Keindahan Mercusuar Kuno di Pulau Lengkuas, Belitung

pulau lengkuas belitung 6

Mercusuar di Pulau Lengkuas Belitung

JEJAKLANGKAHKU – Dalam rangkaian wisata hopping island di Belitung, maka Pulau Lengkuas menjadi salah satu pulau primadona dari sekian puluh pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Daya tarik utama di Pulau Lengkuas ini adalah adanya sebuah mercusuar tua yang dibangun pada jaman Belanda dan sekarang masih aktif dan berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal yang keluar masuk Pulau Belitung.

pulau lengkuas belitung 1

Mercusuar di Pulau Lengkuas, Belitung

Seperti pulau-pulau pada umumnya yang berada di sekitar Belitung, maka Pulau Lengkuas juga menyimpan keindahan yang membuat betah setiap orang yang berkunjung. Hamparan pasir putih nan halus akan menyapa setiap kapal yang merapat di tepian pantainya, dengan latar belakang pemandangan mercusuarnya yang berdiri kokoh di tengah pulau.

pulau lengkuas belitung 2

Pulau Lengkuas Belitung

Hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk dapat mengelilingi seluruh pulau ini sehingga bisa dibayangkan luas pulau ini yang memang tidak terlampau besar. Jika di bagian depan pulau ini adalah hamparan pasir putih, maka jika kita berjalan ke arah dalam pulau disisi pantainya, maka kita dapat menjumpai hamparan batu-batu granit dengan genangan air laut pada beberapa sela bebatuannya. Gak nyangka juga disisi bagian samping dan belakang pulau ini ternyata indah juga, bahkan pada beberapa spot kita dapat mengambil foto dengan angel yang berbeda dan berlatarbelakangkan mercusuar kunonya…hmmm keren juga bow !

pulau lengkuas belitung 4

Hamparan Batuan Granit di Pulau Lengkuas, Belitung

Nah apa saja yang bisa kita lakukan di Pulau Lengkuas ini ? Tentu saja target utama yang bisa kita lakukan adalah melihat keindahan sekitar pulau dengan cara berjalan naik ke atas mercusuarnya. Cukup dengan membayar tiket masuknya maka kitapun siap menaiki tangga yang cukup tinggi untuk dapat sampai di puncak atas mercusuar dan jangan kaget jika sampai terpesona dengan hamparan pulau dan tepian pantainya dengan airnya yang sangat jernih dan berwarna biru muda. Bahkan pada beberapa sisi tampak jelas bayangan karang dan bebatuan di bawah laut sekitarnya, yang memang merupakan spot untuk snorkeling dan berenang.

pulau lengkuas belitung 5

It’s Lunch time….yummy !

Selain itu, pulau Lengkuas ini juga seringkali dijadikan tempat persinggahan bagi wisatawan untuk menikmati makan siang dengan cara menyewa tikar-tikar yang disediakan di sekitar mercusuar tersebut. Oiya, tidak ada warung makan atau restoran disini ya bro sis (hanya ada warung kecil yang menyediakan minuman botol dan snack saja), biasanya para wisatawan sudah disediakan menu lunch dari agen travel masing-masing. Jadi makanan akan dibawa langsung dari Belitung dan dimakan di pulau ini. Kecuali saya waktu kunjungan kesana, pake acara bakar-bakaran, berhubung guide dan sopir kapal yang kami sewa sangat kreatif menangkap kerang dan beberapa ikan kecil untuk dipanggang di pulau ini dan disantap bersama menu lunch lainnya yang sudah disiapkan dari Belitung. Jadi deh, menu lunch kami bener-bener fresh from the sea…yummzzz !

– Pulau Lengkuas, Belitung – Mei 2014 –

– I Love The Blue of Indonesia –

– My Trip My Happiness –

Add Comment