas bumi tersendiri di sekitar sini. Hmmm…mendingan kalau penasaran bisa sekalian mandi dan berendam ya gaes !

pemandian way panas lampung 2

Menu Lunch Sea Food di Pondok Way Panas, Kalianda Lampung Selatan

Nah kini saat yang ditunggu-tunggu tiba, setelah celengak celenguk meninjau lokasi di sekitar Pondok Makan ini yang nyaris penuh saat kami datang, maka tiba saatnya mengorder makan siang.  Menu utama yang tersedia adalah sea food, dimana saat itu kami memesan Ikan Bakar, Udang goreng, Kangkung Tumis, Lalapan, Cumi goreng, otak-otak dengan minuman berupa Air Jeruk Panas, dan total harga yang dibayar berkisar Rp 120.000 untuk porsi 4 orang. Hmmm…standar mall sih ya harganya, tapi sebandinglah dengan suasana dan view yang kita dapatkan. Rasa dan aroma masakannya juga enak sih menurut saya, bumbunya berasa banget dan terasa jelas sea foodnya masih sangat segar (maklum sumbernya langsung dari lokasi penangkapan ikan disekitar pantai ini).

pemandian way panas lampung 4

Tepi pantai di Pondok Sea Food Way Panas, Kalianda Lampung Selatan

FYI, pondok makan ini mulai buka agak siang sekitar jam 11.00 WIB dan tutup malam hari jam 20.00. So gaes, mau berwisata air panas sembari lunch enak? Yuks mampir di Kalianda, Lampung Selatan.

 

– Kalianda, Lampung Selatan – Mei 2015 –

– My Trip My Happiness –

– Visit Indonesia –

Comments (1)

  1. Permisi gan, kalo ke Lampung jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh produk Lampung terbesar toko Aneka Sari Rasa nih gan, yang menjual produk-produk lampung hasil produksi sendiri seperti keripik pisang, sambal, lempok, dll. Dan dibandrol harga yang sesuai dengan kenikmatan yang agan-agan dapatkan. Aneka Sari Rasa beralamat di JL.Ikan Kakap no.26 & 28, Bandar Lampung, Depan Klenteng Teluk Betung. telp. (0721)-5630988, fax. (0721)-5630988, WA: 082388688868, IG:@anekasarirasa, email:anekasarirasa@yahoo.com.

Add Comment